Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Fantasy Premier League

by Mayda Ersa Pratama

Mayda Ersa Pratama

Design & Multimedia @panditfootball | @PanditFPL Scout

Kiper dan Bek Unggulan FPL PanditFootball: Gameweek 30

Liga Primer tinggal menyisakan sembilan pertandingan lagi. Bagi para manajer FPL tentu akan semakin sibuk untuk memilih pemain karena butuh perhitungan yang cermat untuk memperbaiki peringkat ataupun menjauhkan poin dari kejaran kompetitor di liga internal masing-masing.

Untuk itu, kami akan mencoba kembali merekomendasikan beberapa pemain yang tampaknya akan berprestasi di GW30 ini. Sekadar memberi tahu, catatan statistik yang kami gunakan di setiap pemain adalah berdasarkan dari penampilan di empat gameweek terakhir (ditandai dengan*).

Dimulai dari kiper, Ederson Moraes (Manchester City, £5.6) yang akan bertandang ke markas Stoke City bisa dijadikan sebagai pilihan. Pertahanan The Citizens kembali tampil solid dengan mencatat nirbobol kala menghadapi duo London (Arsenal dan Chelsea) di dua pertandingan terakhir Liga Primer. Dua lawan yang rasanya bukan lawan yang main-main bagi anak asuh Pep Guardiola.Meski tampil di kandang Stoke City di GW30 ini, Ederson dkk masih berpeluang untuk mencatat nirbobol ketiga secara berturut-turut. Pasalnya Stoke belum menang di lima pertandingan terakhir di liga (empat kali seri dan satu kali kalah). Alasan lain kenapa Man City berpeluang untuk nirbobol adalah Stoke tercatat sebagai salah satu kesebelasan yang jarang melakukan percobaan tembakan (10 kali tembakan tepat sasaran)*. Dengan catatan tersebut, rasanya lini serang Stoke akan mengalami kesulitan untuk membongkar lini pertahanan City mengingat anak asuh Pep selalu dominan dalam hal penguasaan bola.

Beralih ke bek, Harry Maguire (Leicester City, £5.5) mungkin kurang meyakinkan seperti nama-nama bek premium lainnya. Akan tetapi, bung, usut punya usut, jika dilihat dari angka statistik dan calon lawan yang akan dihadapi di GW30 ini, Maguire berpeluang meraih prestasi. Pertama, berbicara statistik terlebih dahulu, Maguire tercatat sebagai bek yang paling sering melakukan percobaan tembakan dengan catatan 10 kali usaha (sembilan di antaranya di dalam kotak penalti lawan)*. Hal tersebut menandakan bahwa mantan pemain Hull City ini aktif membantu lini serang The Foxes. Alasan kedua dari faktor lawan, West Bromwich Albion mengalami lima kali kekalahan di lima pertandingan terakhirnya. Selain itu, The Baggies tercatat sebagai kesebelasan yang paling “cupu” dalam hal penyerangan. Bagaimana tidak? Mereka hanya melepaskan sembilan kali tembakan tepat sasaran dan butuh waktu 10.6 menit untuk membuat satu peluang*. Meski akan bermain tandang, Maguire berpeluang meraih poin maksimal bisa dari poin nirbobol, bisa juga dari poin menyerangnya. Ya... yaa... bisa jadi...

Victor Moses (Chelsea, £6.4) bisa menjadi pertimbangan jika kalian bingung mencari bek dengan harga premium. Pada GW30 ini, Chelsea akan menghadapi Crystal Palace dalam Derbi London di Stamford Bridge. Kemenangan pastinya diincar Antonio Conte untuk modal menghadapi Barcelona di leg kedua babak 16 besar Liga Champions UEFA nanti sekaligus pelipur lara setelah kalah dari Man City akhir pekan lalu. Selain faktor lawan yang belum pernah menang di enam pertandingan terakhirnya, angka statistik yang dimiliki Moses membuat kami tergoda untuk merekomendasikannya. Moses berhasil mencatat 15 kali sentuhan di kotak penalti lawan dan melakukan enam kali percobaan tembakan* yang mana angka tersebut mengungguli rekan setimnya, Marcos Alonso. Jika kalian sudah memiliki Alonso, ya sudah di-keep saja, jangan pusing setelah tahu catatan statistik ini. Intinya, Chelsea mempunyai kans untuk memenangkan pertandingan di GW30 ini.

Aaron Cresswell (West Ham United, £5.1) adalah nama yang masih kami percayai untuk mengisi satu slot tersisa di lini pertahanan GW30 ini. Ya, kami tahu Cresswell gagal nirbobol di dua pertandingan terakhirnya, dibantai dengan skor yang sama pula (4-1 vs Liverpool dan Swansea). Tapi perlu diingat, di pekan lalu ia berhasil mencetak asis yang membuat kalian sedikit senyum mengingat Cresswell kami rekomendasikan di GW29. Pada pekan ke-30 ini, West Ham akan kembali bermain di London Stadium menghadapi Burnley. Meski anak asuh Sean Dyche berhasil melakukan comeback kala menghadapi Everton, hasil tersebut dirasa masih kurang ketika bertandang ke markas The Hammers nanti. Pasalnya, Burnley belum meraih kemenangan di enam pertandingan tandang terakhirnya. West Ham sendiri belum kalah di empat pertandingan kandang terakhirnya. Menghadapi Burnley yang mempunyai tipikal bermain bertahan, kiranya Cresswell berpeluang untuk meraih asis ke tujuhnya musim ini karena pemain berusia 28 tahun ini seringkali naik untuk membantu menyerang (17 kali usaha umpan silang)*.

Jika kalian sudah senang dengan pemain-pemain bertahan yang kalian miliki atau dari yang kami rekomendasikan, sekadar mengingatkan jika di GW31 nanti, satu gameweek setelah ini, hanya akan ada empat pertandingan (8 kesebelasan) yang bermain. Artinya, jika kalian mau membeli pemain lain selain nama-nama di atas, ada baiknya pertimbangkan pemain-pemain dari kesebelasan yang akan bermain di GW31. (Baca selengkapnya: Siap-siap Blank Gameweek!)

***

Masih ada juga kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan mengikuti Liga FPL PanditFootball.com klik di sini.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW30:

Salam panah hijau dan semoga mendapatkan poin di atas rata-rata.

Harga pemain, angka kepemilikan, dan status pemain akurat per 9 Maret 2018.

Komentar