Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Belakang

Fantasy Premier League

by Redaksi 28 28150

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Belakang

Bek harga premium (£6.0 dan seterusnya)

Ada lima pemain bertahan yang dibanderol dengan harga paling mahal (£6.5) di awal musim 2018/19. Mereka di antaranya adalah: Cesar Azplicueta, Marcos Alonso, Nicolas Otamendi, Kyle Walker, dan Antonio Valencia.

Duo pemain bertahan The Blues, Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso (Chelsea, £6.5) adalah dua pemain bertahan dengan skor tertinggi di FPL musim 2017/18. Tercatat, Chelsea meraih 16 kali nirbobol. Alonso mencetak tujuh gol atau lebih banyak dari pemain belakang lainnya. Azpilicueta sendiri menyumbang enam asis yang mana itu adalah raihan terbaiknya dalam satu musim meski ia selalu tampil menjadi bek tengah. Patut ditunggu kiprah duet Azpi-Alonso di bawah arahan dari nahkoda anyar Chelsea, Maurizio Sarri.

Beralih ke duo Manchester biru, Nicolas Otamendi dan Kyle Walker (Manchester City, £6.5) bisa dimaksimalkan poinnya dari pekan kedua sampai pekan ketujuh. Raihan empat gol, 21 poin bonus (tertinggi ketiga secara keseluruhan), 33 kali menjadi starter di pertandingan Liga Primer Inggris, rasanya bek asal Argentina ini masih menjadi andalan di lini belakang Pep Guardiola.

Meski hanya mencetak dua gol di Liga Primer Inggris dalam enam tahun, Kyle Walker mencatatkan masing-masing enam asis di dua musim terakhirnya. Selain Otamendi, nampaknya mantan pemain Tottenham Hotspur ini bakal menjadi andalan di lini belakang The Citizens.

Masih ada nama-nama lain di lini belakang City, diantaranya John Stones, Vincent Kompany, dan Aymeric Laporte (Manchester City, £5.5) yang gemar dirotasi oleh Pep untuk dijadikan tandem Otamendi, meski Stones kemungkinan yang paling jarang tergeser. Sementara itu jangan lupakan Benjamin Mendy (Manchester City, £6.0) yang telah sembuh dari cedera lututnya pada musim debutnya di Liga Primer musim lalu. Bek sayap asal Perancis ini mungkin bisa menjadi ancaman di musim ini jika ia dalam kondisi terbaiknya (lima asis untuk AS Monaco di musim 2016/17).

Antonio Valencia (Manchester United, £6.5) tercatat sebagai bek yang paling sering mencatatkan nirbobol daripada bek lainnya. Ia juga berhasil mencetak tiga gol. Bek kanan yang telah menjadi kapten Man United ini merupakan salah satu pemain belakang yang tidak terkena rotasi oleh Jose Mourinho musim lalu.

Anfield adalah dinding yang susah ditembus bagi kesebelasan lain yang berkunjung kesana musim lalu. The Reds tidak terkalahkan di kandang dan mencatat 12 kali niirbobol di Anfield. Ketertarikan pasti akan tertuju kepada Andrew Robertson dan Virgil van Dijk (Liverpool, £6.0). Umpan silang yang berbahaya dari Robertson dan ancaman gol situasi bola mati dari Van Dijk kiranya akan bisa dimanfaatkan sebagai poin plus menyerang mereka. Namun Alexander-Arnold menjadi opsi lebih murah daripada keduanya.

Dari 14 pemain bertahan yang memiliki harga mulai dari £6.0, setengah di antaranya bermain untuk Tottenham Hotspur. Jan Vertonghen (Tottenham Hotspur, £6.0) mungkin menjadi pemain yang paling aman dari rotasi. Mauricio Pochettino yang gemar melakukan rotasi di posisi bek sayap mungkin akan menimbulkan kebimbangan bagi para manajer untuk memilih antara Kieran Tripper dan Ben Davies (Tottenham Hotspur, £6.0) yang mana keduanya mencetak tujuh asis pada musim 2017/18 lalu. Akan tetapi, apakah penampilan apik di Piala Dunia 2018 bersama Inggris lalu akan membuat Pochettino memberi kepercayaan lebih kepada Kieran Trippier? We’ll see…

Jika semua bek Spurs dirasa terlalu mahal, kalian bisa lebih memilih kiper utama mereka, Hugo Lloris, yang dibanderol £5.5 di FPL. Meski salah satu kiper termahal, tapi setidaknya Lloris lebih murah dari semua bek Spurs (kecuali Kyle Walker-Peters) dan tentu hampir tak pernah dirotasi di Liga Primer.

***

Berikut hasil polling pemilihan bek oleh para manajer FPL di akun Twitter @PanditFPL:

Untuk melengkapi tips awal sebelum mulai menyusun skuat gameweek 1, berikut adalah rekapitulasi artikel analisis dan daftar belanja FPL 2018/19:

Seperti kutipan yang sudah terkenal: penyerangan memenangkan pertandingan, tapi pertahanan memenangkan kejuaraan. Begitu juga di FPL, pemain bertahan menjadi fondasi yang menentukan kuat atau tidaknya tim fantasi kita. Salam panah hijau!

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 3 Agustus 2018.

Komentar