Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 19

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 19

Selamat datang boxing day! Selama sepekan ke depan, kita akan disuguhkan jadwal padat Liga Primer Inggris yang memainkan laga tiga gameweek sekaligus. Sebagai manajer FPL, insting dalam pemilihan pemain diperlukan untuk mengetahui pemain yang akan dipilih aman dari rotasi ataupun terhindar dari cedera akibat jadwal padat ini. Semoga rekomendasi pemain kami di GW19 ini cukup membantu para manajer FPL dalam memilih pemain yang akan bersinar. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Sudah lima pekan gawang David De Gea (Man United, £5.7) selalu kebobolan. Di pekan ke-19 ini Manchester United akan menjamu Huddersfield Town di Old Trafford. Mungkin inilah waktunya bagi De Gea untuk kembali meraih poin nirbobol. Peluang itu dirasa cukup besar dikarenakan Huddersfield baru mencetak dua gol di empat pertandingan terakhirnya.

Permainan menyerang yang ditunjukkan oleh Ole Gunnar Solksjær kala melibas Cardiff City dengan skor 5-1 di kandang lawan, tentunya akan meringankan tugas De Gea di bawah gawang Man United yang biasanya acap kali melakukan penyelamatan (15 kali penyelamatan*) karena seringnya United melakukan permainan bertahan dari serangan lawan. Lagipula pada GW18 mereka kebobolan hanya dari penalti.

Bermain solid dan berhasil mencetak dua nirbobol di kandang lawan, Andrew Robertson (Liverpool, £6.6) sangat berpeluang untuk meraup poin kala Liverpool berhadapan dengan Newcastle United di Anfield pada GW19. Anak asuh Rafael Benítez tergolong kesebelasan yang biasa-biasa saja dalam hal menyerang dengan catatan melepaskan 14 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 10.4 menit untuk membuat satu peluang*.

Dari sisi bertahan, sisi kanan pertahanan The Magpies sudah kecolongan 65 kali umpan silang* dan 19 kali peluang* yang mana catatan tersebut adalah yang terburuk dari kesebelasan lainnya. Hal ini bisa saja dimanfaatkan oleh Robertson yang beroperasi di sisi tersebut yang dalam empat pertandingan terakhir sudah melepaskan 17 usaha umpan silang* dan membuat 6 peluang*.

Berhasil meraih satu nirbobol dan mencetak satu asis di dua pertandingan terakhirnya, Kieran Trippier (Spurs, £6.1) berpeluang kembali meraih prestasi kala Tottenham Hotspur menjamu Bournemouth di kandang pada GW19. Setelah mengalami kekalahan dalam Derbi London Utara, anak asuh Mauricio Pochettino menyapu bersih empat pertandingan berikutnya dengan kemenangan. Everton menjadi korban terakhir dengan dipermalukan di depan publik Goodison Park dengan skor 6-2.

Meski berhasil menang 2-0 atas Brighton & Hove Albion di GW18 lalu, Bournemouth masih menjadi kesebelasan yang paling cupu dalam melakukan serangan dengan hanya melepaskan 10 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 9.3 menit untuk membuat satu peluang*. Rasanya akan menjadi tugas berat Eddie Howe untuk menghentikan laju Spurs yang di sisi lain juga bertekad untuk terus memangkas jarak dengan Manchester City. Selain berpeluang untuk meriah nirbobol, Trippier juga berpeluang untuk meraih sumbangsih dari usaha menyerangnya karena tercatat ia sudah melakukan 21 kali usaha umpan silang* dan membuat empat peluang*.

Kami masih percaya dengan Lucas Digne (Everton, £5.0) meski di laga terakhirnya ia mendapat poin minus akibat mengalami kekalahan telak dari Spurs. Meski demikian, statistik Digne masih impresif dibandingkan dengan jajaran bek lainnya. Dia tercatat sudah melakukan 40 usaha umpan silang*, 11 kali membuat peluang*, 7 kali sentuhan di kotak penalti lawan*, dan melakukan 5 percobaan tembakan*.

Faktor lawan juga menjadi pertimbangan kami untuk kembali memilih Digne. Everton akan menghadapi Burnely di Turf Moor Stadium. Anak asuh Sean Dyche hanya melepaskan 12 tembakan tepat sasaran* dan butuh waktu 10.9 menit untuk membuat satu peluang*. Sekadar mengingatkan, kami merekomendasikan Digne atas dasar statistik menyerang yang lebih menjanjikan. Jadi jika berhasil meraih nirbobol, bisa dikatakan hal tersebut adalah bonus. Hehehe…

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW19:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 23 Desember 2018.

Komentar