Atletico Madrid: Ayo Kita Jadi Juara untuk Bayar Utang!

Cerita

by redaksi

Atletico Madrid: Ayo Kita Jadi Juara untuk Bayar Utang!

Kontradiktif. Itulah kata yang pas untuk menggambarkan kedua tim yang akan bertanding pada final Liga Champions nanti malam. Kontradiktif secara ekonomi ya itulah perbedaan antara Atletico Madrid dan Real Madrid.

Secara finansial kedua tim ini ibarat langit dan bumi. Majalah Forbes membuat laporan bahwa keuntungan Real Madrid tahun lalu mencapai $ 675 juta dolar, namun jika dikerucutkan setelah dipotong biaya operasional gaji pemain, pajak dan lain-lain maka laba bersih yang mereka dapat mencapai $ 172 juta. Hal ini membuat Madrid  sebagai klub olahraga dengan laba bersih terbesar di dunia setelah klub American Football, Dallas Cowboys di Amerika yang untung bersih $ 251 juta.

Dari biaya operasional pengeluaran gaji pemain, survey ESPN terbaru memaparkan bahwa rataan gaji per pemain Real Madrid mencapai $ 7,5 juta. El Realpun didapuk sebagai klub olahraga keempat yang menggelontorkan dana besar untuk pemain mereka setelah Manchester City, New York Yankees dan Los Angeles Dodgers. Keseluruhan anggaran Real untuk menggaji pemain berjumlah $ 189 juta.

Sekarang mari kita bandingnkan dengan Atletico Madrid. Laba keuntungan kotor keuntungan klub ini hanya $ 156 juta, lantas setelah dipotong lain-lain maka keuntungan bersih klub menjadi $ 36 juta. Atletico memiliki tunggakan pajak kepada pemerintah sebesar $ 125 juta dan mesti bayar cicilan $ 25 juta di bulan Juni ini. Itu baru pajak, belum hutang kepada Bank, tahun ini Atletico masih menunggak hutang sebesar $ 650 Juta kepada Bank. Belum lagi biaya pembangunan stadion baru La Peneata yang sedang dalam proses pengerjaan. Lantas apa mungkin keuntungan $ 36 juta mencukupi semuanya? tak terbayang peningnya presiden klub Enrique Cerezo.

Lolos ke Final Liga Champions sebenarnya bagi kedua tim sudah cukup menutupi lubang finansial mereka, mendapatkan $ 75 juta adalah keuntungan tak tak terkira bukan, tapi toh perbedaan hadiah uang yang didapat juara dan runner up hanya berkisar 5 juta dollar. Karenanya menjadi juara atau runner up secara finansial tak berbeda signifikan.

Namun bagi Atletico menjadi juara adalah hal yang utama, mengingat uang hadiah itu nantinya akan dibayarkan untuk membayar tunggakan pajak di bulan Juni nanti.

Dengan menjuarai Liga Champions, brand Atletico akan mengglobal dalam jangka panjang, imbasnya mereka pun bisa menjual pemain-pemain mereka dengan harga selangit pada bursa transfer nanti, namun yang penting sponsorship akan berdatangan dan pada akhirnya hutang mereka yang meggurita sedikit demi sedikit bisa terbayar.

(wam)

Komentar