Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 15

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 15

Pemain Bertahan

Menjadi salah satu pemain kunci dalam skema baru Chelsea, Marcos Alonso (Chelsea, £6.3) selalu memberikan poin fantasi dalam 7/8 pertandingan terakhir. Dalam rentang waktu tersebut, pemain asal Spanyol ini telah membuat 2 asis, 1 gol, dan 6 clean sheet. Sedangkan dalam 1/8 pertandingan ketika berakhir dengan 2 poin, Alonso hampir saja mencetak gol dari jarak dekat andai tendangannya tidak melambung ke atas gawang Tottenham. Sama seperti pekan-pekan sebelumnya, statistik penyerangan Alonso masih menjadi yang paling baik di antara pemain bertahan lain dalam empat pertandingan terakhir: 6 percobaan tembakan (tertinggi bersama Daryl Janmaat) dan 15 sentuhan di kotak penalti. Didukung dengan penampilan Chelsea yang sedang begitu baik dan cukup solid di lini pertahanan, Alonso masih menjadi pemain bertahan yang paling masuk akal untuk dimiliki.

Pemain yang satu ini agak terlupakan sejak sembuh dari cedera karena sedang berada dalam rentetan jadwal dan penampilan yang kurang baik. Leighton Baines (Everton, £5.3) berhasil mencetak gol dari titik putih pada pekan lalu saat melawan Man United. Posisinya sebagai penendang penalti inilah yang membuat daya tariknya kembali meningkat dalam penilaian kami, karena tendangan penalti bisa didapat kapan saja. Namun, keuntungan Baines pada pekan ini tidak sebatas itu saja. Sebagai eksekutor utama bola-bola mati Everton, hal ini akan menjadi senjata utamanya membombardir gawang Watford. Dalam empat pertandingan terakhir, Watford tercatat telah kecolongan umpan silang sebanyak 46 kali (kedua terbanyak), kecolongan peluang sundulan sebanyak 14 kali (terbanyak), kecolongan peluang dari bola mati sebanyak 23 kali (kedua terbanyak), dan kebobolan 3 di antaranya (terbanyak).

Nama berikutnya untuk melengkapi barisan pertahanan adalah Cedric Soares (Southampton, £5.0). Pada pekan lalu, Southampton mendadak kehilangan kerapatan pertahanannya dan kebobolan sebanyak tiga kali. Mereka tentu ingin membalas hasil tersebut dengan meraihnya kembali dalam pertandingan di St. Mary Stadium pekan ini. Peluang cukup terbuka karena lini serang Middlesbrough – meski meraih kemenangan 1-0 pada pekan lalu, masih terbilang tumpul dan lebih mengandalkan pertahanannya, mereka hanya berhasil mencetak 4 gol dalam empat pertandingan terakhir (keempat terendah) dan hanya mendapat 3 peluang berbahaya (terendah ketiga).

Gelandang

Dengan tiga gol dan satu asis yang dicetaknya pada pekan lalu, tidak heran jika Alexis Sanchez (Arsenal, £11.6) telah mengalami kenaikan harga sebanyak dua kali menjelang GW15. Torehan gol tersebut membuatnya langsung berdiri sejajar dengan Diego Costa dengan sama-sama mengemas 11 gol. Sanchez, yang telah mencetak 5 gol dalam dua pertandingan terakhir di liga, kembali berpeluang meneruskan catatan baiknya saat melawan Stoke. Selain catatan gol, Sanchez pun menjadi pemuncak tabel pencipta peluang dalam empat pertandingan terakhir, dengan jumlah 15 kali (bersama Kevin De Bruyne). Satu-satunya hambatan yang mungkin perlu diperhatikan adalah lini pertahanan Stoke yang belum pernah kebobolan lebih dari dua gol sejak dikawal oleh Lee Grant.

Pada urutan berikutnya, kami juga memilih pemain yang saat ini sedang bersaing dengan Sanchez di FPL, yaitu Eden Hazard (Chelsea, £10.4). Dengan tambahan 1 gol yang dibuatnya pekan lalu, tentu kami merasa berat jika meninggalkan pemain ini. Meski saat ini Hazard tidak terlalu menonjol dalam statistik empat pertandingan terakhir, pergerakan dan kualitas Hazard sebagai pemain penting Chelsea masih tidak dapat diragukan. Selain itu, pertandingan Chelsea melawan West Brom akan dipimpin oleh Mike Dean (wasit yang paling banyak memberikan penalti di Liga Inggris pada musim ini), sehingga menguatkan potensinya untuk mendulang poin.

Buruknya pertahanan West Ham dalam beberapa pertandingan terakhir membuat kami memasang Sadio Mane (Liverpool, £9.3). Liverpool telah mengemas 11 gol dalam empat pertandingan terakhir dan juga memimpin dalam jumlah tembakan, yaitu 80 kali. Sedangkan Mane pun sudah mencetak 3 gol dan 2 asis dalam rentang waktu tersebut. Lawan yang akan dihadapinya, West Ham, telah kecolongan 41 peluang di dalam kotak penalti (keempat terbanyak) dan menerima 13 peluang berbahaya (terbanyak) dalam empat pertandingan terakhir.

Tenang saja, kami tidak sekejam itu untuk mengisi seluruh barisan gelandang dengan pemain mahal. Sebagai pilihan gelandang yang lebih murah, kami merekomendasikan Gylfi Sigurdsson (Swansea, £7.4). Pemain asal Islandia ini masih merupakan andalan utama Swansea. Sigurdsson telah membuat 13 peluang dalam empat pertandingan terakhir (terbanyak di Swansea) dan jangan lupakan statusnya sebagai eksekutor bola mati (termasuk penalti). Bermain di kandang, kami melihat Sigurdsson dapat terlibat dalam gol yang akan dibuat Swansea pada pekan ini. Meski Sunderland sedang terus memperbaiki kiprahnya di Liga Inggris (3 kali menang dan 1 kalah dalam empat pertandingan terakhir), lini pertahanan mereka belum begitu solid, hal itu dapat dilihat dari jumlah kecolongan peluang di kotak penaltinya, sebanyak 49 kali, dan merupakan angka tertinggi di antara kesebelasan lainnya.

Komentar