Lima Nama Kesebelasan Unik versi "Sokka"

Football Culture

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Lima Nama Kesebelasan Unik versi

Nama sebuah kesebelasan bersangkut paut dengan sejarah yang ada di dalamnya. Pada umumnya nama di muka bumi tak jauh-jauh dari template. Umumnya menggunakan nama daerah, julukan, ataupun perusahaan yang diakhiri dengan “FC” atau embel-embel semacam “United”.

Web komunitas fans sepakbola asal Afrika, Sokka, merangkum lima nama kesebelasan yang dianggap lucu dan aneh. Berikut kami nukilkan untuk Anda:

Botswana Meat Commision FC


Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, “Botswana Meat Commision” berarti “Komisi Daging Bostwana”. Tidak aneh karena kesebelasan tersebut dibentuk oleh komisi nasional yang memproduksi daging.  Botswana dikenal sebagai salah satu negara pengekspor daging sapi, sehingga komisi tersebut memiliki sumber daya yang cukup untuk membentuk sebuah kesebelasan.

Botswana Meat Commision FC (BMC FC) bertanding di Stadion Lobatse yang berkapasitas 20 ribu orang. BMC FC memiliki sejarah panjang di ranah sepakbola Bostwana karena telah dibentuk sejak 1969. Saat ini, BMC FC bermain di Botswana Premier League, kompetisi tingkat teratas di Botswana. Untuk prestasi, mereka pernah sekali tampil di CAF Cup, kompetisi antarklub di Afrika di bawah Liga Champions Afrika.

Dengan status sebagai bentukan komisi penjagal sapi, maka logo klub pun didesain sedemikian rupa dengan warna dasar putih dan garis hijau. Tidak lupa di bagian tengah terdapat gambar yang menyerupai sapi.

Grasshopper Club Zurich


Meskipun bernama unik, faktanya Grasshopper Club Zurich ini sudah berdiri sejak 1886. Selain itu, kesebelasan yang berarti belalang ini adalah salah satu yang terkuat di Swiss. Mereka pun berulang kali tampil di kompetisi Eropa.

Kesebelasan yang bermarkas di Stadion Letzigrund ini biasanya cukup disebut “GC” atau “GCZ”. Secara prestasi, GCZ telah memeroleh 27 gelar di berbagai kompetisi. Kesebelasan yang mirip nama geng motor di Bandung tersebut pun tercatat sebagai kesebelasan yang paling banyak memenangi kompetisi nasional dan paling sukses di Swiss Cup.

Terkait dengan nama klub, tidak ada penjelasan yang terlalu jelas. Namun, sebagian besar menunjuk pada perayaan gol para pemain yang begitu enerjik dan cara bermain yang gesit dan tangkas. Saat ini GCZ juga memiliki sejumlah tim di berbagai cabang olahraga seperti dayung, hoki es, bola tangan, tenis lapangan, hoki lapangan, rugby, squash, hingga sepakbola pantai.

Baca juga:

Bayern Munich adalah Kesalahan

Sepakbola Indonesia di Antara "Per" dan "PS"


Semen Padang FC


Terkait “Semen Padang” tentu kita, sebagai orang Indonesia, memahami bahwa kesebelasan tersebut dinamai demikian karena didirikan oleh perusahaan semen. Nama-nama yang keluar dari kebiasaan sepakbola Indonesia umumnya berasal dari kompetisi Galatama. Pun dengan Semen Padang.

Kata “Semen” yang kita maksud tentu merujuk kata “Cement” dalam bahasa Inggris yang berarti adukan kapur untuk merekatkan batu bata. Namun, “Semen” pun ternyata merujuk arti lain baik dalam bahasa Inggris maupun dalam bahasa Indonesia. Cari sendiri, ya!

Double Flower FA


Double Flower adalah kesebelasan yang berbasis di Hong Kong dan didirikan pada 1979. Sebelum 1991, nama klub tersebut adalah Lai Sun Double Flower. Namun, karena terdapat pergantian pemilik menjadi perusahaan elektronik, maka nama klub pun berubah.

Dalam istilah biologi, “Double Flower” atau bunga ganda berarti tanaman yang memiliki kelopak tambahan yang mekar penuh atau bertambah dua kali lipat. Bunga ganda telah menjadi barang istimewa sejak zaman kuno karena sulit untuk dibudidayakan. Penelitian menjelaskan bahwa bunga ganda adalah hasil dari mutasi genetik tertentu, salah satu yang jarang ditemukan di alam liar.

Insurance Management Bears F.C.


Kesebelasan ini cukup dipanggil “Bears” saja. Berbasis di Nassau, Bahama, dan bermain di kompetisi senior Bahama. Bears didirikan pada 1996 setelah Anton Sealey terpilih sebagai Presiden Asosiasi Sepakbola Bahama, BFA. Sealey pun mendirikan Bears dengan dana hibah dari perusahaan bernama Insurance Management Bahamas Ltd.

Awalnya Sealey melatih sepakbola di Queens College. Pada saat yang sama perwakilan dari BFA pun melakukan hal sama sehingga mereka memutuskan untuk membuat sebuah kesebelasan. Prestasi Bears terbilang mengilap dengan memenangi Piala FA Grand Bahama lima kali secara beruntun.

Meski beruang hanyalah embel-embel semata, tapi Bears benar-benar mendalami penokohan beruang tersebut. Misalnya dengan menggunakan telapak kaki beruang sebagai simbol yang digunakan di situs web mereka dan menggunakan wajah imut beruang sebagai logo klub. Tujuan dari Bears pun tidak main-main karena mereka memasok pemain untuk timnas Bahama, dan beberapa di antaranya bermain di Amerika Serikat.

disadur dari sokka.com

foto: viralscape.com

Komentar