Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 16

Fantasy Premier League

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Analisis Jadwal dan Para Pemain Unggulan FPL PanditFootball Gameweek 16

Setelah memainkan jadwal yang padat di gameweek (pekan pertandingan) 14 dan 15, para kesebelasan Liga Primer Inggris kembali akan bertanding akhir pekan ini pada GW16. Namun, beberapa kesebelasan seperti Man City, Man United, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Everton mendapatkan ekstra pertandingan di tengah pekan dari Liga Champion dan Liga Europa UEFA.

Rotasi pemain nampaknya masih akan di lakukan oleh para pelatih melihat tengah pekan yang akan datang, semua kesebelasan akan kembali disibukkan dengan GW17. Berikut analisis pertandingan-pertandingan di GW16.

West Ham United vs Chelsea
Sabtu, 19:30 WIB – beIN Sports 2

West Ham belum bisa kembali merasakan kemenangan di Liga Primer setelah terakhir mereka mampu menang di GW7 akhir September lalu. Di GW16 ini nampaknya akan sulit bagi West Ham untuk meraih kemenangan melihat lawan yang akan dihadapi adalah Chelsea yang tidak terkalahkan di 9 laga terakhirnya di Liga Inggris. Catatan kandang West Ham pun tidak cukup baik dengan hanya menang dua kali dari enam kali main dan mencetak tujuh gol serta kemasukan 11 gol. Sementara Chelsea ketika bermain tandang meraih lima kemenangan dan dua hasil kalah. Eden Hazard dan Alvaro Morata akan kembali menjadi andalan apabila tidak dirotasi oleh Antonio Conte pasca Liga Champions. Adrian yang tampil baik ketika menggantikan Joe Hart melawan Man City berpotensi kembali bermain dan bisa menghasilkan banyak saves.

Monitor: Hazard, Morata, Adrian, Ogbonna, Cresswell

Burnley vs Watford
Sabtu, 22:00 WIB – beIN Sports 3

Pertandingan kandang terakhir Burnley adalah kekalahan 1-0 dari Arsenal di menit akhir. Namun, catatan bermain kandang Burnley pun bisa dibilang baik karena mereka hanya kalah dua kali dari tujuh kali main dan hanya kemasukan tiga gol. Melihat catatan itu, menjadi tantangan tersendiri bagi Watford apabila ingin mencuri poin di kandang Burnley. Namun, apabila melihat catatan Watford ketika bermain tandang nampaknya anak asuhan Marco Silva akan bisa mencuri poin. Tujuh kali bermain tandang mereka mampu menang 4 kali dan mencetak 15 gol. Lini pertahanan Burnley yang bisa di bilang termasuk terbaik akan menghadapi produktivitas lini depan Watford yang sangat produktif ketika bermain tandang. Nick Pope, Ben Mee, dan Stephen Ward akan berusaha menahan serangan Watford di mana di sana ada nama Richarlison, Abdoulaye Doucouré, dan Andre Gray. Potensi saling mencetak gol akan terjadi pertandingan ini.

Monitor: Richarlison, Pope, Mee, Doucouré, Gray, Ward

Crystal Palace vs Bournemouth
Sabtu, 22:00 WIB

Roy Hodgson nampaknya sudah menemukan komposisi pemain yang tepat bagi Crystal Palace. Terbukti dari enam pertandingan terakhir mereka hanya kalah satu kali. Sementara Bournemouth pada enam pertandingan terakhir mampu menang dua kali, seri dua kali, dan dua kali kalah, membuktikan bahwa Bournemouth merupakan tim yang inkonsisten dalam penampilannya. Melihat catatan Bournemouth ini, Palace bisa saja menang di akhir laga namun dengan catatan mereka harus bisa memanfaatkan setiap peluang yang didapat untuk mencetak gol ke gawang Asmir Begovic yang tampil cukup baik di empat pertandingan terakhir dengan mencatatkan 8 penyelamatan dan dua nirbobol.

Monitor: Zaha, Loftus-Cheek, Benteke, Daniels, Begovic, King, Surman

Huddersfield Town vs Brighton
Sabtu, 22:00 WIB

Huddersfield tidak meraih satu poin pun dari empat pertandingan terakhir mereka dan sementara terlempar ke posisi ke-15 di tabel klasemen. Sementara Brighton hanya mampu meraih 1 poin dari empat pertandingan terakhir mereka. Kedua kesebelasan yang baru promosi ini memang mampu memberi kejutan di awal musim namun penampilan keduanya langsung merosot di pertengahan paruh musim ini. Pertemuan keduanya tentu akan menarik dan akan menjadi pembuktian siapa yang lebih baik. Brigthon berpeluang mencuri poin di kandang Huddersfield, melihat pertahanan Huddersfield yang tidak baik karena dalam empat GW terakhir kemasukan 11 gol. Aaron Mooy, Pascal Gross, dan Glenn Murray menjadi nama-nama yang berpotensi memberikan poin untuk kedua kesebelasan.

Monitor: Mooy, Gross, Murray

Swansea City vs West Bromwich Albion
Sabtu, 22:00 WIB

Hadirnya Wilfried Bony yang baru sembuh dari cedera membuat seorang Tammy Abraham memiliki tandem dan berpotensi membawa Swansea merasakan kemenangan setelah di tujuh pertandingan terakhir tidak meraih kemenangan. Sementara West Brom yang baru ditangani oleh Alan Pardew di pertandingan terakhir meraih hasil imbang, menambah catatan tiga pertandingan West Brom yang selalu meraih imbang. Kemenangan rasanya bisa menjadi milik Swansea melihat dari tiga pertemuan terakhir Swansea selalu mampu mengalahkan West Brom apabila bermain di depan para pendukungnya. Namun, lini pertahanan West Brom yang cukup kuat di mana ada nama Ahmed Hegazi, Jonathan Evans, dan Benjamin Foster bisa kembali membawa West Brom mencuri satu poin.

Monitor: Bony, Abraham, Hegazi, Rondon, Foster

Tottenham Hotspur vs Stoke City
Sabtu, 22:00 WIB – beIN Sports 1

Tottenham Hotspur sedang mengalami penurunan performa di enam gameweek terakhir. Mereka hanya mampu menang satu kali saja sehingga membuat Spurs harus berada di peringkat kelima. Menghadapi Stoke City di Wembley, Stoke memiliki catatan buruk ketika bermain tandang. Mereka hanya mampu menang satu kali dari 7 kali bermain tandang apalagi ketika menghadapi Spurs di pertemuan terakhir mereka kalah 0-4. Spurs berpotensi mampu menang namun dengan catatan Stoke akan mampu mencetak gol melihat lini belakang Spurs yang selalu kemasukan di empat pertandingan terakhir di liga.

Monitor: Kane, Eriksen, Shaqiri, Trippier, Vertonghen

Newcastle United vs Leicester City
Minggu, 00:30 – beIN Sports 1, RCTI

Newcastle sudahmengalami lima kekalahan dari enam pertandingan terakhir. Di GW16 mereka pun rasanya cukup sulit untuk menang melihat lawan yang akan dihadapi adalah Leicester yang hanya mengalami 1 kekalahan dari enam pertandingan terakhir di Liga Primer dan mencetak 8 gol. Terakhir bertemu dengan Leicester di St. James Park pun, Newcastle kalah telak 0-3. Kembalinya Matt Ritchie mungkin bisa menambah sedikit daya kekuatan Newcastle dalam menyerang, tapi pertahanan Leicester yang kuat dan kembali tajamnya Riyad Mahrez dan Jamie Vardy bisa jadi kunci kemenangan The Foxes.

Monitor: Ricthie, Vardy, Mahrez

Southampton vs Arsenal
Minggu, 19:00 WIB – beIN Sports 1

Southampton hanya menang sekali dari enam pertandingan terakhir di liga. Namun dalam mencetak gol, Southampton cukup baik dengan mampu mencetak 7 gol, meski lini pertahanan mereka terbilang rapuh karena kemasukan 9 gol. Menghadapi Arsenal nampaknya cukup sulit melihat Arsenal mengincar kemenangan kembali setelah rekor catatan 10 pertandingan tak terkalahkan kandas setelah di GW15 kemarin kalah dari Man United 1-3 di Emirates Stadium. Alexandre Lacazette, Mesut Ozil, dan Alexis Sanchez menjadi pemain andalan di lini depan untuk membongkar pertahanan Soton yang dikawal Ryan Bertrand dan kawan kawan. Charlie Austin yang tampil gemilang di tiga pertandingan terakhir berpotensi menjadi ujung tombak untuk mencetak gol ke gawang Arsenal.

Monitor: Ozil, Sanchez, Lacazette, Bertrand, Austin

Liverpool vs Everton
Minggu, 21.15 – beIN Sports 1, MNCTV

Quartet Roberto Firmino, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Philippe Coutinho sedang dalam penampilan terbaik setelah di GW15 mampu menghancurkan Brighton 5-1 dan Spartak Moscow di Liga Champions dengan skor 7-0. Everton harus waspada dengan penampilan empat pemain ini. Mampu menang ketika menghadapi West Ham dan Huddersfield menjadi modal Everton menghadapi Derbi Merseyside. Namun, melihat sejarah pertemuan kedua kesebelasan ini, Everton telah gagal memenangkan 14 pertemuan terakhir dan tidak pernah menang ketika bermain di Anfield. Melihat catatan itu membuat Liverpool cukup diunggulkan apalagi melihat penampilan anak-anak asuhan Jurgen Klopp yang sedang on fire. Kedua kesebelasan akan cukup banyak mencetak gol melihat di empat gameweek terkahir, Liverpool mencetak 12 gol dan Everton 9 gol.

Monitor: Salah, Mane, Coutinho, Firmino, Sigurdsson, Rooney, Calvert-Lewin, Niasse

Manchester United vs Manchester City
Minggu, 23:30 WIB – beIN Sports 1, RCTI

Laga Derbi Manchester di akhir pekan ini akan cukup menarik. Man United yang merupakan kesebelasan dengan kemasukan gol paling sedikit akan menghadapi Man City yang merupakan kesebelasan dengan gol terbanyak hingga GW15. United berada di peringkat pertama dalam hal nirbobol dengan 9 kali sementara Man City di peringkat kedua dengan 7 nirbobol. Jumlah gol City yang paling banyak hingga GW15 terbukti dari banyaknya sentuhan para pemain City di dalam kotak penalti, tercatat 564 sentuhan dan merupakan terbanyak sementara United tercatat melakukan 374 sentuhan di dalam kotak penalti. Lalu melihat rata-rata dalam mencetak peluang City pun unggul dari United dengan melakukan peluang setiap 5,3 menit sementara United hanya 6,7 menit. Melihat catatan itu, Man City sebenarnya diunggulkan untuk menang, namun lini pertahanan United yang sangat baik musim ini akan menjadi kunci apalagi melihat David De Gea yang baru saja mencatatkan rekor saves terbanyak ketika melawan Arsenal di GW15. Catatan kandang United pun sangat baik, tujuh kali menang dan hanya kemasukan 1 gol saja. Jadi, pertandingan ini berpotensi saling balas gol melihat kedua kesebelasan merupakan kesebelasan dengan torehan gol terbanyak.

Monitor: De Bruyne, Lukaku, Aguero, Lingard, Sane, Young, Sterling, De Gea, Jesus

***

Demikian prediksi pertandingan-pertandingan di GW16. Semoga dapat dipakai untuk menyeleksi pemain dari kesebelasan-kesebelasan yang potensial.

Berikut rekapitulasi artikel tim unggulan dari PanditFootball untuk GW16:

Sementara itu , seperti biasanya, kami telah melakukan poling untuk kapten di GW16. Berikut adalah hasilnya.

Salam Panah Hijau!

Komentar