Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 15

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 15

Penyerang

Tidak ada pemain yang mengalami kenaikan harga lebih tinggi dibanding Diego Costa (Chelsea, £10.8) saat ini. Costa telah mendapat kenaikan harga sebesar £1.3, jauh mengungguli Jermain Defoe di urutan kedua (£0.8). Hal itu tidak mengherankan mengingat Costa hanya dua kali gagal membuat kontribusi gol/asis sepanjang musim ini. Costa pun tercatat telah membuat 11 tembakan di kotak penalti dan 12 penciptaan peluang dalam empat pertandingan terakhir (keduanya angka keempat tertinggi). Sampai tulisan ini dibuat, West Brom sedang memantau apakah bek andalan mereka, Gareth McAuley, akan bermain, karena belum mengikuti latihan, sehingga Costa berpeluang besar untuk kembali membuat kontribusi poin bagi Chelsea.

Penyerang gaek yang satu ini masih tajam dan masih terus memburu gol berikutnya, itulah Jermain Defoe (Sunderland, £7.8). Perlahan-lahan, Defoe tidak lagi menjadi spesialis pencetak gol tandang, hal itu dapat terlihat dari 3 gol di kandang sendiri yang dicetaknya sejak GW10. Sedangkan jika kita melihat dalam skala lebih besar, pemain ini telah mencetak 4 gol dan membuat 2 asis dalam lima pertandingan terakhir. Jika dilihat dalam empat pertandingan terakhir, Swansea telah kebobolan 13 kali (terbanyak), banyak menerima tembakan di kotak penalti (42 kali, ketiga terbanyak) dan kecolongan peluang berbahaya (12 kali, kedua terbanyak).

Satu nama lagi adalah Christian Benteke (Crystal Palace, £7.6). Crystal Palace masih mengalami inskonsistensi performa, tapi tidak demikian dengan Benteke. Dalam empat pertandingan terakhir, Benteke telah mencetak 4 gol. Pada pekan lalu, Crystal Palace secara mengejutkan berhasil menghantam Southampton 3-0. Kemenangan ini dapat dimanfaatkan Crystal Palace dan Benteke untuk kembali mencetak gol ketika melawan Hull. Terlebih, Hull telah kecolongan 12 peluang dari sundulan dalam empat pertandingan terakhir (terbanyak ketiga).

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Kembali dengan kiper cadangan yang satu ini, Jordan Pickford (Sunderland, £4.2) masih menjadi pilihan murah yang cukup ideal untuk meraih poin. Meski kami juga memasukkan nama Sigurdsson di rekomendasi gelandang, dibanding kiper berharga murah lainnya, Pickford bisa saja meraih clean sheet karena lebih diuntungkan dari jadwal. Swansea pun kini tercatat sebagai kesebelasan dengan jumlah tembakan tersedikit di liga dengan 31 kali saja dalam empat pertandingan terakhir. Andai kebobolan pun, aksi penyelamatannya dapat diandalkan untuk meraih poin-poin tambahan.

Bek berikutnya dapat diandalkan untuk meraih poin dari pertahanan maupun penyerangan pada pekan ini. Steve Cook (Bournemouth, £5.0) berhasil mencetak 1 gol saat melawan Liverpool pada pekan lalu. Bournemouth pada akhirnya berhasil meraih kemenangan. Tercatat, dalam empat pertandingan terakhir, Cook membuat 5 tembakan dan 3 di antaranya dibuat di kotak penalti, angka-angka ini termasuk yang tertinggi di antara pemain bertahan lain di Liga Inggris. Sedangkan dari sisi pertahanan, peluang Bournemouth mendapat clean sheet cukup besar karena Burnley masih belum kembali menemukan ketajamannya, hanya berhasil mencetak 1 gol dalam tiga pertandingan terakhir.

Pada posisi gelandang, Wilfried Zaha (Crystal Palace, £5.4) adalah rekomendasi gelandang murah kami untuk pekan ini. Pemain yang memutuskan untuk membela Pantai Gading ini memang tidak mendulang poin gol/asis pada pekan lalu. Tapi kami melihat kontribusinya tidak dapat diabaikan. Sebelum GW14, Zaha berhasil mencetak 5 asis dalam lima pekan berturut-turut. Catatan tersebut juga ditambah dengan 1 gol. Jika melihat lawan mereka, Hull, Zaha berpeluang besar untuk mendapat poin kembali karena tercatat Hull telah menderita 19 peluang dari sisi kiri pertahanan mereka dalam empat pertandingan terakhir (kedua terbanyak). Zaha juga telah mancatatkan 59 dribel sukses dari 98 percobaan dribel (tertinggi di liga), dengan angka ini juga yang membuatnya menjadi pemain dengan rata-rata dribel sukses per pertandingan (4,5) tertinggi ketiga di antara liga-liga besar di Eropa.

Pemain berikutnya dapat dijadikan pengganti Sergio Aguero di pertandingan sebenarnya maupun di tim FPL Anda, Kelechi Iheanacho (£6.7) mengaku telah siap untuk mengisi posisi penyerang Man City.

Hal ini juga dapat dilihat dari pemilihan skuat Man City pada tengah pekan di Liga Champions. Meski Aguero kemarin dapat bermain di Eropa, Iheanacho tampak dipersiapkan oleh Guardiola untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Aguero. Ketika Iheanacho mengisi posisi penyerang Man City di GW4 dan GW5, dia pun selalu mencetak gol. Man City dapat memanfaatkan kondisi Leicester yang sedang amburadul di lini pertahanan. Mereka tidak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir dan tidak pernah meraih clean sheet sejak GW7.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga perlu penyesuaian jika ingin memakainya secara keseluruhan di tim FPL sebenarnya.

Komentar