Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 9

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 9

Setelah hampir dua pekan libur akibat adanya jeda internasional (baik itu UEFA Nations League maupun pertandingan persahabatan lainnya) para pemain kembali ke kesebelasan masing-masing untuk melanjutkan liga yang kembali bergulir. Liga Primer Inggris pun kembali memainkan laga di pekan ke-9 nya di akhir pekan ini. Sudah siap untuk rekomendasi pemain bertahan yang kiranya akan berprestasi di GW9 ini? Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Kiper Tim Nasional Portugal, Rui Patricio (Wolves, £4.6) mempunyai peluang untuk meraih prestasi kala menghadapi Watford di Molineux Stadium pada GW9 ini. Penampilan Patricio di bawah gawang Wolverhampton Wanderers sangat menjanjikan di lima pertandingan terakhirnya. Ia hanya kebobolan sekali (saat bertandang ke Manchester United). Sisanya dilibas dengan menorehkan empat nirbobol, padahal ia tergolong kiper yang paling sibuk kedua diantara kiper lainnya dengan torehan 17 kali penyelamatan*. Merosotnya penampilan Watford di empat pertandingan terakhir membuatnya memiliki peluang untuk meraih nirbobol ketiganya secara berturut-turut di hadapan fans sendiri.

Meski lini belakang Liverpool agak pincang dengan perkiraan absennya Virgil van Dijk (akibat cedera yang dialami saat melawan Jerman di UEFA Nations League) nama Andrew Robertson (Liverpool, £6.3) bisa menjadi pilihan di GW9 ini. Walau bertandang ke markas Huddersfield Town, Robertson berpeluang untuk meraih prestasi jika dilihat dari statistik lawan. Dalam empat pertandingan kandangnya di musim 2018/19 ini, anak asuh David Wagner sama sekali belum menjebol gawang lawannya. Selain itu, The Terriers hanya melepaskan 11 tembakan tepat sasaran yang mana catatan tersebut merupakan catatan terburuk kedua paling bawah di antara kesebelasan Liga Primer Inggris lainnya.

Selain berpeluang meraih nirbobol, Robertson berpeluang menyumbang poin dari usaha menyerangnya. Sadio Mane yang notabene menjadi rekan Robertson di sisi kiri dikabarkan masih mengalami cedera saat membela Senegal di jeda internasional lalu. Bukan tidak mungkin Robertson akan lebih aktif membantu dari sisi ini mengingat ia mempunyai catatan sudah melepaskan 9 kali usaha umpan silang dan 3 di antaranya berbuah peluang*.

Benjamin Mendy (Man City, £6.2) berhasil meraih poin nirbobol di GW8 lalu (tandang melawan Liverpool) setelah absen di tiga pertandingan akibat cedera bersama Manchester City. Di pekan ke-9 ini ia juga berpeluang kembali meraih prestasi kala menghadapi Burnley di Etihad Stadium. Kami tidak bisa mengabaikan eksplosivitas Mendy di sisi kiri anak asuh Pep Guardiola.

Burnley tercatat sebagai kesebelasan yang paling sering kecolongan peluang dari sisi kanan pertahanan mereka di antara kesebelasan lainnya; 24 peluang*. Sisi tersebut adalah daerah operasional Mendy, bukan tidak mungkin ia akan menambah torehan asisnya di pekan ke-9 ini.

Pemain terakhir di lini belakang yang kami rekomendasikan di GW9 ini adalah Lucas Digne (Everton £4.8). Everton akan menghadapi Crystal Palace di Goodison Park. Digne berpeluang untuk meraih prestasi jika melihat catatan statistik lawan maupun catatan statistik pribadinya.

Dari sisi lawan, Crystal Palace hanya berhasil menjebol gawang lawan sebanyak lima kali sampai pekan ke-8 lalu, mereka juga melepaskan 12 tembakan tepat sasaran dalam empat pertandingan terakhirnya. Dari sini bisa terlihat Everton memiliki peluang untuk meraih nirbobol. Dari statistik Digne, ia berada di peringkat kedua dalam usaha melepaskan tembakan diantara pemain bertahan lainnya (tujuh kali percobaan tembakan*) dan berada di peringkat keempat dalam usaha menciptakan peluang (34 kali usaha umpan silang*). Daya tarik ini lah yang mungkin bisa membuat mantan pemain Barcelona & PSG ini berpeluang berprestasi di GW9 ini.

***

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW9:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 19 Oktober 2018.

Komentar