Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Sebagai penyerang yang paling banyak kedua dibeli sejauh ini menjelang gameweek 30, Sergio Agüero (Man City, £11.8) menjadi buah bibir para manajer FPL meski dia dan Manchester City (beserta 10 kesebelasan lainnya) tidak akan bermain di GW31 mendatang. Agüero berhasil mencetak 4 gol (terbaik dari semua pemain), 5 big chances (terbaik), dan 6 tembakan tepat sasaran (terbaik keempat) dari empat gameweek terakhir.

Catatan ini didukung dengan Watford—tamu Man City di GW30—yang sudah kebobolan 7 kali (terburuk kelima), menerima 9 situasi satu lawan satu (terburuk keenam), dan ditembak on target 21 kali (terburuk keempat) dari rentang waktu serupa. Agüero dan Man City memang akan menjalani blank gameweek di GW31 dan kemungkinan GW33 juga (jika mereka menang di Piala FA akhir pekan depan), tapi jadwal The Citizens tergolong ringan sampai akhir musim, kecuali di double gameweek 35 (menjamu Tottenham Hotspur dan bertandang ke Manchester United).

Penyerang berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Gonzalo Higuaín (Chelsea, £9.6) yang selalu menjadi starter di tiga laga terakhir untuk The Blues. Bukannya sembarangan memilih, Higuaín memang memiliki catatan statistik menarik dalam empat gameweek terakhir, yaitu 13 tembakan (terbaik kelima) yang 8 di antaranya dari dalam kotak penalti, meski hanya menghasilkan satu gol.

Chelsea akan menjamu Wolverhampton Wanderers di GW31. Meski Woves baru kebobolan tiga kali dalam rentang waktu yang sama, mereka sudah kecolongan banyak umpan silang (salah satunya 46 dari kanan, terbanyak kedua) dan ditembak 15 kali lewat sundulan (terbanyak). Ini adalah kabar baik bagi Higuaín yang bertindak sebagai target man, walau dia belum menunjukkan keahliannya di udara, setidaknya sejauh ini. Selain itu Higuaín dan Chelsea juga dipastikan tak akan menjalani blank gameweek pekan depan.

Berhasil mencetak 4 gol dalam empat gameweek terakhir membuat Wilfried Zaha (Crystal Palace, £6.9) menjadi penyerang yang paling banyak dibeli (atau pemain terbanyak ketiga jika menghitung semua posisi) menjelang GW30. Lebih dari 75 ribu manajer FPL percaya kepada Zaha yang juga berhasil mencatatkan 11 tembakan yang semuanya dari dalam kotak penalti (terbaik keempat di antara semua pemain) serta 4 chances created ini.

Zaha dan Palace akan menjamu Brigton & Hove Albion di GW30. Dalam rentang waktu serupa, The Seagulls sudah kebobolan 5 kali dari 34 tembakan yang mereka terima, dengan 22 di antaranya dari dalam kotak penalti sendiri. Ini memang bukan merupakan angka yang buruk, tapi mengingat Zaha sedang on fire, ada kemungkinan dia akan kembali berprestasi, apalagi Zaha juga berhasil mencatatkan 31 sentuhan di dalam kotak penalti lawan (terbaik di antara penyerang).

Meski ketiga penyerang di atas menjanjikan secara statistik, tapi perencanaan jangka panjang adalah hal yang sangat penting di FPL. Kebetulan Agüero dan Zaha tidak akan bermain di GW31 (blank gameweek). Jadi ketika kami merekomendasikan para penyerang hanya untuk GW30 secara soliter, ada baiknya kalian memerhatikan jadwal blank gameweek 31 dan 33 juga. Selengkapnya bisa dibaca di akhir tulisan ini.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW30:

Peringatan! Setelah ini FPL akan menjalani blank gameweek 31 pekan depan karena jadwal bentrok dengan pertandingan-pertandingan babak kelima Piala FA. Hanya ada 10 kesebelasan (lima pertandingan) yang akan bermain di Liga Primer Inggris, yaitu Bournemouth vs Newcastle, Burnley vs Leicester, West Ham vs Huddersfield, Fulham vs Liverpool, dan Everton vs Chelsea. Kesebelasan selain 10 kesebelasan tersebut tidak akan bermain di GW31, artinya poin mereka akan kosong.

Maka dari itu perlu penyesuaian dan perencanaan dalam emgarungi blank gameweek 31 serta potensi blank gameweek lainnya yang akan hadir di GW33. Meski begitu juga, diperkirakan akan ada banyak kesebelasan yang bermain di double gameweek 32 (satu kesebelasan bermain dua kali di satu gameweek). Kepastian jadwal double gameweek 32 dan blank gameweek 33 akan diketahui setelah akhir pekan depan, atau setelah FA melakukan undian untuk babak perempat final Piala FA.

Jadi apapun yang terjadi, jangan lupa mengecek jadwal. Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 7 Maret 2019.


Simak opini dan komentar Rochy Putiray terkait para pengurus PSSI yang ditangkap oleh Satgas Anti-Mafia Bola di video di bawah ini:



Komentar