Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 38

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League 39075

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 38

Rekap Tim Pilihan musim 2016/2017

Lalu, karena sudah mendekati akhir musim… Bagaimana perjalanan tim pilihan sepanjang musim 2016/2017? Pada segmen ini, kami akan menyertakan catatan kinerja tim pilihan kami setiap pekan.

Sebelum dilanjutkan, perlu diketahui terlebih dahulu, meski tim pilihan ini menyertakan 15 pemain dengan format 11 pemain inti dan empat pemain cadangan setiap GW-nya, bentuk tim dan cadangan kurang lebih hanya variasi kemasan format dan selama ini memang tidak memberlakukan batasan bujet.

Format tetap mengenai sistem cadangan yang selalu menyertakan satu pemain dari tiap posisi membuat jumlah pemain pilihan tidak merata setiap pekan. Karena itu, memang sejak awal tim yang dibuat ini bukan untuk diadu dengan tim sungguhan, apalagi untuk diadu banyak poin, karena sejak awal perbandingannya memang tidak imbang. Terlebih kami tidak menaruh kapten. Kurang lebih sama saja dengan kami merekomendasikan 15 pemain sekaligus dalam satu pekan.

Di saat para manajer FPL yang lain memperdebatkan pemilihan pemain yang lebih efektif beserta strategi-strateginya, cukup disayangkan jika kita masih meributkan format rekomendasi yang bisa dibuat berbeda-beda oleh tiap pihak.

Sebagai bentuk evaluasi, ketimbang menghitung jumlah poin, kadar kesuksesan tim pilihan kami tandai dari jumlah pemain sukses di setiap pekan. Penggunaan sistem penilaian seperti ini membuat satu pemain dengan poin besar dan poin kecil dihitung sama secara adil, contohnya, meski kami sukses merekomendasikan Cesar Azpilicueta (20 poin, GW37), jumlah poin besar ini hanya cukup untuk dibanggakan, tetapi tidak diberi penilaian tambahan dalam evaluasi ini, dan akan dihitung sama saja dengan misalnya Adam Lallana (8 poin, GW4).

Kriteria yang kami buat adalah seperti ini:

SGW (Single
Gameweek) Player
Penjaga Gawang:
- Gol/asis/clean sheet/penyelamatan penalti
- Atau menghasilkan 4+ poin

Pemain Bertahan:
- Gol/asis/clean sheet
- Atau menghasilkan 4+ poin

Gelandang:
- Gol/asis
- Atau menghasilkan 4+ poin

Penyerang:
- Gol/asis
- Atau menghasilkan 4+ poin
DGW (Double
Gameweek) Player
Penjaga Gawang:
- Gol/asis/clean sheet/penyelamatan penalti
- Atau menghasilkan 6+ poin

Pemain Bertahan:
- Gol/asis/clean sheet
- Atau menghasilkan 6+ poin

Gelandang:
- Gol/asis
- Atau menghasilkan 7+ poin

Penyerang:
- Gol/asis
- Atau menghasilkan 6+ poin

Sebagai penjelasan tambahan, pemain bisa dianggap sukses jika berhasil memenuhi salah satu dari kriteria di atas. Contohnya adalah Adam Smith (3 poin, GW11) dianggap sukses karena berhasil memberikan asis, tetapi tidak halnya dengan Kyle Walker (juga 3 poin, GW10), karena Walker hanya meraih poin tambahan dari 1 bonus poin. Contoh pemain yang dihitung sukses meski tidak membuat gol/asis atau mendapat clean sheet adalah Daley Blind (4 poin, GW7) dan George Friend (4 poin, GW8).

Berikut tabel evaluasi kadar kesuksesan tim pilihan sepanjang musim 2016/2017.

Jika dirata-ratakan, tim pilihan menghadirkan 7,05 pemain sukses setiap minggunya.

Rekomendasi tim pilihan mengalami naik-turun sepanjang musim. Di setiap pekan besar seperti GW37 (13 pemain), GW21 (12), dan GW5 (10), ada juga pekan ketika tim pilhan anjlok, yaitu pada GW6, GW17, dan GW23 (semuanya 4 pemain).

***

Dengan semakin dekatnya tenggat waktu GW38, tak terasa kami sudah memberikan rekomendasi sepanjang 9 bulan lebih. Kami berterima kasih atas semua pihak yang setia menemani serial Tim Pilihan ini.

Salam panah hijau, semoga mendapat poin di atas rata-rata, menyusul rival di mini-liga, dan selamat berencana!

Komentar