Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Pemain Bertahan

Fantasy Premier League

by Redaksi 28

Redaksi 28

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Pemain Bertahan

Bek harga premium (£6.0 dan seterusnya)

Melihat dari jadwal awal liga, Antonio Valencia (Man United, £6.5) layak untuk masuk radar. Pemain Ekuador ini hanya akan bertemu satu kesebelasan dari enam besar tahun lalu di 9 GW awal liga. Di musim lalu, Valencia berhasil mengirimkan 41 umpan silang dan menciptakan 31 operan kunci.

Beralih ke Manchester biru, Vincent Kompany (Man City, £6.0) bisa menjadi opsi apabila ia bisa bermain konsisten dan terhindar dari cedera. Di tujuh pertandingan akhir musim kemarin, Kompany mampu menampilkan performa ciamik setelah sembuh dari cedera. Pemain asal Belgia ini berhasil tampil reguler dengan mencetak 3 gol dan mendapat bonus poin berkat torehan 4 pertandingan tanpa kebobolan.

Rekrutan baru Pep Guardiola, Kyle Walker (Man City, £6.5) layak menjadi pilihan apabila kamu ragu untuk mengambil Kompany. Dalam pra-musim, Walker dipasang oleh Pep sebagai wing-back. Bukan tidak mungkin pemain baru Man City ini akan menorehkan asis lebih banyak dari musim lalu yang berjumlah 6 asis. Tapi kita harus ingat, City juga mendatangkan Danilo yang bisa saja mengancam posisi Walker.

Dengan perginya Walker ke kota Manchester, sedikit mengurangi ketertarikan terhadap Jan Vertonghen dan Toby Alderweireld (keduanya: Spurs, £6.0) bersama Danny Rose (Spurs, £6.5) yang masih diragukan tampil di musim ini akibat cedera lutut yang dialaminya. Meski begitu, Spurs tercatat sebagai kesebelasan yang paling sedikit kebobolan pada musim lalu (26 gol) dan berhasil mencatat 17 kali nirbobol. Pertahanan kesebelasan London Utara ini patut dipertimbangkan dalam mengarungi musim ini.

Beralih ke kesebelasan London utara lainnya, Laurent Koscielny, Hector Bellerin, dan Sead Kolasinac (ketiganya: Arsenal, £6.0) mempunyai harga yang sama. Bellerin masih menjadi pilihan para manajer dengan angka kepemilikan di atas 13%. Di musim lalu, Bellerin berhasil mencetak 1 gol dan 5 asis bagi “Meriam London”. Kemudian rekrutan anyar, Kolasinac, menunjukan penampilan impresif bersama Arsenal dalam pra-musim ini. Kontribusinya terlihat pada saat Emirates Cup 2017, dia berhasil membuat 1 asis dan terlibat dalam proses 3 gol Arsenal ke gawang Benfica. Terbaru, Kolasinac berhasil mencetak gol ke gawang Chelsea pada ajang Community Shield semalam melalui sundulan dan membantu meraih gelar pertamanya bersama Arsenal.

Masih di London, semua pemain belakang Chelsea terhitung sebagai bek premium. Marcos Alonso (Chelsea, £7.0) menjadi bek termahal dalam FPL musim ini, lebih dari 14% para manajer memilih pemain ini. Pada musim lalu, ia berhasil mencetak 6 gol dan 5 asis. Mantan pemain Fiorentina ini membuat 46 kali tembakan, 25 kali peluang di dalam kotak penalti, dan 16 kali tembakan tepat sasaran. Rata-rata Alonso mengumpulkan 5,7 poin per pertandingan pada musim lalu. Mungkin alasan ini yang membuat para manajer FPL masih mempercayai Alonso bakal bersinar kembali musim ini.

Selain Alonso, ada Cesar Azpilicueta (Chelsea, £6.5) yang bisa menjadi pemain potensial, kemudian Gary Cahill (Chelsea, £6.5) yang berhasil mencetak 6 gol musim lalu, serta Victor Moses (Chelsea, £6.5) yang musim ini terdaftar sebagai pemain belakang juga bisa menjadi pertimbangan. Sementara itu, David Luiz (Chelsea, £6.0) menjadi pemain belakang yang populer di FPL dengan angka kepemilikan di atas 22%.

Pemain baru, Antonio Rudiger (Chelsea, £6.0), juga layak masuk radar apabila Antonio Conte sering melakukan rotasi pada lini belakang Chelsea yang notabene pada musim ini mengikuti Liga Champions.

Terdaftarnya James Milner (Liverpool, £6.5) sebagai bek, bisa dipertimbangkan apabila melihat kontribusinya pada musim lalu. Milner mempunyai tugas utama sebagai penendang penalti Liverpool, 7 gol ia cetak melalui titik putih, ditambah 4 asis juga ia ciptakan musim lalu. Hanya sekali ia gagal mengeksekusi penalti kala tendangannya dimentahkan oleh kiper Southampton, Fraser Forster. Namun sepertinya Milner akan terkena rotasi Juergen Klopp apabila Liverpool berhasil menembus Liga Champions pada musim ini.

Beralih ke rival sekota, Leighton Baines (Everton, £6.0) akan menjadi andalan untuk penembak bola mati bagi Everton. Tetapi, anak asuhan Koeman ini memiliki jadwal yang berat di lima laga awal. Sepertinya kamu butuh bersemedi dahulu agar mendapat pencerahan jika kamu banyak mengambil pemain Everton pada awal FPL.

***

Berikut hasil polling pemilihan bek oleh para manajer FPL di akun Twitter @PanditFPL:

Seperti kutipan yang sudah terkenal: penyerangan memenangkan pertandingan, tapi pertahanan memenangkan kejuaraan. Begitu juga di FPL, pemain bertahan menjadi fondasi yang menentukan kuat atau tidaknya tim fantasi kita. Salam panah hijau!

Komentar