Beda Nasib Tiga Pemain Chelsea di Klub dan Tim Nasional

Cerita

by Dzikry Lazuardi

Dzikry Lazuardi

Analis Sulut United.

Beda Nasib Tiga Pemain Chelsea di Klub dan Tim Nasional

Olivier Giroud, Emerson Palmieri, dan Antonio Rudiger memiliki nasib yang sama soal menit bermain di klub dan tim nasional sepanjang musim ini. Ketiga pemain tersebut bukan lagi pemain utama di Chelsea. Meski demikian, mereka tetap dipanggil untuk membela tim nasional masing-masing. Hingga kini, sudah ada tiga jeda internasional yaitu pada bulan September, Oktober, dan November.

Tidak hanya dipanggil, mereka memiliki menit bermain lebih banyak bersama tim nasional daripada Chelsea. Cukup unik mengingat biasanya seorang pemain dipanggil membela negara berdasarkan performa di klub. Bermain bagus di klub saja belum tentu cukup untuk mendapat tempat di timnas, apalagi tidak bermain reguler.

Menit Bermain Giroud, Rudiger, dan Emerson di Chelsea dan Tim Nasional

NamaMenit Bermain di ChelseaMenit Bermain di Tim Nasional
Olivier Giroud154424
Antonio Rudiger112599
Emerson Palmieri150366

Link streaming Liga Primer Inggris pekan ke-8 Newcastle United vs Chelsea

Didier Deschamps masih percaya pada Giroud untuk mengisi posisi striker meski ia tidak muda lagi. Pemain 34 tahun itu bermain sejak menit awal pada laga Prancis menghadapi Finlandia. Giroud masuk sebagai pengganti pada laga UEFA Nations League kontra Portugal. Terakhir, Giroud mencetak dua gol pada laga menghadapi Swedia.

Eks pemain Montpellier itu juga menjadi bagian skuat Si Ayam Jantan pada dua jeda internasional sebelumnya. Ia bahkan menjadi starter pada tiga dari lima laga juara Piala Dunia 2018 itu. Oktober lalu, Giroud mencatatkan penampilan ke-100 bersama Prancis. Catatan gol Giroud (44) kini hanya kalah dari Thierry Henry (51).

Giroud hanya bermain reguler untuk Chelsea pada musim 2018-19 di bawah arahan Maurizio Sarri. Musim lalu, Frank Lampard lebih memilih Tammy Abraham sebagai ujung tombak The Blues meski tetap dipercaya Deschamps sebagai striker utama tim nasional Prancis. Musim ini saingan Giroud bertambah dengan kedatangan Timo Werner.

Salah satu yang membuat ia mendapat tempat di tim nasional adalah cara bermain Giroud. Ia bukan menjadi sumber utama gol, namun Giroud bisa menjadi pemantul dan memberikan bola ke pemain dengan kecepatan tinggi atau memiliki kreativitas tinggi. Meski begitu, Deschamps perlahan tampak ingin mengganti Giroud. Jarang bermain di klub berakibat pada kondisi fisik yang tidak ideal. Seperti yang dikatakan Deschamps pada televisi Prancis TF1, ia tidak senang karena kondisi fisiknya harus diperbaiki.

Menit bermain Emerson di Chelsea juga berkurang akibat aktivitas tinggi pada bursa transfer musim panas kemarin. Ben Chilwell didatangkan dari Leicester City untuk menjadi pemain utama di posisi bek kiri. Praktis kesempatan Emerson untuk bermain hanya sebagai pemain pengganti atau bermain di EFL Cup, itu pun masih harus bersaing dengan Marcos Alonso.

Sementara itu, Emerson masih menjadi langganan tim nasional Italia. Pada jeda internasional ini, ia bermain dari menit pertama pada laga menghadapi Estonia pada pertandingan persahabatan, laga menghadapi Polandia dan Bosnia pada UEFA Nations League. Oktober lalu, ia juga menjadi bek kiri utama Italia.

Cukup kontras dengan kondisinya di Chelsea. Emerson sama sekali belum tampil pada seluruh delapan laga Premier League. Masa depan pemain 26 tahun itu di London Barat mulai dipertanyakan. Ketika ditanya, Emerson sebenarnya ingin kembali ke Serie A meski saat ini belum ada hal yang pasti.

"Tidak ada yang konkret, tapi yang jelas saya ingin kembali ke Serie A. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada Januari atau dalam lima tahun, saya tidak bisa mengatakannya,” ujar Emerson.

Kondisi Rudiger bahkan lebih ekstrem. Menit bermain di tim nasional Jerman empat kali lipat lebih dari di Chelsea. Performa buruk musim lalu dan kedatangan Thiago Silva sangat berpengaruh terhadap menit bermain Rudiger. Lampard lebih memilih Silva dan Kurt Zouma sebagai duet bek tengah Chelsea.

Dari delapan laga Premier League, Rudiger hanya masuk skuat Chelsea pada empat pertandingan. Sementara itu, Rudiger hanya absen pada satu laga dari sembilan laga Jerman musim ini, yaitu ketika Jerman takluk 0-6 dari Spanyol. Rudiger terkena akumulasi kartu Pemain 27 tahun itu sempat diisukan hengkang dari Stamford Bridge pada bursa transfer musim panas kemarin meski tidak rampung.

Chelsea mendapat penawaran untuk Rudiger namun tidak ada kesepakatan yang terwujud. “Saya melihat beberapa opsi untuk pindah sebelum akhir bursa transfer, ada kemungkinan opsi pinjaman agar saya mendapatkan waktu bermain. Namun karena berbagai alasan dan keterbatasan waktu tidak ada kesepakatan yang terwujud,” ungkap Rudiger.

*

Fenomena ini terbilang unik, namun tampaknya tidak akan bertahan lama. Mereka perlu bermain reguler di klub untuk mempertahankan kondisi fisik. Jika mereka belum juga mendapat menit bermain yang ideal di Chelsea, bukan tidak mungkin Giroud, Rudiger, dan Emerson akan hengkang dari Chelsea.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar