Kolaborasi Perdana Nike dan Liverpool FC: Konsep Baru Bergaya Lama

Football Gear

by Irfan Muhammad

Irfan Muhammad

Simple and complex textures. Loving the explicit and implicit layers of Football Aesthetics.

Kolaborasi Perdana Nike dan Liverpool FC: Konsep Baru Bergaya Lama

Pada 1 Agustus 2020, kolaborasi Nike dan Liverpool FC dimulai dan secara simbolik telah meluncurkan seragam kandang musim 2020/2021. Nike, sebagai merk olahraga terbaik di dunia selama dekade terakhir, resmi menjadi pemasok seragam tim sepakbola Liverpool FC selama 5 tahun ke depan. Sebuah pergerakan yang baik dari Nike dalam menggaet Liverpool FC sebagai tim sepakbola yang saat ini merajai Liga Inggris, Liga Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Bukan rahasia lagi bahwa Liverpool FC memiliki hubungan erat dengan kota dan pendukungnya. Sehingga menjadi penting bagi Nike untuk melakukan kolaborasi kreatif, inovasi desain, dan mendukung tradisi klub dalam ikut serta memberikan kegembiraan dan energi kepada pendukung Liverpool FC secara khusus dan penikmat sepakbola secara global.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan tim sepakbola ikonik seperti Liverpool FC. Kemitraan strategis ini akan memperkuat posisi Nike sebagai merek sepakbola terbaik dan paling inklusif di dunia,” ucap Bert Hoyt, VP/GM, Nike EMEA.

VIDEO: Cerita Fans Manchester United Kerja di Liverpool FC



“Saat musim depan dimulai, kami berharap dapat memasok koleksi inovatif dan stylish kepada klub dan pendukungnya, sambil meneruskan ambisi kami bersama untuk menginspirasi generasi muda dan generasi masa depan melalui sepakbola yang brilian.” Sentimen tersebut digemakan oleh Billy Hogan, Liverpool FC MD dan CCO.

“Ketika kami pertama kali mengumumkan Nike sebagai mitra baru kami pada Januari lalu, kami menyampaikan harapan kami terhadap mereka untuk menjadi mitra yang luar biasa bagi klub,” ucap Hogan menambahkan. “Kami sangat senang memulai perjalanan ini bersama Nike, pemimpin pasar dalam industri pakaian olahraga global dan kami menantikan untuk bekerja sama menghadirkan produk yang sukses dan gaya hidup kepada para pendukung kami di tahun mendatang.”

Seragam kandang Liverpool FC Musim 2020/2021 merupakan simbol perayaan atas kerjasama yang baru terjalin antara Nike dengan Liverpool FC. Pasalnya, konsep yang digagas merupakan tren desain saat ini dengan sentuhan nilai-nilai historis Liverpool FC. Seragam kandang Liverpool FC Musim 2020/2021 masih mempertahankan tradisi dominan merah pada atasan, celana, hingga kaus kaki. Namun musim ini akan menjadi lebih spesial karena menggunakan warna merah yang lebih cerah, dilengkapi kombinasi aksen warna putih dan warna Teal yang mencerminkan tradisi Liverpool FC. Perlu diketahui kombinasi warna merah, putih, dan Teal telah menjadi kombinasi warna tradisi untuk Liverpool FC selama bertahun-tahun karena sangat berkaitan dengan identitas klub seperti simbol Liver Birds. Melalui simbol Liver Birds, warna Teal telah menjadi warna yang menonjol di antara dominasi warna merah dan putih selama sepak terjang Liverpool FC sejak 1982.

Nike, sebagai Aparel yang peka dengan mode tren paling aktual saat ini, sangat jeli melihat seragam sepakbola sudah menjadi bagian dari streetwear, dimana seragam sepakbola selalu menjadi pakaian sehari-hari sekaligus sebagai gaya hidup yang tidak hanya di Inggris saja, namun sudah global mendunia. Tren ini menghadirkan kembali gaya retro pakaian kasual yang salah satu elemennya adalah pakaian olahraga, khususnya seragam sepakbola. Dengan aksen-aksen sederhana yang digagas Nike, desain seragam kandang Liverpool FC musim 2020/2021 mampu menghadirkan kembali gaya retro sekaligus gaya hidup streetwear itu salah satunya dengan warna Teal sebagai aksen yang sedikit menonjol.

Perlu diketahui bahwa seragam kandang Liverpool FC Musim 2020/2021 masih mempertahankan konsep desain yang minimalis dengan dominasi warna merah namun tetap rapi, bersih, dan tentu saja selalu berkelas, seperti beberapa tahun terakhir. Namun warna Teal yang digagas menjadi momen spesial dimana Nike mampu menawarkan konsep baru dengan menghadirkan kembali gaya lama. Walaupun warna Teal hanya melengkapi seragam kandang di garis v-neck, garis pergelangan ujung lengan, dan garis tipis di kaus kaki, namun dengan aksen manis sedikit ini saja sudah cukup menghadirkan kembali gaya retro Liverpool FC yang pernah melakukan pendekatan yang sama pada tahun 1993-1995.

Bagi penikmat detil-detil pada seragam sepakbola, seragam kandang Liverpool FC musim 2020/2021 memiliki pola pattern berkontur/timbul di atasan seragam yang akan terlihat jika dilihat dari dekat karena warnanya menyaru dengan warna merah yang dominan. Pola pattern ini juga dapat ditemukan di seragam penjaga gawang, bahkan polanya terlihat lebih jelas karena warna polanya kontras. Tidak lupa sentuhan Emblem 96 di antara dua api abadi simbol klasik pada bagian tengkuk, sebagai penghormatan untuk mengenang 96 anak-anak, wanita, dan pria yang menjadi korban peristiwa Hillsborough. Secara konsep desain, Nike mampu membuat seragam kandang sederhana ini dapat berbicara banyak tentang karakter, identitas, dan tradisi sepanjang perjalanan Liverpool FC selama ini.

Tidak berhenti disitu, inovasi Nike pada seragam kandang Liverpool FC musim 2020/2021 membuat pakaian ini mampu menyesuaikan bentuk tubuh sekaligus mampu mengatur kelembapan yang optimal sehingga berpengaruh pada performa pemain. Inovasi ini merupakan komitmen Nike terhadap sustainability (keberlanjutan) karena menggunakan 100% kain poliester daur ulang, yang terbuat dari botol plastik yang merupakan hasil dari daur ulang juga tentunya.

Dalam hal kemitraan, Nike akan total dalam melengkapi seragam sepakbola tim Pria, tim Wanita, tim Akademi, seluruh staf pelatih, bahkan juga akan memberikan dukungan untuk Yayasan LFC (LFC Foundation) sebagai badan amal resmi klub. “Saya telah menjadi bagian dari keluarga Nike selama enam tahun dan kami memiliki hubungan yang sangat baik,” ucap bek Liverpool Virgil van Dijk. “Saya sangat familiar dengan kualitas desain dan inovasi yang digunakan untuk membuat kit seperti ini. Menjadi juara pada musim depan dengan mengenakan kit ini akan terasa sangat istimewa.” ujar Virgil van Dijk menambahkan.

Pada akhirnya, gagasan seragam kandang Liverpool FC musim 2020/2021 dengan aksen warna Teal yang menonjol adalah simbol bagaimana kemitraan perdana antara Nike dengan Livepool FC berkomitmen untuk mendukung inisiatif komunitas lokal, seperti di Toxteth. Nike bersama dengan Anfield Wrap akan bekerja sama dengan Earl Jenkins dan Kingsley United (yang bermain di Tiber Street Partnership) untuk mengurangi batasan bergabung dan menawarkan permainan dan pemrograman berbasis olahraga kepada anak-anak muda berusia 4-16 tahun di komunitas tersebut. Ini tidak lebih adalah merupakan Komitmen Nike Made to Play dalam mendorong anak-anak bergerak melalui permainan dan olahraga.

Komitmen ini juga termasuk skema beasiswa untuk kursus pelatihan BAME, forum kepemimpinan pemuda BAME dalam kemitraan dengan organisasi lain di pusat kota, serta untuk Kingsley United yang berbasis di Toxteth untuk membentuk tim perempuan. Nike juga akan mendukung kamp liburan sekolah dan musim panas yang dioperasikan oleh pelatih di lingkungan yang aman.

Seragam kandang Liverpool FC musim 2020/2021 akan rilis pada 6 Agustus 2020 di toko terdekat.

VIDEO: Informasi terkini Liverpool FC



Komentar