[FPL] Tim Pilihan Pandit Football: Gameweek 16

Fantasy Premier League

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

[FPL] Tim Pilihan Pandit Football: Gameweek 16

Selamat datang kembali para Fantasy Premiere League (FPL) manajer! Sudah siapkah untuk menyambut gameweek 16? Ada beberapa pertandingan yang perlu diketahui bisa mendulang poin banyak loh!

Pada akhir pekan ini, akan ada Big Match antara Manchester United vs Liverpool. Arsenal akan menghadapi Newcastle United yang baru saja memberikan kekalahan pertama bagi skuat asuhan Jose Mourinho, Chelsea. Sementara Gylfi Sigurdsson akan menghadapi mantan timnya, Tottenham Hotspur.

Lantas, seperti apa pengaruh pertandingan-pertandingan tersebut terhadap pemilihan skuat pilihan kami? Berikut hasil scouting kami mengenai daftar nama pemain yang layak kalian pertimbangkan untuk GW 16 ini:

Penjaga Gawang:

Cederanya kiper asal Belgia, Thibaut Courtois, akan membuat Petr Cech akan berada di bawah mistar gawang Chelsea. Dengan kualitas yang dimilikinya, Cech akan menghadapi barisan penyerang dari Hull City. Yang perlu menjadi catatan, Hull hanya mampu mencetak dua gol dari empat pertandingan terakhir, di mana ini menjadi salah satu yang terburuk di Premier League. Maka dari itu, Cech kemungkinan besar akan meraih cleansheet pada laga ini.

Pemain Belakang:

Jika pada GW 15 kami menyarankan untuk menggunakan tiga bek, pada GW 16 ini kami menyarankan untuk menggunakan empat bek. Karena tercatat ada beberapa tim yang akan menghadapi lawan yang notabene cukup kesulitan mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir.

Mungkin Everton dan Southampton akan menghadapi lawan yang lemah  (Burnley dan Queen Park Rangers) pada akhir pekan ini. Namun jika melihat catatan kemasukan gol mereka dalam beberapa pertandingan terakhir, kami tak menyarankan untuk menggunakan pemain belakang dari kedua tim ini.

Chelsea akan menghadapi Hull City di Stamford Bridge. Barisan pertahanan Chelsea jelas patut dimasukkan dalam skuat utama FPL manajer. Namun pemain yang kami pilih bukanlah Branislav Ivanonic, melainkan Cesar Azpilicueta.

Selain karena catatan impresif Chelsea di lini pertahanan, Azpilicueta bisa memberikan peluang untuk menciptakan assist pada laga ini. Dalam empat pertandingan terakhir, dari semua bek Chelsea hanya Azpilicueta yang mampu memberikan tambahan poin lewat assistnya. Dan catatan Chelsea selalu minim kemasukan gol kala Azpilicueta bermain pun akan membuat poin bisa didapatkan lebih banyak pada GW 16 ini.

Gael Clichy menjadi nama berikutnya untuk menghuni bek pilihan kami. Manchester City akan menghadapi Leicester City, penghuni dasar klasemen. Dengan tren City yang mencatatkan dua cleansheet dan dua gol kemasukan dalam empat pertandingan terakhir, Clichy berpeluang meraih cleansheet pada akhir pekan ini.

Mengapa Clichy? Mengapa bukan Zabaleta? Zabaleta sebenarnya memiliki statistik yang tak jauh berbeda dengan Clichy, mencetak satu gol dari empat pertaningan terakhir. Keduanya pula cukup rajin melakukan attempt. Namun dengan harga yang lebih murah sertatotal poin yang dikumpulkannya sejauh ini lebih banyak, membuat Clichy lebih kami pilih untuk mengisi pos bek.

West Ham United sedang dalam tren positif setelah meraih tiga kemenangan beruntun. Selain dijagokan bisa kembali meraih kemenangan kala bersua Sunderland meski bermain tandang, peluang menciptakan nir kemasukan gol pun cukup besar pada laga ini.

Sunderland hanya mencetak satu gol dari empat pertandingan terakhir. Maka kami rasa Aaron Cresswell akan memberikan poin maksimal bagi para FPL manajer. Ia juga menyumbang satu dari tujuh gol yang diciptakan West Ham United dalam empat pertandingan terakhir. Harganya yang 5.5 pun terbilang murah.

Bek terakhir yang masuk dalam pilihan kami adalah Ciaran Clark dari Aston Villa. Torehan satu gold an satu assistnya dalam empat pertandingan terakhir membuatnya berkesempatan besar memberikan poin tambahan pada akhir pekan ini.

Lawan yang dihadapi Villa, West Bromwich Albion, hanya mencetak satu gol dalam empat pertandingan terakhir. Belum lagi catatan WBA yang belum menang dalam lima pertandingan terakhir. Maka rasanya, Clark berpotensi besar untuk meraih cleansheet pada GW 16 ini.

Halaman berikutnya: Pemain Tengah dan Depan

Komentar