Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 14

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

 Tim Pilihan PanditFootball: Gameweek 14

Penyerang

Zlatan Ibrahimovic (Man United, £11.1) telah kembali. Pemain yang kami sebutkan di tim pilihan pekan lalu ini berhasil mencetak 1 gol saat melawan West Ham. Penampilan baiknya kembali diteruskan dalam pertandingan Piala Liga di tengah pekan ini dengan 2 gol yang dicetaknya, lagi-lagi melawan West Ham. Statistik tembakannya juga terbilang sangat meyakinkan, mencetak 4 tembakan di dalam kotak penalti di GW13 (tertinggi di Liga Inggris) dan masih berada di peringkat kedua jika kita melihat dalam skala empat pertandingan terakhir (14 tembakan di kotak penalti, meski absen dalam satu pertandingan).

Pemain berikutnya adalah Harry Kane (Tottenham, £10.9). Penyerang ini telah mengalami kenaikan harga dua kali sejak kembali dari cedera di GW11 dan telah mencetak 3 gol. Torehan gol ini dapat diperpanjang pada pekan ini saat menghadapi Swansea (sebagian analisis telah kami utarakan pada paragraf Eriksen di atas). Selain karena diuntungkan dengan posisinya sebagai penendang penalti Tottenham, hal yang menjadi sorotan adalah motivasi yang kembali segar karena baru saja menandatangani kontrak baru bersama Tottenham.

Melengkapi susunan pemain inti, kami memasukkan nama Charlie Austin (Southampton, £6.9). Austin kembali mencetak gol pada pekan lalu saat menghadapi Everton. Dalam empat pertandingan terakhir, Austin telah membuat 12 tembakan di kotak penalti (tertinggi ketiga di Liga Inggris) dan saat ini harganya masih terbilang cukup murah sebagai pemain yang rajin mencetak gol. Melihat jadwal, Southampton diuntungkan dengan jadwalnya menghadapi Crystal Palace minggu ini meski harus melakoni partai tandang. Melihat lawannya, Crystal Palace, kekalahan menyesakkan di menit akhir saat menghadapi Swansea pada pekan lalu, mungkin dapat mengakibatkan moral tim yang semakin menurun, karena (masih) hanya meraih 5 kemenangan sepanjang tahun 2016.

Cadangan

Pada bangku cadangan, kami menyertakan empat pemain, masing-masing satu dari setiap posisi*. Kriteria yang diutamakan adalah ramah biaya atau tidak dimiliki oleh banyak manajer.

Kiper cadangan berikut ini tentu sudah tidak asing, Jordan Pickford (Sunderland, £4.1) menjadi pilihan murah yang cukup ideal untuk meraih poin. Akan bermain melawan Leicester di kandang sendiri, Pickford bisa memanfaatkan rekor tandang Leicester yang belum pernah menang dan hanya meraih satu poin sepanjang musim. Pemain yang sudah disebutkan akan tetap menjadi kiper utama Sunderland oleh David Moyes ini juga aktif melakukan penyelamatan (52 kali sejak dimainkan di GW3 – 4.7 per pertandingan) sehingga membantu untuk meraih poin tambahan andai kebobolan.

Meski harus turun kasta sebagai bek cadangan, kami menilai Chris Brunt (West Brom, £4.9) masih menjadi opsi yang dapat dipercaya untuk pekan ini. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel-artikel terdahulu, Brunt merupakan pemain yang kini OOP (out of position) sebagai gelandang, juga merupakan penendang bola mati West Brom. Lawan mereka, Watford, tercatat telah kebobolan 22 peluang dari situasi bola mati dalam empat pertandingan terakhir (tertinggi di Liga Inggris). Siapapun pemain yang nantinya akan menyambut bola udara sebagai salah satu senjata West Brom (Entah itu Gareth McAuley, Salomon Rondon, maupun Craig Dawson), hampir dapat dipastikan asal mula bola tersebut berasal dari Brunt, memperbesar peluangnya memberikan asis.

Sebagai opsi dengan harga menengah, para manajer FPL bisa mencoba Xherdan Shaqiri (Stoke, £6.3). Menghadapi Burnley yang telah kecolongan 48 peluang dalam empat pertandingan terakhir (tertinggi kedua di Liga Inggris) dan mungkin bermain tanpa kiper andalan mereka, Tom Heaton, Stoke memiliki peluang besar untuk mencetak gol di GW14. Setelah kami amati lebih rinci, sejak kembali ke dalam tim di GW12, average position Shaqiri selalu berada di posisi terdepan. Dalam dua pertandingan tersebut, Shaqiri juga mencatatkan angka tembakan tertinggi dibanding rekan setimnya, sebanyak 5 kali. Angka penciptaan peluangnya berada di peringkat kedua (5 kali), dan sentuhan di kotak penaltinya juga berada di peringkat kedua (9 kali). Ditambah dengan keterlibatannya mengambil bola-bola mati Stoke, kami melihat Shaqiri bisa berkontribusi banyak dalam gol/asis.

Sama seperti minggu lalu, Victor Anichebe (Sunderland, £4.6) kembali mengisi posisi penyerang cadangan. Sebagai alternatif dari Jermain Defoe yang juga sedang dalam penampilan terbaiknya, kami melihat harganya yang berada di dasar menjadi alasan bahwa Anichebe dapat menjadi opsi murah yang tidak terlalu memakan biaya. Momentum baik Sunderland memang sempat terhenti karena dikalahkan oleh Liverpool pada pekan lalu, tapi bukan berarti kualitasnya dapat diabaikan. Sejak dimainkan sebagai pemain inti, Anichebe-lah yang mengungguli tabel tembakan yang dibuat Sunderland (8 kali, dan 7 di antaranya dibuat di kotak penalti). Ditambah dengan 13 sentuhannya di kotak penalti, unggul 4 angka dari Defoe. Kedekatannya dengan Moyes sejak bekerja sama di Everton juga membuat kami meyakini Anichebe tidak akan tergusur dalam waktu dekat.

*Terlepas dari formasi inti yang digunakan, kami memberikan rekomendasi cadangan dengan format tetap: satu kiper, satu bek, satu gelandang, dan satu penyerang. Sehingga perlu penyesuaian jika ingin memakainya secara keseluruhan di tim FPL sebenarnya.

Komentar