Son Heung-min, Pemain Asia Pertama Paling Produktif di Premier League

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Son Heung-min, Pemain Asia Pertama Paling Produktif di Premier League

Tidak mudah mencetak empat gol alias quattrick di kompetisi sekelas Premier League. Dari sekian banyak pemain, hanya sosok-sosok spesial yang bisa melakukannya. Terbaru, penyerang Tottenham asal Korea Selatan, Son Heung-min membuktikan bahwa dirinya pemain istimewa dengan mencetak empat gol dalam satu laga.

Pada laga pekan kedua Liga Inggris 2020/21 melawan Southampton di Stadion St. Mary’s, Minggu (20/9/2020), Son membuat Jose Mourinho, pelatih Spurs, semringah. Sempat tertinggal satu gol yang dilesakkan Danny Ings, The Lilywhites tak panik dan menyudahi laga dengan kemenangan 2-5. Dari lima gol yang tercipta, empat di antaranya ditorehkan eks penggawa Bayer Leverkusen tersebut.

Sejak kedatangannya pada 2015, Son menjadi pemain penting Spurs. Permainannya terhitung konsisten tiap musim. Transfermarkt mencatat, Son tampil dalam 160 pertandingan dan menorehkan 53 gol selama lima musim di Liga Inggris. Rata-rata ia tampil sebanyak 32 kali per musim.

Highlight pertandingan Southampton vs Tottenham

Di sisi lain, koneksinya dengan Harry Kane juga terlihat makin padu. Seluruh gol yang dilesakkan Son dalam laga melawan Soton memanfaatkan asis Kane.

Performa dua penyerang ini kian diandalkan Spurs di lini serang. Musim lalu, lebih dari separuh gol Spurs disumbangkan duet Son-Kane.

“Mencetak hat-trick Premier League pertama saya untuk Spurs adalah kehormatan yang besar. Saya bersyukur atas kesempatan ini, bersyukur terhadap rekan setim saya dan khususnya Harry [Kane], itu adalah performa yang luar biasa darinya dan dia adalah sosok yang luar biasa,” ucap Son dilansir laman resmi Spurs.

Son tampil efektif saat menghadapi Southampton. Ia empat kali menjebol gawang Alex McCarthy dari empat tembakan ke gawang, menorehkan angka konversi 100%.

Penyerang berusia 28 tahun ini kian matang ketika mendapatkan peluang dan berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan. Dalam proses gol pertama, Son sempat mendorong bola sambil melihat posisi Alex McCarthy sebelum melepaskan tendangan. Sedangkan pada gol kedua, ketenangan dan timing-nya terlihat sempurna.

Rekor Son Heung-min di Premier League

Quattrick yang dicetak Son Heung-min membuatnya kini sejajar dengan sejumlah legenda Tottenham Hotspur. Sebagaimana dilansir laman resmi klub, sebelumnya terdapat lima pemain Spurs yang bisa menorehkan empat gol dalam satu laga, yakni Jurgen Klinsmann, Dimitar Berbatov, Robbie Keane, Jermain Defoe, dan Harry Kane.

Semakin ciamik karena Son menjadi pemain Asia pertama yang bisa melakukannya. Dari sekian pemain Asia yang pernah bermain di Premier League, tak ada satu pun yang dapat mencetak quattrick.

Rekor itu sekaligus menjadikan Son pemain kedua Asia kedua yang mencetak hat-trick Premier League. Gelandang Jepang, Shinji Kagawa, adalah pemain Asia pertama yang mencetak hat-trick Liga Inggris. Ia melesakkan tiga gol ke gawang Norwich City saat membela Manchester United pada 2013.

Lima gol terbaik Son Heung-min di Premier League

Kegemilangan Son pun membuatnya patut dipertimbangkan sebagai pemain Korea Selatan terbaik yang pernah berkiprah di Premier League. Sebelum Son, pemain Korea Selatan yang cukup menonjol yakni Lee Chung-yong. Pemain yang bergabung dengan Bolton Wanderers dan Crystal Palace itu tercatat telah mencetak delapan gol selama sembilan musim di Premier League.

Dua nama lain asal Korea Selatan, yakni Ki Sung-yueng dan Park Ji-sung juga sempat berkiprah di Premier League. Nama pertama menorehkan 15 gol dengan tiga klub berbeda (Swansea, Sunderland, Newcastle). Sedangkan Park Ji-sung, yang bermain untuk Man United selama tujuh musim mengoleksi 20 gol dari total 133 pertandingan.

Raihan gol Son di Premier League unggul jauh dari rekan-rekan senegaranya. Hal ini membuktikan bahwa, setidaknya, secara prestasi dalam mencetak gol, Son menjadi yang terbaik dari nama-nama Korea Selatan yang pernah mencicipi atmosfer Liga Inggris.

Selain quattrick, satu gol istimewa pernah dicetak Son pada musim 2019/20 ketika bersua Burnley. Kala itu, ia melakukan solo run dari lini pertahanan sendiri dan menaklukan kiper tim tamu.

Usai laga. Jose Mourinho memuji peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut. Mourinho mengidentikkannya dengan Ronaldo Nazario. Bahkan, julukan “Sonaldo” disematkan oleh Mourinho lantaran melihat penampilan dan kecepatan Son yang dianggap seperti Ronaldo dari Brasil.

Keempat gol Son Heung-min ke gawang Southampton serta seluruh gol di gameweek 2 Premier League 2020/21 dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar