Tak Ada Kata Gentar Bagi Erling Haaland dalam Revierderby

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tak Ada Kata Gentar Bagi Erling Haaland dalam Revierderby

Bagi penduduk kota Dortmund dan Gelsenkirchen, tak ada pertandingan yang lebih besar dibandingkan duel Dortmund kontra Schalke. Bertajuk Revierderby, dua pendukung dari masing-masing tim meyakini jika slogan “mother of all derbies” benar adanya.

Sedikit menengok ke belakang dengan meninjau rekor head to head lima pertemuan termutakhir, kedua tim sama-sama mendulang dua kemenangan serta sekali hasil seri. Namun, jelang pertemuan ke-97 dalam format Bundesliga, kubu tuan rumah bisa jadi lebih percaya diri.

Bukan, bukan karena unggul jauh secara peringkat di tabel klasemen. Klub berjuluk Die Borussen kini memiliki sosok yang diprediksi bisa membuat tim tamu pulang dengan tertunduk: Erling Haaland.

Pindah dari RB Salzburg ke Dortmund dengan mahar 20 juta euro pada pada Januari 2020, pemain asal Norwegia itu langsung memberikan dampak positif. Sejauh ini, Haaland telah tampil dalam 25 pertandingan dengan catatan 22 gol bersama Dortmund di lintas kompetisi.

Bahkan, impresi awal ditunjukkan Haaland kepada para suporter Dortmund dengan sangat baik kala melakoni partai debut melawan Augsburg. Turun dari bangku cadangan, satu sentuhannya usai memanfatkan sodoran Jadon Sancho langsung berbuah gol. Tak sampai di situ, dua gol tambahan membuat ia mencetak hat-trick hanya dalam 34 menit, sekaligus mengakhiri laga dengan kemenangan 3-5.

Meski usianya terhitung masih muda, Haaland seolah memperlihatkan bahwa rasa percaya diri, cepatnya adaptasi, hingga mental bertanding sejalan dengan kualitas teknis yang dimiliki. Untuk semua itu, Dortmund beruntung mampu membawanya ke Signal Iduna Park.

Link streaming Borussia Dortmund vs Schalke 04

Seberapa Besar Pengaruh Haaland?

Erling Haaland memiliki pengalaman bagus ketika menjalani Revierderby perdananya pada musim 2019/20. Kala itu, ia membantu Dortmund menang dengan skor telak 4-0 di Signal Iduna Park, yang membuat anak asuh Lucien Favre meraih 34 kemenangan berbanding 32 milik Schalke dalam 96 pertemuan usai kompetisi sepakbola Jerman berformat Bundesliga.

Mantan penggawa Bayern, Owen Hargreaves, tak sungkan memuji Haaland usai pertandingan. Menurutnya, pemain kelahiran 21 Juli 2000 tersebut memperlihatkan kualitas seorang striker dalam hal mencetak gol.

“Dia masih tajam. Anak ini benar-benar mesin gol. Pertandingan tersebut memang terasa aneh dengan tidak adanya penonton, tapi Dortmund dapat menunjukkan kualitas mereka,” kata Owen Hargreaves dikutip Sportsmole.

“Haaland adalah mesin. Pergerakannya, semuanya terlihat sempurna dan penyelesaian akhirnya tidaklah mudah, tetapi ia membuat hal itu terlihat mudah. Dia adalah pencetak gol yang cerdas. Permainannya sangat luar biasa,” tambahnya.

Kini, kesempatan Haaland untuk kembali membuktikan produktivitas golnya terbuka lebar. Setidaknya, hingga empat pekan Bundesliga 1 bergulir, Schalke menjadi tim dengan tingkat kebobolan terburuk. Skuad yang kini dilatih Manuel Baum telah kemasukan 16 gol dan hanya mencetak dua gol saja.

Sementara itu, Haaland telah mencetak enpat gol dari empat laga yang telah dijalani di ajang Bundesliga. Namun, konsistensi menjadi rintangan yang mesti dilalui Haaland. Pasalnya, empat gol yang dicetaknya terjadi dalam dua pertandingan, masing-masing ketika melawan Borussia Moenchengladbach dan SC Freiburg. Ketika bersua FC Augsburg dan TSG Hoffenheim, nama Erling Haaland tak ada di papan skor.

Andai kembali ke performa terbaik, ditambah dukungan dari pemain lainnya, potensi Haaland guna memberi ancaman ke lini pertahanan Schalke sangat besar.

Merujuk catatan dua dari empat laga yang telah dilalui dengan selalu mencetak dua gol, bukan tidak mungkin capaian tersebut kembali dilakukan di pertandingan Revierderby kali ini. Melihat rekor Schalke yang tak pernah menang dalam 20 pertandingan terakhir Bundesliga 1, Revierdeby kali ini bisa jadi milik tuan rumah, dengan Haaland sebagai aktor utama.

Apalagi, berbeda dengan Revierderby terakhir yang digelar tanpa penonton karena pandemi COVID-19, ESPN melaporkan bahwa pertandingan nanti bisa disaksikan oleh 300 orang. Memang, jumlah tersebut terlampau minim, tetapi atmosfer laga tentu bakal berbeda dari sebelumnya.

Di sisi lain, para pendukung Schalke tetap menilai laga derbi sangat penting. Juru bicara pendukung Koenigsblauen melontarkan kata-kata penuh gelora melalui pengeras suara setelah laga melawan Union Berlin, membuktikan betapa pentingnya laga yang akan dihelat pada Sabtu (24/10/2020) mendatang.

“Derbi adalah pertandingan terpenting tahun ini. Kalian muncul dan memberikan segalanya. Kalian boleh kalah, tetapi soalnya adalah bagaimana [bermain dalam derbi]. Jika Anda tidak memperlihatkan setidaknya apa yang Anda tunjukkan hari ini [lawan Union Berlin], kita akan berjumpa lagi. Lalu perjumpaan itu tidak akan berjalan damai. Mengerti? Dua ratus persen dari semua orang! Untuk Schalke!" tegas suporter tersebut.

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta cuplikan ulang dan siaran ulang pertandingannya dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar