Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 18

Fantasy Premier League

by Redaksi 30

Redaksi 30

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 18

Penyerang

Di posisi penyerang, tak lain tak bukan diisi oleh Zlatan Ibrahimovic (Man United, £11.5). Bertepatan dengan Costa menerima larangan bertanding akibat akumulasi kartu dan Kane menunjukkan penampilan kurang meyakinkan dalam dua pertandingan terakhir, membuat harga Ibrahimovic langsung naik £0.3 (angka kenaikan harga maksimal dalam setiap GW). Meski statistik tembakannya tidak sedominan ketika – yang anehnya, dalam masa-masa kemandulan gol, Ibrahimovic menunjukkan kefektifannya dalam melakukan tembakan sejauh ini. Dalam empat pertandingan terakhir, Ibrahimovic telah mencetak 4 gol, tapi hanya membuat 11 tembakan (ke-10 tertinggi di liga) dan hanya 7 yang berada di kotak penalti (ke-13 di liga). Tapi hal itu tidak mengurangi penilaian kami terhadap Ibrahimovic sebagai pilihan favorit pekan ini untuk dapat diandalkan kembali mencetak gol.

Untuk mengetahui bagaimana sistem pergerakan, pembelian, dan penjualan harga pemain di situs FPL, para manajer dapat membuka tautan ini.

Pemain Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Kedatangan pelatih baru, Sam Alladryce, membuat Wayne Hennessey (Crystal Palace, £4.3) dapat dimasukkan sebagai kiper murah yang paling memungkinkan meraih clean sheet pada pekan ini. Cedera yang dialami Steve Mandanda membuat Hennessey hampir pasti dimainkan. Bagi para pecinta Liga Inggris tentu cukup akrab dengan gaya bermain yang diterapkan Allardyce, bola-bola panjang dan cukup alot menjaga pertahanan sendiri. Singkatnya waktu yang dimiliki Allardyce menyambut pertandingan GW18 kemungkinan membuatnya ingin berkonsentrasi untuk tidak meraih kekalahan terlebih dahulu. Watford pun dalam empat pertandingan terakhir sulit mencetak gol, hanya 4 gol dibuat, 3 di antaranya saat memenangkan pertandingan melawan Everton pada GW15. Selain itu, Watford juga harus kehilangan Roberto Pereyra dan mungkin juga Stefano Okaka.

Tapi, bek cadangan justru kami isi dengan lawannya, yaitu Jose Holebas (Watford, £4.8). Watford akan bermain di kandang sendiri, sehingga juga punya potensi meraih clean sheet (apakah skor 0-0 akan terjadi?). Meski begitu, kami masih tidak bisa mengabaikan statusnya sebagai penendang bola mati, sehingga dapat memperbesar peluangnya sewaktu-waktu meraih poin dari gol/asis. Sepanjang musim ini, Crystal Palace tidak pandai menghadapi bola mati (8 kali), sehingga menarik untuk disimak apakah Allardyce dapat mengubah kebiasaan ini dalam waktu dekat.

Lagi-lagi, nama Gylfi Sigurdsson (Swansea, £7.5) ada di bangku cadangan. Swansea akan bermain di kandang sendiri, melawan West Ham yang masih berada di posisi teratas dalam tabel kesebelasan yang menerima tembakan di kotak penalti dalam empat pertandingan terakhir (42 kali). Meski pada pekan lalu West Ham berhasil meraih clean sheet, mereka masih menerima 10 tembakan di kotak penalti oleh Hull (ya, Hull). Sehingga, Sigurdsson masih punya peluang baik untuk mencetak gol/asis di GW18 ini, terutama dari bola-bola mati akuratnya.

Penyerang cadangan kami isi dengan nama Andy Carroll (West Ham, £6.2). Kami melihat pertandingan Swansea melawan West Ham akan menjadi pertemuan yang berpotensi banyak gol, mengingat kedua kesebelasan ini sama-sama memiliki catatan yang buruk dalam statistik pertahanannya. Swansea tercatat sebagai kesebelasan yang paling banyak menerima peluang berbahaya dalam empat pertandingan terakhir, yaitu 10 kali. Carroll pun bukan merupakan opsi yang buruk pada pekan ini, karena Carroll dapat dimanjakan oleh umpan-umpan Dimitri Payet (saat ini angka penciptaan peluang Payet masih menjadi yang paling baik di liga dalam empat pertandingan terakhir: 17 kali). Sedangkan Carroll juga tercatat sebagai pemain West Ham yang paling banyak membuat tembakan di kotak penalti dalam rentang waktu yang sama.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga perlu penyesuaian jika ingin memakainya secara keseluruhan di tim FPL sebenarnya.

*Harga pemain akurat per 25 Desember 2016

Foto feature image: manutd.com [diolah]

Komentar