Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 24

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 24

Setelah libur 10 hari akibat adanya pertandingan Piala FA—kecuali Liverpool yang sebelumnya sudah tersingkir—tengah pekan ini Liga Primer Inggris akan memainkan gameweek 24. Berikut adalah rekomendasi pemain lini belakang di GW24 yang berpeluang meraih poin. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Berhasil meraih prestasi di tiga laga terakhirnya, Ben Foster (Watford, £4.5) sedang dalam performa terbaiknya. Meski gawangnya dijebol lima kali di tiga laga terakhirnya, kiper asal Inggris ini tetap mendapat poin karena banyak melakukan penyelamatan penting. Foster menjadi kiper tersibuk di empat pertandingan terakhir dengan total 19 penyelamatan.

Bertandang ke Wembley melawan Tottenham Hotspur yang sedang dalam keadaan pincang (akibat banyak pemain cedera) bisa menjadi kesempatan Foster untuk meneruskan performa gemilangnya. Semenjak ditinggal Harry Kane, Son Heung-min, dan Bamidele Alli, performa Spurs agak menurun terlihat dari hasil yang diraih; gagal melaju ke Final Piala Liga (ditaklukkan Chelsea lewat adu penalti) dan yang terbaru kalah di babak empat Piala FA (ditekuk Crystal Palace dua gol tanpa balas).

Meski lini belakang Liverpool kecolongan tiga gol kala melawan Crystal Palace di Anfield pada GW23 lalu, Andrew Robertson (Liverpool, £6.7) tetap berhasil meraih poin kala mencetak satu asis untuk gol yang dicetak oleh Sadio Mané. Setelah liburan ke Dubai, The Reds akan kembali tampil di Anfield untuk menghadapi Leicester City di pekan ke-24 ini. Peluang anak asuh Jürgen Klopp untuk menjaga jarak dengan The Citizens bisa dibilang sangat terbuka melihat Jamie Vardy dkk telah menelan dua kekalahan beruntun di dua laga terakhir.

Sama-sama tidak tampil dalam babak empat Piala FA karena sudah tersingkir, kedua kesebelasan tentu dalam kondisi prima untuk menghadapi GW24 ini. Robertson telah mencetak dua asis di empat laga terakhirnya. Selain itu dia mencatatkan 5 peluang* dan mengirimkan 11 umpan silang*. Poin dari usaha menyerang Robertson inilah yang kerap kali menjadi harapan bagi para manajer FPL.

Lucas Digne (Everton, £5.3) masih menjadi salah satu bek yang mempunyai catatan statistik menyerang paling oke di antara bek lainnya. Yhaa… Meski di GW23 lalu dia mengecewakan para pemilik dengan (tidak sengaja) mencetak gol bunuh diri kala Everton kalah 1-2 dari Southampton. Pada pekan ke-24 ini Everton akan bertandang ke markas Huddersfield Town yang sedang dalam masa transisi dengan pelatih barunya, Jan Siewert.

The Terriers tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang lemah dalam urusan menyerang (hanya mencetak satu gol dari 11 tembakan tepat sasaran*, dan butuh waktu 10.3 menit untuk membuat peluang*). Mereka baru meraih dua kemenangan musim ini. Tak hanya itu, Siewert mempunyai pekerjaan rumah untuk membenahi lini belakang yang sudah kebobolan enam gol*, kecolongan 41 umpan silang* dari sisi kanan pertahanan, dan 15 kali peluang dari sisi kanan*. Sialnya, sisi tersebut adalah daerah yang acap kali digunakan Digne untuk mengirimkan umpan berbahaya. Digne tercatat sudah melakukan 37 umpan silang*, 6 peluang*, dan 6 tembakan*.

Bek terakhir yang kami rekomendasikan di GW24 adalah Sead Kolasinac (Arsenal, £4.9). Memang kondisi lini belakang The Gunners sangat pincang akibat cedera yang dialami beberapa pilarnya. Sebut saja Rob Holding dan Hector Belllerín yang harus menepi 6-9 bulan. Yang terbaru adalah Laurent Koscielny dan Sokratis Papastathopoulos (belum dikonfirmasi) ketika Arsenal dipaksa menyerah dari Manchester United di babak empat Piala FA.

Namun, jika melihat lawan Arsenal, yaitu Cardiff City, yang baru mencetak satu gol* dari 7 tembakan tepat sasaran*, tentunya peluang Kolasinac untuk meraih poin sangatlah terbuka. Anak asuh Neil Warnock tercatat sebagai kesebelasan yang lemah dalam melakukan serangan karena mereka butuh 13.1 menit untuk membuat satu peluang. Harapan Kolasinac untuk meraih nirbobol memang ada, namun jika melihat performa lini belakang Arsenal yang belum bisa konsisten, raihan poin dari usaha menyerang pemain asal Bosnia & Herzegovina bisa saja didapat. Kolasinac sudah membuat 7 peluang* hanya dari empat umpan silang*. Mantan pemain Schalke 04 ini bisa dikatakan efisien dalam melakukan serangan.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW24:

Jangan ke mana-mana dahulu. Setelah GW24 di tengah pekan ini, GW25 langsung hadir di akhir pekan dengan tenggat waktu (deadline) pada Sabtu, 2 Februari 2019, pukul 18.30 WIB. Manchester City dan Everton menjadi dua kesebelasan pertama yang merasakan double gameweek (bermain dua kali dalam satu GW) pada GW25 nanti.Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 28 Januari 2019.

Komentar