Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 29

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 29

Pekan ke-28 yang menghasilkan banyak gol semoga bisa menjadi obat pilu kalian yang mendapat poin di bawah rata-rata di pekan sebelumnya. Sudah siap untuk rekomendasi pemain belakang di gameweek 29? Yuk, cusss... Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Meraih nirbobol ketiganya secara beruntun, Ederson Moraes (Man City, £5.6) kembali kami rekomendasikan di GW29 ini untuk mengisi pos kiper. Manchester City akan bertandang ke markas Bournemouth yang baru mengoleksi satu poin dari empat laga terakhir. Kehilangan beberapa pemain utama masih menjadi masalah bagi Eddie Howe untuk meraih kemenangan. Buktinya, di pekan ke-28 lalu Bournemouth dicukur habis oleh Arsenal dengan skor 1-5.

Dari segi statistik, kehilangan David Brooks dan Callum Wilson membuat lini serang The Cherries tumpul. Sejak kehilangan dua pemain tersebut Bournemouth hanya mencetak dua gol*, melepaskan 12 tembakan tepat sasaran*, dan butuh 8.6 menit untuk membuat satu peluang*. Dengan solidnya lini belakang The Citizens di tiga laga terakhir, tampaknya peluang Ederson untuk meraih nirbobol keempatnya secara beruntun amatlah terbuka.

Berhasil mencetak satu gol kala bertandang ke markas Crystal Palace, Ashley Young (Man United, £5.7) diam-diam selalu berprestasi di tiga laga terakhirnya. Pada GW29 ini Manchester United kembali bermain di Old Trafford untuk menghadapi Southampton. Meski kehilangan beberapa pemain penting akibat cedera, anak asuh Ole Gunnar Solskjær tetap menampilkan permainan yang konsisten.

Young sendiri memiliki catatan menyerang yang cukup apik dibanding dengan bek lainnya. Mantan pemain Aston Villa ini berhasil membuat 5 peluang* (terbaik ketiga di antara bek) dan melepaskan 11 umpan silang* ke pertahanan lawan. Cedera yang dialami beberapa pemain tampaknya juga menjadi berkah bagi Young karena dia kemudian bermain sebagai gelandang serta dipercaya sebagai eksekutor bola mati maupun tendangan pojok.

Matt Doherty (Wolves, £5.5) kembali kami rekomendasikan meski di GW28 lalu hanya meraih satu poin akibat kebobolan di injury time kala bertandang ke markas Huddersfield Town. Wolverhampton Wanderers akan menjamu Cardiff City di kandang pada GW29. Laga ini mungkin akan dijadikan pelampiasan bagi anak asuh Nuno Espirito Santo yang hanya berhasil mengumpulkan dua poin di tiga laga terakhir.

Cardiff tampil naik turun setelah di empat pertandingan mereka meraih dua kemenangan tapi setelah itu kalah dua kali. Dalam menyerang pun anak asuh Neil Warnock tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang lemah karena hanya melepaskan 13 tembakan tepat sasaran* dan butuh 10.2 menit untuk membuat peluang* (terburuk kedua). Dari statistik Doherty, dia kerap membantu menyerang dengan 11 sentuhan di kotak penalti lawan* (terbaik keempat di antara bek) dan menciptakan 5 peluang. Artinya peluang Doherty meraih poin dari nirbobol maupun usaha menyerang sama besarnya.

Bek terakhir yang kami rekomendasikan di pekan ke-29 ini adalah Shane Duffy (Brighton, £4.7). Nama yang lagi-lagi berbau spekulatif yang semoga saja tidak mengecewakan seperti rekomendasi kami di GW28, yaitu Matt Targett (dicadangkan meski Southampton berhasil meraih kemenangan dua gol tanpa balas). Jika dilihat dari statistik, Duffy lebih menjanjikan karena dia menjadi pilihan utama di lini belakang Brighton & Hove Albion.

Duffy juga mempunyai statistik yang berbahaya jika berada di dalam kotak penalti lawan dengan 16 sentuhan di kotak penalti* dan 9 tembakan* (delapan di antaranya dari sundulan). Statistik tersebut menjadi yang terbaik dari jajaran bek lainnya. Menghadapi Huddersfield Town yang akhirnya meraih kemenangan dengan susah payah pada GW28 lalu, pertandingan antar kesebelasan di papan bawah ini dirasa akan alot. Bukan tidak mungkin Duffy menjadi jawaban ketika terjadi deadlock lewat tandukannya dari situasi bola mati. Bermain di Amex Stadium juga bisa menjadi keuntungan Duffy dkk untuk meraih kemenangan setelah di lima laga terakhir hanya berhasil meraih satu poin.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW29:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 28 Februari 2019.

Komentar