Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 12

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 12

Liga Primer Inggris memasuki gameweek 12 setelah Liga Champions dan Liga Europa UEFA di tengah pekan, menjelang jeda internasional pekan depan, kemudian di tengah-tengah Piala AFF yang baru dimulai Kamis lalu (08/11). Sudah siap untuk pemain bertahan pilihan yang kiranya akan berprestasi di GW12 ini? Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Meski akan bertandang ke markas Huddersfield Town pada pekan ke-12 ini, Lukasz Fabianski (West Ham, £4.5) berpeluang meraih prestasi jika melihat catatan statistik sang tuan rumah. Huddersfield akhirnya berhasil mencetak gol pertama dan poin penuh pertamanya di kandang di GW11 lalu kala mengalahkan Fulham 1-0. Walau demikian, Fabianski masih berpeluang untuk meraih nirbobol maupun poin dari aksi penyelamatannya (12 penyelamatan di empat pekan terakhir). Anak asuh David Wagner masih belum superior dalam menyerang dengan hanya melepaskan 12 tembakan tepat sasaran (berbuah menjadi dua gol) dan butuh waktu tujuh menit untuk membuat satu peluang.

Pada GW12 ini, kami kembali merekomendasikan Kieran Trippier (Spurs, £6.3) setelah pada pekan ke-11 lalu berhasil mencetak satu asis walau gagal meraih nirbobol saat bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers. Tottenham Hotspur akan bertandang ke markas Crystal Palace di GW12 ini dalam pertandingan yang bertajuk Derbi London. Palace meraih hasil minor di lima pertandingan terakhirnya dan baru mencetak dua gol di kandang. Trippier sendiri sudah mencatatkan 32 kali usaha umpan silang* dan tujuh peluang*, sementara sisi kiri pertahanan Palace sudah kecolongan 38 kali umpan silang dan 15 peluang*.

Dua pekan terakhir ini mungkin bisa dikatakan menjadi pekan mengecewakan bagi para pemilik Andrew Robertson (Liverpool, £6.4). Ia tidak tampil ketika Liverpool berhasil menang dari Cardiff City 4-1 di Anfield dan pekan selanjutnya gagal meraih nirbobol ketika bertandang ke markas Arsenal. Akan tetapi di GW12 ini ia berpeluang kembali unjuk gigi saat kedatangan tamu Fulham di Anfield. The Cottagers meraih hasil buruk di dua laga terakhirnya dengan dua kekalahan dan tidak berhasil mencetak satu gol pun. Bukan hanya itu, Fulham tercatat sebagai salah satu yang cupu dalam hal menyerang dengan hanya melepaskan 10 tembakan tepat sasaran*. The Reds baru kecolongan satu gol ketika bermain di Anfield musim 2018/19 ini, bukan sebuah kebetulan kecolongan itu terjadi saat Robertson tidak dimainkan oleh Klopp saat menghadapi Cardiff City. Akan tetapi sebagai para manajer FPL yang budiman sebaiknya siap-siap legowo jika Robertson kembali dicadangkan akibat rotasi karena ia dimainkan di laga tengah pekan lalu saat Liverpool dikalahkan 2-0 oleh Red Star Belgrade di lanjutan babak grup Liga Champions.

Pemain terakhir di lini belakang yang kami rekomendasikan di GW12 ini adalah Shane Duffy (Brighton, £4.6). Secara tidak terduga, dalam tujuh pertandingan terakhirnya bersama Brighton, ia hanya blanked poin selama dua pekan, sisanya dilibas dengan torehan prestasi. Meski akan bertandang ke markas Cardiff, pemain asal Republik Irlandia ini berpeluang meraih nirbobol atau bisa saja menyumbang poin dari menyerang. Pasalnya pertandingan bisa saja berjalan ketat karena anak asuh Neil Warnock hanya melepaskan 13 tembakan tepat sasaran di empat pertandingan terakhir. Di saat situasi inilah biasanya Duffy muncul sebagai ancaman bagi pertahanan Cardiff yang sudah 14 kali kecolongan peluang dari situasi bola mati* dan 11 di antaranya dari sundulan kepala.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW12:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 9 November 2018.

Komentar