Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Gelandang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Akhir pekan tiba! Waktunya kita mengatur skuat FPL untuk bisa meraih poin terbaik. Seperti biasa untuk posisi gelandang, kami akan merekomendasikan empat pemain yang punya peluang berprestasi. Selain itu di GW30 ini jadi persiapan jelang blank gameweek 31, jadi lebih baik kita sudah mulai memiliki para pemain yang akan bermain di GW31 nanti.

Sadio Mané (Liverpool, £9.8) menjadi nama pertama yang kami unggulkan. Melihat performa Mohamed Salah yang mengalami penurunan, Mané menjadi senjata yang baik untuk Liverpool. Dua gol berhasil dia cetak ketika di GW29 lalu bermain di Anfield. Mané juga bisa jadi investasi yang pas untuk di blank gameweek 31 nanti.

Dari catatan statistik memang Mané tidak lebih baik daripada Salah. Namun dalam produktivitas gol di empat gameweek terakhir, Mané lebih baik di mana dia mencetak 3 gol sedangkan Salah hanya satu gol. Mané cukup berpeluang berbicara banyak apabila melihat sisi kanan pertahanan Burnley cukup rapuh dengan menerima 17 peluang dan 47 umpan silang dalam empat gameweek terakhir. Mané juga melakukan 7 tembakan dan 15 sentuhan di dalam kotak penalti lawan di jangka waktu serupa.

Tidak bermain di Liga Champions UEFA membuat Paul Pogba (Man United, £9.0) tentu akan fit ketika Manchester United bertandang ke Emirates Stadium, kandang Arsenal, akhir pekan ini. Dalam empat gameweek terakhir dia melepaskan 9 tembakan di mana 3 di antaranya nyaris berbuah gol. Selain itu lewat umpan terukurnya, empat peluang tercipta di wilayah lawan. Arsenal dalam empat gameweek terakhir ini menerima 50 tembakan di mana 20 di antaranya dilakukan lawan dari luar kotak penalti. Kebetulan Pogba sering melakukan spekulasi tembakan dari luar kotak penalti untuk bisa mencetak gol.

Untuk dua pemain terakhir yang kami unggulkan juga akan bermain di blank gameweek 31 dan melihat harganya yang cukup murah bisa jadi investasi yang baik.

Harvey Barnes (Leicester, £5.5) adalah pemain tengah yang paling banyak melepaskan tembakan dalam empat gameweek terakhir ini, mengungguli catatan tembakan dari nama besar lain seperti Salah, Son Heung-min, dan Pogba. Dia sudah melepaskan 18 tembakan. Selain itu, Barnes juga menjadi gelandang dengan sentuhan di dalam kotak penalti terbanyak kedua (32).

Meski Leicester telah berganti pelatih, Barnes masih tetap diandalkan, dan di GW30 ini Leicester akan menghadapi Everton. Dari 17 peluang yang tercipta di lini pertahan Everton, 8 di antaranya berada di sisi tengah dan di situ tempat bermainnya Barnes dari rekap heat map-nya dalam empat gameweek terakhir. Melihat catatan itu, kami rasa Barnes akan berbicara banyak apalagi bermain di kandang sendiri.

Nama terakhir yang kami unggulkan adalah Robert Snodgrass (West Ham, £5.0). Alasan kami memilih pemain West Ham United adalah karena lawan yang akan dihadapi di GW30 ini hanya Cardiff City yang dalam empat gameweek terakhir kemasukan 11 gol (terburuk).

Snodgrass telah menciptakan 9 peluang di mana dua berhasil berbuah asis. Dalam kurun waktu yang sama juga, Snodgrass menjadi gelandang terbanyak keempat melepaskan umpan silang (23) dan hampir semuanya dilakukan ketika situasi bola mati. Kebetulan sekali dari 14 bola yang masuk ke lini pertahanan Cardiff berasal dari situasi bola mati. Dari pergerakannya yang cukup rajin menciptakan peluang dan melakukan umpan silang, Snodgrass kami rasa akan kembali memberikan asis untuk para pemain West Ham, khusunya Chicharito.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW30:

Peringatan! Setelah ini FPL akan menjalani blank gameweek 31 pekan depan karena jadwal bentrok dengan pertandingan-pertandingan babak kelima Piala FA. Hanya ada 10 kesebelasan (lima pertandingan) yang akan bermain di Liga Primer Inggris, yaitu Bournemouth vs Newcastle, Burnley vs Leicester, West Ham vs Huddersfield, Fulham vs Liverpool, dan Everton vs Chelsea. Kesebelasan selain 10 kesebelasan tersebut tidak akan bermain di GW31, artinya poin mereka akan kosong.

Maka dari itu perlu penyesuaian dan perencanaan dalam emgarungi blank gameweek 31 serta potensi blank gameweek lainnya yang akan hadir di GW33. Meski begitu juga, diperkirakan akan ada banyak kesebelasan yang bermain di double gameweek 32 (satu kesebelasan bermain dua kali di satu gameweek). Kepastian jadwal double gameweek 32 dan blank gameweek 33 akan diketahui setelah akhir pekan depan, atau setelah FA melakukan undian untuk babak perempat final Piala FA.

Jadi apapun yang terjadi, jangan lupa mengecek jadwal. Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 7 Maret 2019.


Simak opini dan komentar Rochy Putiray terkait para pengurus PSSI yang ditangkap oleh Satgas Anti-Mafia Bola di video di bawah ini:



Komentar