Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Belakang

Fantasy Premier League

by Redaksi 28 28151

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Pemain Belakang

Dengan menambah bujet £0.5 dalam posisi bek, bisa dipastikan akan mendapat jaminan poin dari beberapa nama bek yang mendapat menit bermain secara reguler. Lini pertahanan Brighton Hove & Albion bisa dijadikan pilihan dalam opsi harga £4.5. Duet Shane Duffy dan Lewis Dunk (Brighton Hove & Albion, £4.5) mempunyai catatan sapuan, blok, intersepsi (CBI) terbaik di musim 2017/18. Jika dalam hal membantu menyerang, duet ini hanya mencetak satu gol dalam 55 kali usaha membuat peluang. Namun dalam empat pekan pertama Brighton akan menghadapi Watford, Manchester United, Liverpool, dan Fulham.

Charlie Daniels (Bournemouth, £4.5) mungkin adalah nama yang bisa menarik perhatian di empat gameweek pertama Liga Primer Inggris musim 2018/2019. Meski pada musim lalu anak asuh Eddie Howe hanya mencatatkan enam kali nirbobol, Daniels kerap kali mendapat poin dari hasil usaha menyerangnya. Hanya ada lima pemain bertahan yang sering melakukan sentuhan di sepertiga akhir dibanding Daniels musim lalu. Selain itu, dalam delapan pertandingan awal Bournemouth hanya akan sekali melawan “Big Six” yang mana akan menambah daya tarik Daniels. Daniels juga menjadi bek keempat yang paling banyak dipilih oleh para manajer FPL dari seluruh dunia sampai saat ini dengan kepemilikan 16,5%.

Burnley yang mempunyai catatan pertahanan bagus musim lalu (39 kali kebobolan dan mencatat 12 kali nirbobol) mempunyai jadwal yang bisa dibilang ringan sama seperti Bournemouth di delapan laga pertama Liga Primer Inggris. Kevin Long (Burnley, £4.5) tampaknya cukup menjanjikan jika melihat performanya di musim 2017/18 meski ia hanya sebagai pemain rotasi.

Everton juga mempunyai jadwal menarik di empat gameweek pertama Liga Primer Inggris, dan nama yang tersedia di harga £4.5 dalam skuat Everton adalah Phil Jagielka (Everton, £4.5). Kemungkinan ia akan menjadi andalan di lini pertahanan The Toffess, dan menjadi pilihan yang lebih murah daripada penjaga gawang Jordan Pickford (£5.0). Ashley Williams juga sebenarnya memiliki harga £4.5, tapi ia sudah dipinjamkan ke Stoke City di Divisi Championship meski namanya sempat masih ada di FPL.

Cedric Soares (Southampton, £4.5) mengalami penurunan harga di mana pada musim lalu ia dibanderol £5.0 oleh FPL. Tentunya ia akan menjadi godaan bagi para manajer FPL mengingat bek sayap asal Portugal ini mencatat tiga asis dalam tujuh pertandingan terakhirnya untuk The Saints pada musim lalu. Empat pertandingan awal menjadi salah satu pertimbangan mengapa Cedric bisa menjadi godaan karena Southampton akan menghadapi Burnley, Everton, Leicester City, dan Brighton Hove & Albion

James Tomkins (Crystal Palace, £4.5) mencetak poin tertinggi diantara bek Crystal Palace lainnya di musim 2017/2018 lalu, selain itu ia berhasil mencetak tiga gol. Jadwal yang menarik di empat pertandingan awal dan jaminan posisi reguler bukan tidak mungkin ia bisa menjadi di solusi di lini pertahanan skuat kalian.

Ada tiga bek yang berpotensi out of position musim ini, yaitu Romain Saiss (Wolves, £4.5) yang sering menjadi gelandang bertahan, serta dua bek sayap Watford, Kiko Femenia dan Jose Holebas (Watford, £4.5). Skema Watford di bawah Javi Gracia, setidaknya di pra-musim, menunjukkan jika winger mereka bertipikal cut-inside sehingga sering membuat bek sayap naik. Kedua kesebelasan memiliki jadwal menarik sampai akhir Agustus.

Bek harga menengah (£5.0 sampai £5.5)

Tidak bisa dipungkiri statistik pertahanan yang bagus dari Burnley musim 2017/2018 lalu menyebabkan kenaikan harga bagi Matthew Lowton, Stephen Ward, Ben Mee, dan James Tarkowski (Burnley, semuanya £5.0). Meski di tahun 2018 anak asuh Sean Dyche hanya berhasil mencatat dua kali nirbobol, mereka mempunyai jadwal delapan pekan pertama yang terbaik di musim 2018/19 ini. Namun kalian harus sedikit berhati-hati karena sampai akhir bulan ini Burnley akan memainkan kualifikasi Liga Europa yang bisa saja membuat mereka sibuk dan kelelahan, apalagi jika mereka bisa lolos ke babak grup.

Lima pekan pertama Southampton sebenarnya menarik, tapi nama Ryan Bertrand (Southampton, £5.0) rasanya sayang untuk dipasang di skuat kalian karena opsi Cedric Soares yang harganya lebih murah £0.5.

Jamaal Lascelles (Newcastle United, £5.0) adalah nama yang tampil mengejutkan di musim lalu karena kerap menyumbang poin dan berhasil tampil reguler di bawah asuhan Rafael Benitez. Namun di lima pekan awal musim ini tampaknya harus dihindari terlebih dahulu karena Newcastle akan menghadapi Tottenham Hotspur, Chelsea, Manchester City, dan Arsenal.

Turunnya harga awal Charlie Daniels bukan berarti membuat Nathan Ake (Bournemouth, £5.0) menjadi pilihan populer untuk Bournemouth meskipun mantan pemain Chelsea ini bisa menjadi ancaman lewat gol-gol menit terakhirnya yang terjadi seperti musim 2017/2018 lalu.

Mungkin nama yang paling menarik di banderol harga £5.0 adalah Trent Alexander-Arnold (Liverpool, £5.0) yang dimiliki lebih dari 15% manajer FPL seluruh dunia. Meskipun Nathaniel Clyne (Liverpool, £5.0) kini telah sembuh dari cedera, tampaknya TAA akan menjadi pilihan utama bek kanan Juergen Klopp. Tercatat, Arnold memainkan 10 dari 13 pertandingan liga terakhir yang dijalani Liverpool. Rotasi untuk menjalankan laga Liga Champions tentunya akan menjadi kekhawatiran bagi manajer FPL yang memilikinya.

Hector Bellerin, Nacho Monreal, dan Sokratis Papastathopoulos (Arsenal, £5.5) adalah tiga nama yang bisa jadi opsi dari Arsenal yang layak dipertimbangkan dari GW3 dan seterusnya. Mengingat di dua gameweek awal anak asuh Unai Emery langsung menghadapi Manchester City dan kemudian Chelsea secara berurutan. Nama terakhir menjadi yang paling spekulatif karena ia sok artis baru bermain pertama kali di Liga Primer.

Pasangan bek sayap Everton, Seamus Coleman dan Leighton Baines (Everton, £5.5) menarik untuk dipantau di bawah asuhan manajer baru Marco Silva. Mengingat The Toffees mempunyai jadwal di sembilan pekan pertama yang relatif ringan. Akan tetapi posisi Baines bisa digeser oleh bek kiri anyar mereka yang mempunyai tattoo "You`ll Never Walk Alone" di dadanya: Lucas Digne (Everton, £5.0).

Patrick van Aanholt (Crystal Palace, £5.5) memiliki akhir yang fenomenal di musim 2017/18. Tercatat, lima gol dan satu asis datang dalam sepuluh pekan terakhir musim lalu. Catatan tersebut membuat dirinya mengalami kenaikan harga, namun jika menilik jadwal pertandingan awal Crystal Palace tentunya para manajer FPL akan tergiur untuk memasang mantan pemain Chelsea ini. Jika Van Aanholt dianggap terlalu mahal, kalian bisa memilih Wan-Bissaka dengan harga £4.0 yang diharapkan menjadi pemain reguler di sayap seberang Van Aanholt.

Pemain belakang yang banyak menyentuh bola di kotak penalti dan menciptakan peluang yang lebih banyak dari Van Aanholt, Harry Maguire (Leicester City, £5.5) bisa juga dijadikan pilihan karena ancaman golnya. The Foxes juga mempunyai amunisi pemain belakang baru dengan merekrut Ricardo Perreira dan Jonny Evans dengan harga £0.5 juta lebih murah.

Halaman selanjutnya: bek harga premium

Komentar