Drama-drama Terbaik Babak 16 Besar Liga Champions 2018/19

Cerita

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Drama-drama Terbaik Babak 16 Besar Liga Champions 2018/19

Delapan kesebelasan memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions UEFA musim 2018/19. Undian babak perempat final akan diadakan pada Jumat, 15 Maret 2019, pukul 18.00 WIB di Markas UEFA yang berada di Nyon, Swiss.

Liga Champions setiap tahunnya memang selalu menyajikan pertandingan-pertandingan dengan kejutan dan berbagai cerita menarik yang tak terduga, termasuk apa yang terjadi di babak 16 besar Liga Champions musim ini yang baru saja selesai. Kejutan bahkan sudah terjadi sejak leg pertama dimainkan.

Diawali kejutan dari Old Trafford pada leg pertama, ketika Manchester United yang tengah dalam tren positif harus kalah dengan skor 0-2 dari tamunya Paris Saint-Saint Germain. Banyak yang tak menduga hasil ini bisa terjadi, pasalnya sebelum pertandingan dimulai, banyak hal yang mendukung Man United bisa mengalahkan PSG.

Setan Merah punya catatan baik di mana mereka tak terkalahkan di 11 pertandingan bersama sang pelatih baru, Ole Gunnar Solskjær. Selain itu, tak bisa tampilnya Neymar dan Edinson Cavani dari PSG karena cedera juga membuat para pandit mengatakan bahwa United akan bisa mengatasi PSG dengan mudah.

Semua prediksi salah, PSG mengalahkan United di akhir pertandingan. Dua gol dari Kylian Mbappé dan Presnel Kimpembe lewat dua asis dari sang mantan pemain United, Ángel Di María, membuat United bertekuk lutut. Bahkan United harus kehilangan pemain penting mereka, Paul Pogba, setelah mendapat kartu merah di akhir pertandingan, yang membuatnya tak bisa bermain di leg kedua. Marco Verratti dan Marquinhos juga mendapat pujian karena mampu membuat PSG menguasai lini tengah dan membuat United tak berkutik.

Di pertandingan lainnya antara Ajax Amsterdam menghadapi Real Madrid ada cerita menarik, bukan dari hasil akhir pertandingan, tapi cerita menarik itu datang dari Sergio Ramos yang menarik perhatian karena sengaja melakukan pelanggaran untuk mendapatkan kartu kuning. Kartu kuning itu membuatnya absen pada leg kedua, tapi bisa bermain dengan catatan kartu yang bersih pada babak perempat final jika Real Madrid berhasil lolos. Pada pertandingan itu Madrid mampu mengatasi tuan rumah Ajax dengan skor 2-1.

Berpindah ke stadion yang akan menggelar final Liga Champions musim ini, Wanda Metropolitano, Atlético Madrid tampil begitu spartan ketika menghadapi Juventus. Kemenangan berhasil diraih anak asuh Diego Simione atas Juventus dengan skor 2-0. Di akhir pertandingan dua cerita menarik terjadi, Cristiano Ronaldo yang tak berkutik di pertandingan tersebut mendapat sorakan ‘booooo’ dari para suporter Atlético. Menanggapi apa yang dilakukan oleh suporter Atléti, Ronaldo mengeluarkan gestur menunjukkan angka lima dengan tangannya, seolah mengatakan bahwa dia telah memiliki lima gelar Liga Champions.

Berbeda dengan Ronaldo, sang pelatih Atlético, Diego Simeone, manarik perhatian banyak orang karena selebrasi yang dia lakukan. Sambil berteriak, dia melakukan gerakan dengan memegang selangkangannya. Atas selebrasi yang dilakukannya ini, pelatih yang memiliki gaji termahal di lima liga top Eropa tersebut mendapatkan hukuman denda dari UEFA sebesar 320 juta rupiah.

Di hasil lain, Olimpique Lyonnais berhasil menahan imbang tanpa gol raksasa Spanyol, Barcelona. Liverpool yang menghadapi Bayern München juga harus puas dengan hasil imbang tanpa gol di Anfield.

Sementara itu Manchester City berhasil mencuri kemenangan di kandang Schalke 04 lewat drama lima gol dan satu kartu merah Nicolas Otamendi di menit ke-68. AS Roma mampu mengalahkan sang tamu, FC Porto, dengan skor 2-1 lewat dua gol dari pemain muda mereka, Nicolo Zaniolo. Tottenham Hotspur secara mengejutkan mampu mengalahkan Borrusia Dortmund dengan skor telak 3-0, padahal kala itu sang juru gedor mereka, Harry Kane, absen karena cedera.

Comeback!

Leg pertama usai. Leg kedua langsung dimainkan mulai 6 Maret 2019, dan kejutan langsung terjadi di hari pertama. Man United dan Porto berhasil melakukan comeback dan memastikan diri lolos ke babak perempat final (delapan besar).

Setan Merah yang pada leg pertama tak berkutik di tangan PSG mampu mencetak tiga gol di Parc des Princes. Sebelum laga ini dimulai, banyak yang mengira United tak akan bisa berbuat banyak dan gagal lolos ke babak selanjutnya. Sebanyak 10 pemain mereka harus absen kala itu.

Solskjær hanya berkata bahwa dulu United di masa dia masih menjadi pemain bisa menjuarai Liga Champions hanya dalam waktu tiga menit (di final Liga Champions 1999 melawan Bayern). Bedanya di leg kedua ini, Solskjær dan para pemainnya punya waktu 90 menit di Paris, jadi banyak hal yang bisa dilakukan di sana.

Benar saja, dalam waktu tiga menit awal, United unggul lewat gol Romelu Lukaku. Berikutnya tiga menit di injury time babak kedua, United memastikan diri lolos ke babak 8 besar lewat gol penalti Marcus Rashford setelah sebelumnya Presnel Kimpembe tertangkap handball lewat siaran ulang VAR yang ditinjau oleh wasit yang memimpin, Damir Skomina.

Gianluigi Buffon kembali gagal meraih trofi Liga Champions, Neymar hanya bengong melihat hasil di akhir pertandingan (dan kemudian berkomentar kasar via media sosial), dan para pemain Man United yang absen seperti Jesse Linggard, Nemanja Matic, Juan Manuel Mata, dan Anthony Martial langsung mengunggah ekspresi kegembiraan mereka lewat Instagram. Hasil ini juga membuat perseturuan antara Patrick Evra dan PSG dimulai. PSG melaporkan Evra ke UEFA karena selebrasi berlebihan yang dia lakukan di tribun VIP.

Sementara di Portugal, Porto memastikan diri lolos ke perempat final setelah menang 3-1 atas Roma di babak perpanjangan waktu. Sama dengan dengan United, Porto memastikan diri lolos lewat tendangan penalti hasil dari keputusan wasit melihat VAR di menit ke-116. Sama seperti United juga, Porto melakukan comeback karena terlebih dahulu kalah di leg pertama.

Alex Telles yang maju sebagai algojo sukses mencetak gol lewat titik penalti. Porto lolos dengan agregat 4-3. Roma gagal lolos. Pelatih mereka, Eusebio Di Francesco, turun jabatan atas kegagalan ini. Padahal di musim 2017/18, Di Francesco menjadi sutradara saat Roma menang comeback atas Barcelona. Hasil kemenangan Porto atas Roma juga menjadi catatan menarik di mana penyerang Porto, Moussa Marega, menjadi pemain yang memiliki catatan selalu mencetak gol di enam pertandingan berturut-turut di Liga Champions.

View this post on Instagram

Enam pemain yang cetak gol di 6 laga #UCL berturut-turut:? ? ? Ruud van Nistelrooy? ? Cristiano Ronaldo? ? Marouane Chamakh? ? Burak Y?lmaz? ? Edinson Cavani? ??"? Moussa Marega? ? Waspada untuk calon lawan Porto nanti.

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on

Drama belum berakhir, di hari selanjutnya, Ajax membuat kejutan dengan mengalahkan sang juara tiga tahun berturut-turut, Real Madrid, dengan skor 4-1. Tak ada yang menyangka hasil ini bisa terjadi.

Absennya Ramos membuat lini pertahanan Madrid begitu mudahnya ditembus Dusan Tadic dan kawan-kawan. Hakim Ziyech, David Neres, dan Tadic membuat Ajax unggul hingga menit ke-62. Di menit ke-70, Marco Asensio sempat memperkecil ketertinggalan Madrid menjadi 1-3. Hanya selang waktu dua menit, Ajax kembali unggul lewat gol Lasse Schøne. Tadic tampil menjadi bintang pada pertandingan tersebut dengan dua asis dan satu gol.

Juventus pun mengikuti tiga kesebelasan di atas untuk comeback pasca kekalahan di leg pertama. Juventus mengalahkan Atlético Madrid tiga gol tanpa balas dan memastikan diri lolos ke babak delapan besar dengan agregat 3-2.

Cristiano Ronaldo jadi bintang pada kemenangan Juventus. Tiga gol berhasil dia cetak, satu stadion memberikan standing applause sama seperti ketika dia mendapatkannya kala bertandang ke kandang Juventus saat masih berseragam Real Madrid. Sang istri, Giorgina, langsung terlihat menangis melihat apa yang dilakukan oleh suaminya. Ronaldo juga berpeluang menambah total torehan gelar Liga Champions dan menyandingkan namanya dengan legenda Real Madrid, Fransico Gento, sebagai pemain yang berhasil meraih enam gelar Liga Champions.

Selain kejutan comeback di leg kedua, hasil dari pertandingan lain juga cukup menarik. Tottenham yang harus bertandang ke Borussia Dortmund di luar dugaan berhasil menang 1-0 lewat gol Harry Kane.

Hasil ini di luar dugaan sebenarnya apabila melihat catatan Spurs yang gagal meraih tiga kemenangan di tiga laga terakhir di Liga Premier Inggris.

Sementara itu wakil Inggris lainnya, Manchester City, berhasil menang telak 7-0 atas wakil Jerman, Schalke 07 04. Sergio Agüero jadi bintang kemenangan lewat dua gol yang dia cetak, Leroy Sané yang pada leg pertama mencetak gol ke gawang mantan klubnya itu juga tak kelewatan untuk kembali mencetak gol kembali di leg kedua.

Meski berstatus finalis di musim 2017/18, Liverpool tetap tak terlalu diunggulkan ketika harus bertandang ke kandang raksasa Jerman, Bayern München. Menepis semua keraguan, Liverpool menang 3-1 atas Bayern. Para pemain Bayern dibuat tak berkutik untuk tidak mencetak gol. Empat gol yang tercipta di laga tersebut semuanya berasal dari para pemain Liverpool (satu gol Bayern karena gol bunuh diri Joel Matip).

Kemenangan Liverpool ini melengkapi empat wakil Inggris lolos ke babak perempat final Liga Champions. Terakhir kali empat wakil Inggris berhasil lolos ke delapan besar terjadi pada tahun 2009.

Dari satu pertandingan lainnya, Barcelona memang sudah diprediksi akan lolos ke babak perempat final. Lima gol berhasil disarangkan ke gawang Lyon, sementara Lyon hanya mendapat satu gol hiburan; skor akhir 5-1. Ini mungkin satu-satunya pertandingan yang tak mengejutkan dari babak 16 besar leg kedua. Messi dan kawan-kawan menjadi satu-satunya wakil Spanyol yang lolos ke babak perempat final karena sebelumnya dua kesebelasan dari kota Madrid harus menelan pil pahit kalah di leg kedua.

Tak hanya hasil pertandingan Liga Champion saja yang menarik dan membuat kejutan. Instagram juga membuat kehebohan ketika mengalami gangguan server dan tak bisa di akses. Uniknya lagi Instagram tak bisa diakses ketika pertandingan antara Liverpool vs Bayern dan Barcelona vs Lyon.

Akibat dari tidak bisa diaksesnya Instagram sementara waktu, kesebelasan Barcelona dan Liverpool tak bisa mengabarkan para suporternya lewat unggahan di Instagram. Ada-ada saja.

Itulah cerita dan drama yang terjadi di babak 16 besar. Delapan kesebelasan memastikan diri lolos ke babak perempat final. Tinggal kita nantikan saja kejutan apa lagi yang akan dibuat dari delapan kesebelasan yang telah lolos. Undian babak perempat final akan berlangsung pada Jumat, 15 Maret 2019, pukul 18.00 WIB.

View this post on Instagram

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on


Simak opini dan komentar Rochy Putiray terkait para pesepakbola Indonesia yang berkarier di luar negeri pada video di bawah ini:



Komentar