Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 23

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 23

Setelah Harry Kane cedera sampai setidaknya Maret (gameweek 29), banyak manajer FPL mencari pelarian ke beberapa pemain potensial. Mohamed Salah (sejauh ini terbanyak ketiga dibeli menjelang GW23), Eden Hazard, atau Paul Pogba (terbanyak kedua) biasanya adalah pelarian yang paling umum.

Namun mereka semua berposisi sebagai gelandang. Sementara penyerang premium yang menjanjikan juga tidak banyak dengan Pierre-Emerick Aubameyang yang mulai "bau", Sergio Agüero yang ditakutkan akan dirotasi, atau Roberto Firmino (terbanyak dibeli keempat menjelang GW23) yang kalah bersinar dibanding Salah.

Namun ada satu penyerang yang paling banyak dibeli menjelang GW23 ini (lebih dari 570.000 manajer membelinya), yang dianggap bisa menjadi pengganti Kane di tim FPL kalian: Marcus Rashford (Man United, £7.5). Jika kalian belum melakukan transfer, cepat-cepat lah membeli Rashford sebelum harganya naik. Kebetulannya, Manchester United juga memiliki jadwal relatif oke ke depannya: Brighton & Hove Albion (Kandang), Burnley (K), Leicester City (Tandang), dan Fulham (T).

Soal statistik pribadi, Rashford bisa dibilang sebagai penyerang terbaik dari empat gameweek terakhir: selalu menjadi starter, 17 tembakan (terbaik dari semua penyerang), 12 tembakan dari dalam kotak penalti (terbaik kedua), 10 tembakan tepat sasaran (terbaik), 3 gol (terbaik kedua), dan 5 chances created (terbaik kelima). Lawan Man United di GW23, Brighton, hanya mencatatkan satu nirbobol dari rentang waktu yang sama, serta ditembak 43 kali.

Selanjutnya Raúl Jiménez (Wolves, £6.4) juga menjadi pengganti Kane yang umum. Dia dibeli oleh lebih dari 145 ribu manajer FPL menjelang GW23, yang menjadikannya penyerang terbanyak keempat yang dibeli. Meski hanya berhasil mencetak satu gol di empat gameweek terakhir, Jiménez mampu mencatatkan 12 tembakan (terbaik kelima) yang 9 di antaranya dari dalam kotak penalti lawan.

Wolverhampton Wanderers akan menjamu Leicester City di GW23 yang sudah ditembak 31 kali dari dalam kotak penalti dan kebobolan empat kali. Salah satu statistik yang bisa menguntungkan Jiménez dan Wolves adalah The Foxes sudah melakukan 5 error (satu berbuah gol) dalam rentang waktu yang sama. Angka itu adalah yang terbanyak, sama banyaknya dengan Cardiff City dan Everton.

Penyerang ketiga yang kami rekomendasikan adalah Ashley Barnes (Burnley, £5.7) yang berhasil mencatatkan 11 tembakan yang 10 di antaranya dari dalam kotak penalti lawan (terbaik kelima) serta 7 on target (terbaik keempat) dalam empat gameweek terakhir. Dia juga selalu menjadi starter dan berhasil menciptakan 7 peluang (terbaik kedua) untuk rekan-rekannya.

Burnley akan bertamu ke kandang Watford pada GW23 yang sudah melakukan 3 error (terbanyak kelima) dengan satu berbuah gol dari rentang pertandingan serupa. Selain itu Ben Foster dkk sudah kebobolan 7 kali (terburuk keempat) dari 24 tembakan on target (terburuk kedua) yang mereka terima dari empat gameweek terakhir. Kemudian dari 8 laga kandang terakhir Watford, mereka juga sudah kalah 5 kali.

Pada GW23 ini kebetulan kami memang tak memasukkan penyerang premium (Rashford belum termasuk premium berdasarkan kriteria kami dalam polling).

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW23:

Pekan depan tidak ada Liga Primer Inggris. Tenggat waktu (deadline) FPL gameweek selanjutnya (GW24) akan jatuh pada Rabu, 30 Januari 2019, pukul 01.45 WIB. Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 18 Januari 2019.

Komentar