Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Penjaga Gawang

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Your personal football analyst. Contributor at Pandit Football Indonesia, head of content at Box2Box Football, podcaster at Footballieur, writer at Tirto.ID, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach... Who cares anyway! @dexglenniza

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2018/19: Penjaga Gawang

Kiper harga menengah (£4.5 sampai £5M)

Penting melihat jadwal pertandingan. Peluang kiper mencatatkan nirbobol biasanya akan meningkat pada pertandingan kandang. Jika kalian memiliki dua kiper yang bergantian bermain kandang, itu sangat bagus. Oleh karena itu, pasangan rotasi pertama yang mendapatkan "kemewahan" itu adalah Lukasz Fabianski (West Ham, £4.5) dan Alex McCarthy atau Fraser Forster (Southampton, £4.5), yang kalau dikombinasikan hanya menghabiskan bujet £9.0.

Sampai 2019, pasangan ini akan selalu mendapatkan giliran kandang dan tandang (saat West Ham bermain kandang, Southampton bermain tandang, dan sebaliknya), yaitu menghadapi liv/BUR, BOU/eve, ars/LEI, WOL/cry, eve/BHA, CHE/liv, MNU/wol, bri/CHE, TOT/bou, lei/NEW, BUR/mci, hud/WAT, MCI/ful, new/MNU, CAR/tot, CRY/car, ful/ARS, WAT/hud, sou/WHU, bur/MCI (laga kandang ditulis dengan huruf besar). Sebenarnya daftar ini semakin panjang lagi sampai Januari 2019 dan seterusnya. Di atas kertas, match-up ini cukup sempurna.

Musim lalu Fabianski berada pada urutan kedua soal penyelamatan dengan 142 kali (di bawah Jack Butland dengan 145 kali) serta selalu bermain dalam 38 pertandingan bersama Swansea City. Ia memang kebobolan 56 kali (terburuk kelima), namun karena banyaknya save yang ia lakukan, ditambah 9 nirbobol, poin FPL-nya berada pada peringkat ketiga di antara semua kiper saat ini (di bawah David De Gea dan Ederson Moraes). Musim ini ia pindah ke West Ham United.

Kalau Fabianski tergolong aman, dilema muncul untuk memilih antara McCarthy atau Forster, atau bahkan Angus Gunn yang juga memiliki harga £4.5. Secara kualitas, keduanya tak beda jauh, meski McCarthy lebih banyak bermain di paruh musim kedua 2017/18. McCarthy mencatatkan 43 penyelamatan sementara Forster 68. Mengacu kepada musim lalu, hanya itu yang bisa kalian harapkan dari Southampton karena The Saints kebobolan 56 kali, 11 di antaranya lewat error (terbanyak kedua).

Ketidakpastian siapa di bawah mistar Southampton membuat kalian sebaiknya mencari pasangan lain. Pasangan lain yang juga menjanjikan adalah West Ham (lagi) dengan Watford, meski di GW4 mereka akan sama-sama bermain kandang: liv/BHA, BOU/bur, ars/CRY, WOL/TOT, eve/MNU, CHE/ful, MNU/ars, bha/BOU. Maka dari itu kalian bisa mempertimbangkan pasangan Fabianski dengan Ben Foster (Watford, £4.5) yang baru didatangkan dari West Bromwich Albion yang terdegradasi.

Foster mencatatkan 101 penyematan (terbaik kesembilan), 10 nirbobol (terbaik ketujuh), tapi kebobolan 56 kali (terburuk keenam) sepanjang musim lalu. Di musim ini, kami merasa Foster akan menjadi pilihan utama Javia Garcia, Manajer The Hornets, dibandingkan dengan Heurelho Gomes dan Pontus Dahlberg yang memiliki harga sama-sama £4.5.

Tidak ada lagi pasangan yang semenjanjikan dua di atas, namun beberapa yang bisa disebutkan adalah (lagi-lagi) West Ham dengan Fulham, Leicester dengan Brighton, dan Spurs dengan Arsenal.

Untuk kiper Fulham, baik Marcus Bettinelli dan Fabri (Fulham, £4.5) berharga sama. Bettinelli adalah kiper utama Fulham musim lalu di Championship dan lebih banyak bermain sejauh ini di pra-musim. Sementara Fabri baru didatangkan Besiktas, di mana ia bermain dalam 34 pertandingan. Kemungkinan Fabri yang akan menjadi pilihan utama Fulham sepanjang 2018/19.

Selanjutnya Mathew Ryan (Brighton, £4.5) juga patut dipertimbangkan, tapi hanya jika ia dipasangkan dengan kiper Leicester. Hal ini karena secara jadwal, Brighton langsung menghadapi Manchester United, Liverpool, dan Spurs di enam gameweek awal. Secara kualitas, Ryan adalah salah satu yang terbaik musim lalu. Kiper Australia ini mencatatkan 125 penyelamatan (terbaik ketiga) dan 146 poin FPL (kiper terbaik kelima).

Berikutnya ada Asmir Begovic (Bournemouth, £4.5) yang mencatatkan 113 penyelamatan (terbaik ketujuh) tapi kebobolan 61 kali (terburuk bersama Butland). Jadwal Bournemouth di awal musim ini sangat menarik setidaknya sampai GW11, namun masalahnya ada pemain yang lebih menarik daripada Begovic di Bournemouth, yaitu Charlie Daniels (bek sayap kiri) yang musim ini harganya hanya £4.0 (ralat £4.5).

Ada dua kesebelasan menengah ke bawah lagi yang secara jadwal cukup oke, yaitu Palace dan Wolves. Kecuali GW2 (LIV), jadwal Palace sampai GW10 cukup menjanjikan, yang membuat Vicente Guaita atau Wayne Hennessey (Palace, £4.5) bisa saja membuat harga mereka meroket sebelum GW10. Rui Patricio (Wolves, £4.5) yang baru didatangkan dari Sporting Lisbon juga memiliki jadwal relatif oke di 10 gameweek pertama kecuali GW3 (MCI) dan GW6 (mnu).

Ada satu kiper yang seharusnya menarik, Jonas Lossl (Huddersfield, £4.5) sudah dipermanenken The Terriers. Kiper Denmark ini mencatatkan 104 saves dan 10 nirbobol, yang membuatnya masuk 10 besar kiper terbaik FPL musim lalu (135 poin). Sayangnya Huddersfield langsung berhadapan dengan Chelsea dan Man City di dua gameweek awal, yang membuat kami menganjurkan kalian untuk tak membeli Lossl dahulu, setidaknya sampai GW3. Namun di GW7 (TOT) dan GW9 (LIV) Lossl juga akan memainkan pertandingan berat, sehingga kalau mau benar-benar aman, Lossl bisa dipantau kembali selepas GW9.

Ada banyak kiper dengan harga £4.5, namun nama-nama di atas kami rasa sudah cukup mewakili mereka-mereka yang patut dimasukkan daftar belanja. Selanjutnya mari beralih ke harga £5.0.

Dari 13 kiper berharga £5.0 sejauh ini, sejujurnya tidak ada yang cukup menggiurkan, kecuali kiper Everton dan Burnley. Jordan Pickford (Everton, £5.0) memiliki jadwal relatif mudah sampai GW6 (ars). Musim lalu ia mencatatkan 10 clean sheet dan 122 penyelamatan (terbaik keempat) yang membuatnya menjadi kiper Tim Nasional Inggris di Piala Dunia 2018. Namun untuk menghemat bujet, kalian bisa meng-unpick Pickford dan beralih ke bek-bek Everton yang berharga murah seperti Ashley Williams atau Phil Jagielka (atau Lucas Digne yang belum masuk FPL).

Untuk Burnley, Nick Pope dan Tom Heaton sama-sama berharga £5.0. Pope menjadi yang paling mentereng dari aksi-aksi penyelamatannya di musim lalu; namun keduanya malah cedera. Sebenarnya masih ada Anders Lindegaard. Tapi ia masih belum juga dimasukkan ke FPL. Jika ia sudah masuk, Lindegaard sangat bisa kalian pertimbangkan. Namun selama itu belum terjadi, silakan berinvestasi kepada bek Burnley.

Petr Cech atau Bernd Leno (Arsenal, £5.0) cukup menarik meski nama terakhir yang kemungkinan akan menjadi kiper utama di bawah Unai Emery. Sayangnya Arsenal akan menghadapi MCI, che, dan WHU pada tiga gameweek awal yang membuat investasi terhadap pertahanan The Gunners sebaiknya kalian tunda sampai GW4 (car).

Jika dipasangkan dengan Mat Ryan (Brighton), Kasper Schmeichel (Leicester, £5.0) patut diteropong. Ia memang akan menghadapi Man United (GW1) dan Liverpool (GW4); itu lah kenapa rotasi dengan Ryan bisa menjadi kunci. Hanya saja, ada kemungkinan kiper Denmark ini pindah, salah satunya ke Chelsea, yang membuatnya belum tentu bermain (jika Thibaut Courtois masih ada di sana).

Selain nama-nama di atas, tidak ada kiper £5.0 yang pantas dipantau lebih jauh di awal FPL ini karena jadwal yang tak bersahabat, contohnya Martin Dubravka (Newcastle), Loris Karius, dan Simon Mognolet (Liverpool). Jadi, mari kita pindah pembahasan ke kiper premium.

Halaman berikutnya: kiper harga premium.

Komentar