Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penjaga Gawang

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penjaga Gawang

Kiper harga menengah (£4.5 - £5M)

Pasangan rotasi pertama adalah Matthew Ryan (Huddersfield, £4.5) dan Jonas Lossl (Huddersfield, £4.5). Di enam gameweek pertama, pasangan ini akan menghadapi MCI/cry, lei/NEW, wat/SOT, WBA/whu, bou/LEI, NEW/bur (laga kandang ditulis dengan huruf besar), di atas kertas cukup untuk mendapat penampilan yang baik di awal musim.

Musim lalu, Lossl bermain dalam 27 pertandingan bersama Mainz, kebobolan 46 kali dan hanya membuat 5 nirbobol. Ditambah faktor kedatangan dengan status pinjaman membuat kepastian sebagai penjaga gawang utama masih bisa berubah. Sementara Ryan yang memecahkan rekor transfer Brighton berbekal 23 kali membela Valencia di La Liga dengan membuat 7 nirbobol dan 28 kali kebobolan. Ditambah lagi, dengan pengalaman bermain di ajang Eropa bersama Valencia, Club Brugge, dan KRC Genk, membuat Ryan lebih diandalkan daripada Lossl.

Pertimbangan dari data kesebelasan, Brighton sendiri mempunyai rekor pertahanan yang lebih baik daripada Huddersfield. Musim lalu, “Si Burung Camar” membuat 21 nirbobol dengan 12 di antaranya di kandang. Huddersfield hanya membuat 12 nirbobol, enam di kandang.

Pasangan kedua adalah Ben Foster (West Brom, £4.5) dan Lukasz Fabianski (Swansea, 4.5). Jadwal yang akan dimainkan di enam gameweek pertama adalah cukup prospektif kecuali pada GW2.

Musim lalu, Fabianski mencatatkan 8 nirbobol, 8 bonus poin, dan total 116 poin. Namun jangan lupakan bahwa Fabianski mempunyai rekor kebobolan terbanyak musim lalu, 69 gol. Bisa jadi hal itu membuat Foster yang membuat 6 nirbobol dan total 113 poin menjadi pilihan yang lebih populer.

Pasangan ketiga adalah Palace dan Stoke City, yang akan memberi kita jadwal HUD/eve, liv/ARS, SWA/wba, bur/MUN, SOU/new, mci/CHE. Jadwal awal yang kurang menarik dibandingkan dua pasangan sebelumnya, tapi keduanya perlu kita pantau juga. Wayne Hennessey (Palace, £4.5M) memantapkan posisinya di bawah mistar gawang Palace menggantikan Steve Mandanda yang tampil di bawah ekspektasi. Dalam 29 kali penampilan sebagai starter, ia berhasil membuat 7 nirbobol untuk mengumpulkan total poin 92. Tapi kita juga harus memantau sistem pertahanan yang akan diterapkan manajer baru mereka, Frank de Boer.

Sementara dari Stoke, persaingan yang menjadi nomor satu masih terbuka. Lee Grant (Stoke, £4.5) yang musim lalu muncul dengan bandrol £4.0 menorehkan rekor gemilang dalam 28 penampilannya: 9 nirbobol dan 9 bonus poin (terbanyak di kalangan kiper berharga £4.5 musim ini). Pesaingnya adalah Jack Butland (Stoke, £5.0) yang ketika itu digantikan Grant karena menderita cedera engkel saat membela tim nasional Inggris. Butland sendiri sudah menyatakan akan berjuang untuk posisi kiper utama Stoke. Dengan ketidakpastian kiper utamanya, jadwal yang kurang bagus, ditambah harga Butland yang cukup mahal, nampaknya duet Palace-Stoke dapat kita taruh di urutan bawah.

Kedatangan Asmir Begovic (Bournemouth, £4.5) ke Bournemouth tentu saja bukan sekadar nostalgia (pernah dipinjamkan ke The Cherries pada 2007), tapi untuk mengancam posisi pemain berinisial AB lainnya, Artur Boruc (Bournemouth, £4.5), yang musim lalu tampil 35 kali, kebobolan 63 gol, mencetak 9 nirbobol, menyelamatkan 2 penalti, dan total 120 poin (terbanyak di kalangan kiper berbandrol £4.5 musim ini). Begovic tentu didatangkan untuk mengurangi jumlah kobobolan Bournemouth. Kita tentu masih ingat ketangguhan Begovic saat tampil berseragam Stoke, yang menjadi alasan Chelsea membelinya. Jangan lupakan juga barisan pertahanan Bournemouth yang agresif, dapat membuat potensi nirbobol pemain homegrown Inggris ini menurun, atau bahkan memperbanyak jumlah penyelamatan dan bonus.

Dengan bandrol £4.5, Nama Joe Hart (West Ham, £4.5) sangat menggoda untuk direkrut. Namun Adrian (West Ham, £4.5) yang musim lalu berbagi menit bermain dengan Darren Randolph (sekarang sudah di Middlesbrough) pun sudah menyatakan tekadnya untuk bersaing jadi nomor satu. Catatan statistik Hart saat di masa pengasingan juga tidak terlalu impresif. Dari 37 penampilan bersama Torino, Hart hanya membuat 5 nirbobol dan kebobolan 64 kali (1,72 kebobolan per laga).

Walau hanya membuat 7 nirbobol dan kebobolan 64 gol musim lalu, namun kedatangan manajer baru membuat potensi Heurelho Gomes (Watford, £ 4.5) layak untuk masuk radar. Marco Silva memang gagal menyelamatkan Hull dari degradasi, namun kita tentu ingat di awal kedatangannya dia berhasil membuat Hull menahan seri United tanpa gol di Old Trafford dan mengalahkan Liverpool juga tanpa kebobolan.

Dari Goodison Park, posisi Joel Robles (Everton, £4.5) yang berbagi menit bermain dengan Maarten Stekelenburg (Everton, £4.5) sangat terancam oleh kehadiran Jordan Pickford (Everton, £5.0) sebagai kiper Britania Raya termahal atau nomor tiga termahal sedunia. Walau Stekelenburg masih dimainkan di Liga Europa, namun harga £25 juta benar-benar menunjukkan kepercayaan Koeman pada potensi Pickford sebagai kiper utama. Pickford mengemas 141 penyelamatan dari 29 penampilan, hanya selisih satu oleh Heaton (142) dari 35 laga. 141 penyelamatan jika di konversi langsung ke poin FPL berarti setara dengan 47 poin.

Potensi mencetak nirbobol juga sangat baik jika menilik catatan musim pertama Koeman di Everton yang mendaftarkan 13 nirbobol, serta penambahan Michael Keane di lini pertahanannya. Namun hati-hati, Pickford harus menghadapi City, Chelsea, Spurs, dan United di lima laga pertamanya.

Jika kamu bersedia mengeluarkan budget £10.0 untuk pasangan kiper, Pickford dapat dipasangkan dengan Simon Mignolet (Liverpool, £5.0). Keduanya secara umum akan bergantian bermain di kandang sepanjang musim. Simon Mignolet sendiri belakangan tampil lebih tangguh dan percaya diri, menghasilkan lima nirbobol dari enam laga terakhir Liga Primer musim lalu. Jika benar Klopp mendatangkan Virgil van Dijk, niscaya Mignolet akan mencatat lebih banyak nirbobol. Tapi kita harus memikirkan lagi, memasang Mignolet berarti kita harus tahan dari godaan dari “Trio Sakit Kepala + 1” (dengan penambahan Mohamed Salah) yang bisa saja menjadi “Kuartet Sakit Kepala”, karena selanjutnya kita hanya bisa memasang dua dari mereka.

Walau sedikit kecewa ada kenaikan harga pada Tom Heaton (Burnley, £5.0), hal itu tidak memupuskan kepercayaan kami pada kiper dengan skor terbanyak di FPL musim lalu ini. Catatan 10 nirbobol, 21 bonus poin, serta 142 penyelamatan (terbanyak di liga) mungkin agak tergantung pada apakah Burnley dapat menemukan pengganti Michael Keane yang sepadan.

Hanya ada dua kiper yang tampil penuh sepanjang Liga Primer bergulir, yakni Foster dan Fraser Forster (Southampton, £5.0). Nama terakhir mengemas 14 nirbobol bersama Southampton. Catatan ini bisa jadi bertambah dengan kehadiran Mauricio Pellegrino yang musim lalu punya catatan bertahan yang bagus bersama Alaves. Selain itu, faktor jadwal cukup mendukung. Dalam 10 laga pertama, Soton hanya akan menghadapi United, dan sisanya adalah kesebelasan yang musim lalu finis di urutan 9 ke bawah.

Kiper utama berbandrol £5.0 terakhir adalah Kasper Schmeichel yang musim lalu gagal mengulangi penampilannya saat menjadi juara Premier League dengan hanya membukukan 8 nirbobol dan kebobolan 47 kali musim lalu. Jangan lupakan Jadwal rotasi Leicester City dengan Newcastle yang memungkinkan menduetkan Schmeichel bersama Rob Elliot (jika dipercaya jadi kiper utama).

Halaman berikutnya: kiper harga premium.

Komentar