Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 26

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 26

Sejak ditangani Ole Gunnar Solskjær, Manchester United bermain semakin baik secara penyerangan (secara pertahanan mereka masih buruk dengan ditembak on target terbanyak). Paul Pogba (masuk gelandang unggulan) dan Marcus Rashford (Man United, £7.7) adalah dua pemain yang paling bersinar. Dalam empat gameweek terakhir, mereka berdua memuncaki jumlah tembakan (Pogba 20, Rashford 19) dan tembakan tepat sasaran (sama-sama 9) di antara semua pemain di FPL.

Jika Pogba berhasil mencetak 2 gol dan 2 asis, maka Rashford berhasil membuat 3 gol. Jumlah tembakan di dalam kotak penalti mereka juga masuk ke tiga besar (Pogba 13, Rashford 12), hanya kalah dari Fernando Llorente (14). Pada GW26 ini Man United akan bertandang ke Fulham yang sudah kebobolan 8 kali (terburuk kedua) dan ditembak dari dalam kotak penalti sebanyak 40 kali (terburuk ketiga) dalam rentang waktu serupa.

Melihat statistik dari dalam kotak penalti juga, Troy Deeney (Watford, £5.9) sepertinya bisa berprestasi di GW25 nanti. Meski tak berhasil mencetak gol, tapi dia selalu menjadi starter dan mencatatkan 8 tembakan yang kesemuanya dari dalam kotak penalti dalam empat gameweek terakhir. Kebetulannya: tamu Watford di GW26—Everton—sudah ditembak 45 kali dari dalam kotak penalti (terburuk).

Meski memainkan double gameweek di GW25 lalu, Everton tidak mempertontonkan sepakbola menarik. Dalam empat gameweek terakhir mereka juga kebobolan 7 kali (terburuk keempat), menerima 21 tembakan on target (terburuk kedua), melakukan 5 error (terburuk), dan kedapatan situasi big chance 11 kali (terburuk kedua). Ini artinya Everton harus siap kebobolan melawan Watford. Kalaupun Deeney tak mencetak gol, dia masih bisa diandalkan mencatatkan potensi asis karena dalam rentang waktu serupa berhasil mencatatkan 7 chances created.

Meski memiliki harga premium, Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal, £11.2) sedikit mengkawatirkan lebih karena Arsenalnya; bukan karena performa pribadinya. The Gunners memang kalah 1-3 menghadapi Manchester City di GW25, tapi jika menghadapi kesebelasan yang lebih lemah, Arsenal dan Aubameyang bisa berjaya. Tengok saja lima gol terakhir Aubameyang di liga: melawan Cardiff City, Fulham, Brighton & Hove Albion, dan Burnley (dua gol). Berikutnya Arsenal akan bertandang ke markas Huddersfield Town.

Dalam empat gameweek terakhir Huddersfield sudah kebobolan 9 kali (terburuk) dan menerima 20 peluang dari sisi kiri (terburuk). Dalam rentang waktu yang sama, Aubameyang lebih banyak beroperasi di sisi kanan Arsenal (atau sisi kiri pertahanan Huddersfield nanti) dengan mencatatkan 9 tembakan dan 3 big chances (terbaik kelima di antara penyerang). Ini seperti pertanda bagi Aubameyang.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW26:

Pekan depan tidak ada Liga Primer Inggris karena Inggris akan memainkan pertandingan-pertandingan babak kelima Piala FA. Selanjutnya, deadline GW27 akan hadir pada Sabtu, 23 Februari 2019, pukul 01.45 dini hari WIB.

Hal yang perlu diingat sampai sejauh ini, pada GW27 Everton, Manchester City, Chelsea, dan Brighton & Hove Albion akan menjalani blank gameweek alias tidak akan bermain karena ada final Piala Liga Inggris (Chelsea vs Man City). Jadi mungkin kalian bisa "menabung" untuk menjual para pemain dari keempat kesebelasan tersebut dari sekarang. Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 7 Februari 2019.

Komentar