Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 38

Fantasy Premier League

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Penyerang Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 38

Meski Liga Primer Inggris sudah memiliki juara dan akan memainkan pekan pertandingan terakhirnya di gameweek 38 ini, perburuan gelar top skor masih terus berlanjut. Bagi kalian yang memiliki Harry Kane, khusus GW38 ini kami tak memasukkan namanya. Namun, bukan berarti ia tidak diunggulkan. Hanya, jika kita melihat statistik pribadi maupun kesebelasan Tottenham Hotspur dalam beberapa gameweek terakhir, ternyata ada nama-nama yang lebih diunggulkan daripada Kane.

Tersingkirnya Kane dari tim unggulan GW38 bukan berarti jika kalian punya Kane lantas dijual saja. Jika memang tak memiliki rencana lain yang perlu menguras bujet di gameweek terakhir ini, ada baiknya kalian tetap memainkan Kane.

Satu dari tiga nama penyerang yang kami anggap memiliki kemungkinan mendulang poin yang lebih besar daripada Kane untuk GW38 adalah Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal, £10.7). Dalam empat gameweek terakhir, penyerang asal Gabon ini unggul atas Kane dalam hal jumlah sentuhan di dalam kotak penalti (34, terbaik di antara para penyerang), big chance (5, terbaik kedua), dan chances created (6, terbaik ketiga). Sementara angka tembakan on target (6, terbaik ketiga) dan golnya (3, terbaik kedua) sama banyaknya dengan Kane.

Walau demikian, Aubameyang masih kalah daripada Kane soal total tembakan (13, terbaik keempat). Di pertandingan terakhir Arsenal bersama Arsene Wenger, Aubameyang sepertinya ingin memberikan persembahan terakhir untuk manajer asal Prancis tersebut. Di pekan terakhir ini, The Gunners akan bertandang ke kandang Huddersfield Town yang sudah memastikan diri bertahan di Liga Primer.

Penyerang berikutnya yang kami anggap bisa lebih baik daripada Kane di pekan terakhir ini adalah Olivier Giroud (Chelsea, £8.3). Mantan penyerang Arsenal ini sebenarnya bisa saja masuk ke spekulatif (kepemilikan hanya 3%) yang bisa menjadi faktor pembeda bagi tim fantasi kalian di GW38. Di rentang waktu empat gameweek terakhir, penyerang asal Prancis ini mencatatkan 32 senutuhan di kotak penalti lawan (terbaik kedua), mencetak 3 gol (terbaik kedua bersama Kane, Aubameyang, dan Gabriel Jesus), 7 chances created (terbaik kedua), dan 4 tembakan sundulan (terbaik kedua).

Pada pekan terakhir ini, Chelsea akan menghadapi tuan rumah Newcastle United. Chelsea diprediksi tampil lebih ngotot karena masih mengejar jatah lolos ke Liga Champions UEFA sambil berharap Spurs dan/atau Liverpool terpeleset. Newcastle sendiri sudah kebobolan 6 kali, ditembak 55 kali, dengan 21 di antaranya tepat sasaran, serta 11 big chance (terburuk ketiga) dalam empat gameweek terakhir.

Nama terakhir yang kami rekomendasikan sebagai penyerang unggulan di FPL 2017/18 (hiks) adalah Roberto Firmino (Liverpool, £9.4). Firmino mencatatkan 23 sentuhan di kotak penalti lawan dalam empat gameweek terakhir. Keraguan dalam memilih Firmino di GW38 ini mungkin hanya karena ada Mohamed Salah yang sedang mempertahankan posisinya sebagai top skor. Pada situasi-situasi tertentu, Salah mungkin akan lebih "didahulukan", misalnya pada sepakan penalti.

Mengesampingkan hal di atas, Liverpool akan menghadapi tamunya, Brighton & Hove Albion, yang juga sudah memastikan bertahan di Liga Primer untuk musim depan. Liverpool masih mengejar posisi empat besar. Mereka bisa saja menyalip Spurs di peringkat ketiga atau bahkan tersalip Chelsea di peringkat kelima. Brighton yang merasa sudah aman bisa saja terlena, apalagi dalam empat gameweek terakhir Brighton sudah kebobolan 7 kali (terburuk keenam), ditembak 76 kali (terburuk kedua), dan dengan 27-nya tepat sasaran (terburuk ketiga).

***

Masih ada juga kesempatan terakhir untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW38:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 11 Mei 2018.

Komentar