Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 31

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 31

Beberapa penyerang mainstream tidak akan bermain di blank gameweek 31 yang hanya akan memainkan lima pertandingan ini. Setidaknya dari angka kepemilikan, empat penyerang yang paling banyak dimiliki manajer FPL tak akan bermain di GW31, yaitu Sergio Agüero (kepemilikan 37.7%), Raúl Jiménez (30.7%), Marcus Rashford (27.4%), dan Pierre-Emerick Aubameyang (17.9%). Baru satu nama di bawah mereka, Roberto Firmino (16.1%), yang diperkirakan akan bermain.

Pada saat tulisan ini dibuat, Callum Wilson (Bournemouth, £6.4) menjadi pemain yang paling banyak dibeli oleh manajer FPL dengan lebih dari 200.000, sehingga kepemilikannya sudah mencapai 15.4%, menjadi penyerang paling mainstream keenam. Wilson yang baru saja kembali bermain, memang sudah berhasil mencetak satu gol pada GW30 lalu. Namun kami tak memasukkan Wilson ke dalam pemain unggulan karena dia belum memiliki statistik menjanjikan (yah, namanya juga baru main lagi). Itu membuat kami berpaling ke Gonzalo Higuaín (Chelsea, £9.6).

Higuaín sendiri statusnya sedang "75%". Namun kami yakin dia sudah akan kembali sehat ketika Chelsea menghadapi tuan rumah Everton di GW31. Higuaín berhasil mencatatkan 15 tembakan (terbaik keempat dari semua pemain) yang 11 di antaranya dari dalam kotak penalti (terbaik keenam) dalam empat gameweek terakhir. Pada rentang waktu serupa Everton memang hanya kemasukan tiga gol, tapi mereka sudah mencatatkan 4 error (terbanyak bersama Tottenham Hotspur dan Fulham) dengan satu di antaranya menjadi gol.

Selanjutnya ada penyerang terbanyak kedua dibeli menjelang GW31 (lebih dari 123.000 manajer membelinya), yaitu Jamie Vardy (Leicester, £9.0). Dalam empat gameweek terakhir Vardy berhasil mencetak 4 gol dari 10 tembakan. Bukan hanya menembak, Vardy juga piawai dalam menciptakan peluang (5) dan situasi satu lawan satu (4 kali, terbaik keenam dari semua pemain).

Leicester City akan bertamu ke kandang Burnley di GW31. Terakhir kali Burnley bermain di kandang, mereka kalah 1-3 dari Crystal Palace. Dalam empat gameweek terakhir juga Burnley sudah kebobolan 10 kali (terburuk bersama Fulham, Watford, dan Cardiff City), ditembak 63 kali (terburuk ketiga), dan menerima situasi satu lawan satu sebanyak 10 kali (terburuk keempat). Mereka juga total menerima peluang dari kiri sebanyak 25 (terbanyak) dan dari kanan 18 kali (terbanyak kedua); kebetulan Vardy sering mondar-mandir dari sayap ke sayap jika memerhatikan heat map-nya dari rentang waktu serupa.

Sama seperti Vardy, Ashley Barnes (Burnley, £5.7) juga mencatatkan 10 tembakan dalam empat gameweek terakhir. Bedanya dia hanya berhasil mencetak 2 gol yang berasal dari dua shot on target pula. Vardy dan Barnes akan saling berhadapan di GW31. Keduanya memiliki keahlian dalam mengendus peluang di dalam kotak penalti. Barnes sudah mencatatkan 13 sentuhan di dalam kotak penalti lawan, kurang enam dari statistik serupa milik Vardy.

Jika melihat statistik tembakan, Leicester memang hanya ditembak 34 kali dengan 16 di antaranya tepat sasaran. Namun The Foxes sudah kebobolan 8 kali (terburuk kelima) dari empat gameweek terakhir. Mereka juga sudah lama tak pernah meraih nirbobol, yaitu terakhir pada GW21, jauh sebelum Brendan Rodgers masih menangani Celtic.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW31:

Liga Primer Inggris GW31 berbarengan dengan babak kelima Piala FA. Pekan depan tidak akan ada pertandingan Liga Primer karena jeda internasional. Liga Primer GW32 akan kembali pada 30 Maret 2019 dengan kemungkinan beberapa kesebelasan menjalani double gameweek (satu pekan bermain dua kali). Kepastian jadwal double gameweek akan didapatkan setelah akhir pekan ini.

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 14 Maret 2019.


Simak opini dan komentar Rochy Putiray terkait para pesepakbola Indonesia yang berkarier di luar negeri pada video di bawah ini:



Komentar