Tim Fantasy 16 untuk Pekan 2 Piala Eropa versi Panditfootball

Football Culture

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Tim Fantasy 16 untuk Pekan 2 Piala Eropa versi Panditfootball

Sepakbola fantasi menjadi salah satu bumbu sepanjang keberjalanan kompetisi atau turnamen sepakbola yang terjadi di dunia nyata. Sama seperti yang lain, Piala Eropa kali ini juga membuat sepakbola fantasi yang juga berdasarkan penampilan dari pertandingan yang sebenarnya.

Pekan pertama Piala Eropa 2016 sudah bergulir. Sebanyak 6 tim sudah meraih kemenangan dengan22 gol tercipta. Setiap tim yang memasang Fabian Schar, Dimitri Payet dan Emmanuele Giaccherini tentu seakan mendapatkan poin besar. Istilahnya “menang banyak” karena pemain-pemain tersebut nyatanya bermain luar biasa dalam Pekan pertama Piala Eropa 2016.

Untuk Pekan kedua, kami sudah memilihkan 11 pemain ditambah empat pemain cadangan yang bisa dimasukan ke dalam tim fantasy 16 para pembaca yang budiman. Rekomendasi kami ini berdasarkan penampilan di Pekan pertama dan juga sistem penghitungan poin yang menjadi penilaian untuk tim fantasy 16.

Cara bermain Fantasy EURO 2016, baca di sini
Untuk mengikuti Liga PanditFootball yang berhadiah, baca di sini

Kiper : Manuel Neuer

Semua peserta pasti kebingungan untuk memilih kiper utama tim mereka. Antara Manuel Neuer dan David de Gea. Pemilihan ini juga seakan menggambarkan persaingan keduanya terkait siapa kiper terbaik dunia saat ini. Namun ketimbang de Gea yang masih harus membuktikan diri, Neuer adalah jaminan mutu yang sudah terbukti kualitasnya.

Untuk Pekan kedua, sebenarnya memilih Neuer akan sedikit beresiko karena lawan yang akan dihadapi adalah Polandia yang memiliki penyerang Robert Lewandowski. Bila ingin bermain aman tentu memilih De Gea adalah sebuah keputusan bijak. Jumlah 12 poin bagi kiper yang melakukan clean sheets dalam suatu pertandingan sudah pasti ditangan apabila Anda memilih De Gea. Tapi apabila ingin mencapai nilai yang lebih maksimal, Neuer adalah jawaban.

Bek : Jerome Boateng, Leonardo Bonnuci, Gerard Pique, Emanuele Giaccherini

Tanpa meminggirkan peran pemain lain di lini pertahanan, Jerome Boateng, Leonardo Bonnuci, dan Gerard Pique menjadi sosok yang wajib dimasukan kedalam tim fantasi selanjutnya untuk Pekan kedua Piala Eropa 2016. Ketiganya memungkinkan akan mendapatkan nilai enam bahkan lebih apabila tim berhasil tidak kemasukan gol.

Satu sosok lain adalah Emanuele Giaccherini. Dikategorikannya seorang pemain gelandang sebagai pemain bertahan adalah sebuah keuntungan. Karena pemain kategori ini akan mendapatkan banyak sekali nilai. Karena pemain gelandang yang masuk ke dalam kategori bek akan mendapatkan nilai tambahan dari clean sheets yang didapatkan oleh timnya. Juga nilai lain ketika ia berkontribusi banyak dalam sebuah pertandingan.

Gelandang : Toni Kroos, Antonio Candreva, Dimitri Payet, N’Golo Kante, Luka Modric

Untuk posisi gelandang Toni Kroos yang menjadi jenderal lapangan tengah Jerman dan Antonio Candreva yang jadi poros permainan Italia sangat bagus untuk dimasukan ke dalam tim. Apalagi Kroos merupakan penendang set-piece utama Jerman, jadi ada kemungkinan besar Kroos akan mencetak gol atau memberikan asis.

Sementara Payet nyatanya menjadi salah satu kejutan sepanjang Pekan pertama. Ia mencetak gol kemenangan untuk Prancis. Bukan tidak mungkin di Pekan kedua ia akan kembali melakukan hal yang luar biasa. Rekan setimnya N’Golo Kante juga punya peran besar di lini tengah Prancis. Satu tempat lain akan ditempati gelandang yang juga nyawa permainan Timnas Kroasia, Luka Modric

Penyerang : Gareth Bale

Sedikit sekali pemain yang berposisi sebagai penyerang berhasil menyarangkan gol pada Piala Eropa kali ini. Dan diantara pemain yang masuk daftar sebagai pemain posisi penyerang, nama Gareth Bale adalah rekomendasi utama. Bintang Wales ini akan menghadapi Inggris. Bale sendiri sudah bertekad untuk memberikan yang terbaik. Apalagi ia sudah “dikompori” oleh perang urat syaraf yang terjadi antara dua negara.

Cadangan: De Gea, Eric Dier, Nani, Arkadiusz Milik.

Fungsi pemain cadangan di sepakbola fantasi adalah untuk berjaga-jaga apabila 11 pemain utama yang dipilih nyatanya cedera atau memiliki masalah. Karena Pekan pertandingan Piala Eropa lebih dari satu hari, maka kita bisa menjadikan para pemain cadangan sebagai back-up plan seandainya 11 pemain utama yang sebelumnya sudah kita pilih ternyata hanya menghasilkan sedikit poin.

Untuk cadangan di Pekan kedua, De Gea tentu bisa dipasang sebagai kiper cadangan. Andai nantinya Neuer tidak menghasilkan banyak poin. Sementara itu sama seperti hampir serupa dengan kasus Giaccherini. Eric Dier juga punya nila lebih karena dikategorikan sebagai bek akan tetapi dimainkan sebagai gelandang. Dier akan mendapatkan nilai lebih andai ia memberikan asis. juga ketika andaikan gawang Inggris. Tidak kemasukan.

Sementara Nani dan Arkadiusz Milik juga bagian dari back-up plan yang sempurna. Nani dan Arkadiusz Milik bisa saja sewaktu-waktu menjadi pahlawan tim karena lawan akan lebih sibuk memberikan perhatian besar kepada Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski.

***

Melihat tren yang terjadi dimana para penyerang kering gol di Pekan pertama. Bisa jadi hal tersebut akan kembali terjadi di Pekan kedua. Beberapa kesebelasan juga nyatanya memiliki lini pertahanan yang kuat. Pun kiper yang bermain luar biasa. Maka formasi 4-5-1 menjadi ideal untuk Pekan kedua nanti.

Pada dasarnya bermain sepakbola fantasi akan menghadapkan kita dalam situasi yang sangat realis. Bermain sepakbola fantasi berarti memprediksi apa yang akan terjadi di pertandingan nyata dan juga mencari poin sebanyak-banyaknya. Maka kadang ada kalanya pemain dari tim yang kita gemari masuk ke dalam skuat tim sepakbola fantasi.

Ini rekomendasi dari kami. Bagaimana tim fantasy 16-mu untuk Pekan kedua nanti?

Komentar