Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penjaga Gawang

Fantasy Premier League

by Yudha Asmara

Yudha Asmara

Hooligans12th x PanditFootball.

Analisis dan Daftar Belanja FPL 2017/18: Penjaga Gawang

Memilih penjaga gawang di FPL terlihat kurang penting dibandingkan pemillihan gelandang atau penyerang pendulang poin, dan bahkan dibanding bek juga (terutama wing-back) yang masih memungkinkan mencatatkan asis atau gol.

Namun, sebenarnya pemilihan kiper di awal liga bergulir cukup krusial, Karena kita tidak mau membuang transfer cost -4 hanya untuk mengganti kiper. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan pemilihan kiper berdasarkan konsistensi, jaminan tempat utama, dukungan dari lini pertahanan, serta yang tidak ketinggalan: jadwal pertandingan.

Dilema kadang muncul ketika, misalnya, kita yakin West Bromwich Albion akan meraih nirbobol (clean sheet). Alih-alih memilih kiper Ben Foster (£4.5), kita bisa memilih Gareth McAuley (£5.0) yang meskipun lebih mahal £0.5, tapi memiliki poin tambahan melalui ancaman sundulan saat situasi set piece­-nya. Pada FPL musim lalu, kedua pasangan ini terpaut 18 poin di mana McAuley unggul atas Foster.

Setelah itu, kami juga menyarankan total bujet untuk kiper sebaiknya berkisar antara £9,0 sampai dengan £9.5. Bujet demikian secara sederhana akan diaplikasikan dalam tiga strategi:

  1. Satu kiper andalan. Terdiri dari satu kiper andalan sepanjang musim yang harganya berkisar antara £5.0 sampai £5.5 ditemani oleh satu kiper seharga £4.0, yang pada musim ini sulit ditemui pada sosok kiper utama. Risikonya, tim FPL kamu jadi tidak mempunyai cadangan dan harus melakukan transfer kiper jika kiper tersebut cedera atau terkena larangan bermain. Risiko berikutnya, biasanya kiper andalan ada di kesebelasan besar, dan tentu saja memengaruhi batasan outfield player dari kesebelasan yang sama. Sebagai contoh, jika kita memasang Hugo Lloris, kita akan kehilangan kesempatan untuk memainkan Dele Alli, Christian Eriksen, dan Harry Kane secara bersamaan ketika mereka main di kandang.
  2. Rotasi dua kiper. Seperti dijelaskan di atas, pasangan ini bisa terdiri dari dua kiper yang bernilai £4.5 atau pasangan £4.5 dan £5.0. Pada intinya, sebisa mungkin memasangkan dua kiper yang bergantian mempunyai jadwal kandang. Untuk hal ini, kita harus kembali memerhatikan jadwal.
  3. Dua kiper dari satu kesebelasan. Strategi ini hanya dipakai jika kamu sangat percaya diri kepada salah satu kesebelasan, atau malah sebaliknya, kamu melihat kiper sangat tidak sepenting itu di FPL. Pasangan ini berpotensi memiliki kombinasi harga yang sangat ekonomis, yaitu £8.5 (kombinasi £4.5 dan £4.0). Kombinasi dua kiper yang sama-sama dari Brighton & Hove Albion, Crystal Palace, Huddersfield Town, Newcastle United, Swansea City, atau West Brom adalah kombinasi yang masuk kategori ini. Jika kamu memakai strategi ini, kamu tidak perlu khawatir kiper yang bersangkutan tidak akan bermain, karena ia pasti akan digantikan oleh kiper cadangannya yang juga kamu miliki. Sesederhana itu.

Kiper harga ekonomis (£4.0)

Deretan kiper dengan harga £4.0 sebagian hanya diisi oleh para kiper cadangan yang sebenarnya tidak jadi masalah. Berdasar strategi “satu kiper andalan” atau “dua kiper dari satu kesebelasan”, mereka tidak akan bermain, kecuali kiper andalan kita dirundung masalah. Kamu dapat memilih siapa saja dari deretan kiper tersebut, bahkan lebih baik dari kesebelasan semenjana yang akan jarang kita pakai outfield player-nya.

Hanya ada empat nama kiper berharga £4.0 yang musim lalu mendapat menit bermain di Liga Primer Inggris. Damian Martinez (Arsenal) dan Joel Pereira (Man United, £4.0) dapat kita coret dari daftar karena akan menghabiskan jatah pemain dari Arsenal dan Manchester United. Walau musim lalu sempat membuat nirbobol, namun peluang Adam Federici (Bournemouth, £4.0) bermain juga semakin tipis setelah kedatangan Asmir Begovic. Demikian juga peluang dari Kristoffer Nordfeldt (Swansea, £4.0) yang tidak punya kesempatan secara taktikal, dan hanya akan main jika Lukasz Fabianski berhalangan.

Dari kesebelasan promosi, hanya ada nama Robert Elliot (Newcastle, £4.0) yang musim lalu sempat bermain 270 menit namun harus menepi karena cedera lutut. Peluang bermainnya juga diragukan selain karena Karl Darlow tidak semudah itu melepas tempat utamanya, ada rumor juga Rafael Benitez akan mendatangkan kiper baru.

Sementara itu, Huddersfiled ditinggalkan kiper utamanya, Danny Ward, yang habis masa pinjamnya dari Liverpool. Hal ini membuat Joel Coleman (Huddersfield, £4.0) yang musim lalu bermain 474 menit punya peluang bermain walau harus bersaing dengan Jonas Lossl yang dipinjam dari Mainz dan lebih sering dimainkan dalam pra-musim. Tapi jujur saja sejauh ini, Coleman punya peluang terbaik bermain di deretan kiper berharga £4.0.

Nasib yang mirip juga bisa dialami Niki Maenpaa (Brighton, £4.0) yang tidak akan sering mendengar perintah “maen, Pak” dari manajernya. Hal ini terjadi karena The Seagulls memecahkan rekor transfer untuk mendatangkan Matthew Ryan dari Valencia sepeninggal David Stockdale.

Halaman berikutnya: kiper harga menengah.

Komentar