Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Depan

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Depan

Penyerang harga menengah (£6.5 sampai £8.5)

Penyerang dengan harga paling tinggi dari kategori menengah adalah Olivier Giroud dengan £8.0. Ia belum terlalu fit sejak Piala Dunia 2018. Alvaro Morata (£9.0) juga sudah menjadi pilihan utama Chelsea di bawah Maurizio Sarri selama pra-musim, sehingga kita bisa beralih ke penyerang dengan harga di bawah Giroud.

Dari lima penyerang yang paling banyak dipilih para manajer FPL awal musim ini, dua di antaranya tergolong harga menengah. Wilfried Zaha dan Marko Arnautovic, berturut-turut, menempati posisi ketiga (31.9% kepemilikan) dan keempat (26.0% kepemilikan). Itu tidak mengagetkan mengingat keduanya memiliki musim yang fantastis di FPL 2017/18.

Namun keduanya "naik pangkat" dari gelandang menjadi penyerang. Dalam kasus perubahan posisi ini, Marko Arnautovic (West Ham, £7.0) menjadi yang lebih menggiurkan. Setidaknya selama pra-musim ia selalu bermain dan memang dimainkan sebagai ujung tombak. Pemain Austria ini berhasil mencetak 5 gol dan 1 asis selama pra-musim. Sayangnya dari semua kesebelasan Liga Primer, West Ham akan menjalani jadwal sangat berat: Liverpool (tandang), Bournemouth (kandang), Arsenal (tandang), Wolves (kandang), Everton (tandang), Chelsea (kandang), dan Man United (kandang).

Hal tersebut membuat Wilfried Zaha (Palace, £7.0) terlihat lebih menggiurkan, tapi di atas kertas. Dibandingkan dengan penyerang-penyerang berharga £7.0, Zaha adalah yang terbaik dengan 4.7 poin FPL per pertandingan. Musim lalu ia menjadi penyerang karena penyerang-penyerang alami Palace menderita cedera. Namun sepanjang pra-musim ini, meski mencetak 3 gol dan 1 asis, Zaha lebih banyak bermain sebagai penyerang sayap atau gelandang serang di belakang Sorloth. Jadwal Palace sendiri cukup menggiurkan sampai GW10 (kecuali di GW2 ketika bertandang ke Liverpool).

Ada dua penyerang lagi yang berharga £7.0, yaitu Marcus Rashford dan Cenk Tosun. Untuk Rashford, ia pulang sangat larut dari Piala Dunia 2018 karena Inggris sampai semifinal (meski jarang bermain). Secara umum Rashford juga selalu terkena rotasi Jose Mourinho di mana ia hanya menjadi starter selama 17 pertandingan musim lalu. Ini membuat pemilihan Rashford tak terlalu menarik.

Sebaliknya, Cenk Tosun (Everton, £7.0) adalah penyerang di rentang harga ini yang paling menarik. Selain jadwal Everton yang relatif sejuk sampai GW6, penampilan Tosun sejak datang di jendela transfer musim dingin 2018 juga terus menanjak menuju matahari (to sun) dengan 5 gol dari 8 tembakan tepat sasaran. Sejauh ini Tosun selalu bermain sebagai penyerang utama di pra-musim, meski Everton hanya menang sekali dari 7 pertandingan. Tosun mencetak 4 gol saat Everton menang 22-0 melawan ATV Irdning dan mencetak satu gol lagi saat Everton kalah 2-3 dari Valencia.

Beralih ke penyerang £6.5, ada Joshua King (Bournemouth, £6.5) yang paling banyak dimiliki (statistik sudah dijelaskan di halaman sebelumnya di bagian Bournemouth) yang berhasil mencetak empat gol di pra-musim. Walau Bournemouth memiliki jadwal relatif ringan sampai GW11 (kecuali bertandang ke Chelsea di GW4), Callum Wilson kami nilai lebih efisien dan potensial dengan harga £6.0 (statistik juga sudah dijelaskan di halaman sebelumnya).

Chris Wood (Burnley, £6.5) menjadi penyerang di harga ini dengan jadwal menggiurkan lainnya. Jika tak terganggu Liga Europa, mantan penyerang Leeds United ini adalah pilihan utama Sean Dyche di formasi 4-4-2-nya (bersama Barnes). Musim lalu Wood berhasil mencetak 10 gol (terbaik ke-10 di antara penyerang) dari 24 shot on target-nya. Sama seperti Vokes, ia juga ahli dalam sundulan dengan 15 tembakan via sundulannya musim lalu. Namun kalian harus memantau penyerang Selandia Baru ini karena kabarnya ia mengalami cedera minor.

Kesebelasan yang memiliki jadwal menarik lainnya adalah Palace. Selain Zaha, Christian Benteke (Palace, £6.5) menjadi sorotan. Secara teknis ia sudah sembuh dari cedera tapi harus menghadapi Sorloth untuk posisi penyerang utama di pra-musim ini. Jika kalian yakin Benteke bisa bersinar, ia bisa dimasukkan ke pantauan. Tapi yang harus diingat, Benteke adalah penyerang paling boros musim lalu dengan 137 sentuhan di kotak penalti lawan (terbanyak ke-9) dan 60 tembakan (terbanyak ke-12) tapi hanya berhasil on target 19 kali dan mencetak 3 gol.

Nama Aleksandar Mitrovic (Fulham, £6.5) menjadi perbincangan karena musim lalu berhasil mencetak 12 gol dari 17 pertandingan di Championship. Dalam enam gameweek ke depan, The Cottagers akan menghadapi Palace, Burnley, dan Watford, yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki. Pada musim 2015/16 juga ia mencetak 9 gol dan 4 asis dalam 2117 menit bersama Newcastle. Akan tetapi dengan harga serupa, ada satu pemain Fulham yang lebih menarik, yaitu Ryan Sessegnon (gelandang). Di harga yang lebih murah £0.5 juga ada Andre Schurrle (gelandang).

Dari segi jadwal, banyak kesebelasan yang tergolong berat di awal-awal gameweek ini, yaitu Newcastle, West Ham, Brighton, dan Arsenal. Itu membuat pemain-pemain seperti Ayoze Perez, Javier Hernandez, Glenn Murray, dan Danny Welbeck menjadi tak terlalu menarik untuk dimiliki.

Jika mau mengesampingkan jadwal, Murray adalah penyerang yang oke di antara keempat nama di atas dari perspektif statistik. Dari 12 golnya musim lalu, ia memang sempat gagal mengeksekusi penalti dua kali. Tapi Murray akan berusia 35 tahun September nanti, yang membuatnya mungkin akan digeser oleh dua penyerang Brighton dengan harga lebih murah di FPL, Jurgen Locadia (£5.5) dan Florin Andone (£5.0).

Halaman selanjutnya: penyerang harga premium.

Komentar