Kelahiran Anak Kembar pada Kemenangan Giant Killer, Newport County

Cerita

by M. Rifky Herlanda P.

M. Rifky Herlanda P.

Bola adalah pacar.

Kelahiran Anak Kembar pada Kemenangan Giant Killer, Newport County

Piala FA setiap tahunnya selalu menghadirkan kisah menarik untuk sepakbola Inggris dan juga dunia. Beberapa kesebelasan divisi bawah tak jarang mengejutkan dengan mengalahkan kesebelasan yang berada di atas divisi mereka. Hikayat itu terus terawat dengan yang terbaru—di Piala FA 2018/19—dialami oleh Newport County.

Newport County adalah kesebelasan yang berasal dari divisi keempat sepakbola Inggris, Football League Two. Sebagai kesebelasan League Two, mereka harus memainkan Piala FA sejak babak pertama pada November 2018. Mereka terus berhasil mengalahkan lawan-lawan mereka mulai dari Metropolitan Police (babak pertama), Wrexham (babak kedua, melalui replay), serta dua lawan berat yaitu Leicester City (babak ketiga) dan Middlesbrough (babak keempat, melalui replay).

Middlesbrough yang dilatih oleh Toni Pulis menjadi korban terakhir. Kedua kesebelasan bermain imbang 1-1 di Riverside. Pada replay di Rodney Parade, kandang Newport, Middlesbrough dikalahkan 0-2. Middlesbrough adalah kesebelasan ke-56 yang berhasil dikalahkan Newport selama berkompetisi di sepakbola Inggris.

Anak asuh Michael Flynn tampil begitu spartan di pertandingan ini. Keunggulan Newport dibuka oleh Robbie Willot yang berhasil membawa The Exiles unggul terlebih dahulu di menit ke-47 sebelum pada menit ke-67 Pádraig Amond menggandakan kemenangan menjadi 2-0 yang bertahan hingga akhir laga.

"Mereka adalah tim yang lebih baik, mereka menguasai kami. Beri mereka kredit, mereka fantastis malam ini dan mereka pantas menang," ungkap Toni Pulis dikutip dari BBC setelah kesebelasan mereka harus kalah dan gugur dari Piala FA.

Kemenangan atas Middlesbrough ini membuat Newport berhak melaju ke babak kelima Piala FA. Ini merupakan kedua kalinya Newport lolos ke babak kelima setelah pertama kali berhasil mereka lakukan pada tahun 1949. Di babak kelima, kesebelasan yang berdiri sejak tahun 1989 ini akan menghadapi anak asuh Pep Guardiola, Manchester City.

Menyiapkan Lapangan Seburuk Mungkin Menghadapi Man City

"Manchester City, kami datang!", teriak para suporter ketika Newport memastikan diri lolos ke babak kelima (karena undian sudah terlebih dahulu dilakukan sebelum Newport menang atas Middlesbrough).

Seolah tak takut dengan lawan yang dihadapi, Pelatih Newport, Michael Flynn, juga mengatakan optimismenya sebelum babak kelima dimulai nanti dan dia mengatakan akan melakukan segala cara untuk mengalahkan Manchester City.

"Aku yakin mereka (Man City) tak akan suka lapangannya (kandang Newport). Aku pastikan akan ada tiga pertandingan rugbi sebelum [melawan Man City]! Kami akan melakukan yang terbaik," ungkap Flynn sambil berkelakar ketika ditanya persiapannya menghadapi Man City di babak selanjutnya.

Itu terdengar seperti candaan Flynn bahwa mereka (Newport) akan melakukan yang terbaik, melakukan apa aja, supaya lapangannya jelek. Dia akan sangat senang apabila tim rugbi dari manapun mau bermain di stadion mereka sebelum pertandingan babak kelima pada 16 Februari 2019 mendatang.

Man City juga tak bisa menganggap remeh anak asuhan Flynn ini. Sebelumnya di Piala FA musim ini, kesebelasan-kesebelasan yang berada di divisi bawah bisa memberikan kejutan seperti Gillingham (mengalahkan Cardiff City 0-1), Bristol City (mengalahkan Huddersfield Town 0-1), Oldham Athletic (mengalahkan Fulham 1-2), Barnet (mengalahkan Sheffield United 0-1), Millwall (mengalahkan Everton 2-3), AFC Wimbledon (mengalahkan West Ham United 2-4), dan Shrewsbury Town (imbang 2-2 melawan Wolverhampton Wanderers).

Pertandingan babak kelima antara Newport melawan Man City adalah salah satu pertandingan yang berpotensi mengejutkan. Pertandingan serupa lainnya yang mempertemukan kesebelasan divisi bawah melawan divisi atas di babak kelima adalah Queens Park Rangers melawan Watford, Bristol City melawan Wolves, dan Doncaster Rovers melawan Crystal Palace.

Sungguh menarik melihat langkah Newport selanjutnya di Piala FA. Apakah Man City akan menjadi korban selanjutnya dari Newport?

Mendapatkan Anak Kembar Setelah Laga

Kemenangan atas Middlesbrough di ulangan babak keempat memang sangat membahagiakan buat Newport. Namun ada satu pemain Newport yang merasa paling bahagia. Dia adalah penjaga gawang Newport County, Joe Day.

Selain tampil baik dengan melalukan beberapa penyelamatan untuk Newport, dia juga mendapatkan kelahiran anak perempuan kembar pada 5 Februari 2019 itu setelah pertandingan selesai.

Setelah laga usai, tak seperti pemain lain yang merayakan kemenangan, Day langsung berlari ke luar lapangan. Dia langsung menghampiri Flynn untuk meminta izin pergi menemui istrinya yang sedang berada di rumah sakit.

"Apakah ini sudah selesai? Bolehkah aku pergi?", izinnya kepada sang pelatih selesai pertandingan selesai.

Awalnya telah direncanakan bahwa Joe akan membawa sang istri ke rumah sakit setelah bertanding menghadapi Middlesbrough, karena tak ada tanda-tanda bahwa sang istri akan melahirkan. Namun ketika kiper utama Newport itu sedang menyetir dalam perjalanan menuju stadion, ternyata sang istri menelepon bahwa air ketubannya sudah pecah dan nampaknya akan segera melahirkan.

Day mengatakan bahwa dia begitu kaget mendengar kabar tersebut tapi sang istri cukup menyakinkannya untuk fokus kepada pertandingan. Akhirnya dia mematikan ponselnya pada pra-pertandingan melawan Middlesbrough agar dia bisa fokus.

"Kami selalu tahu anak kami kemungkinan akan lahir ketika aku sedang bertanding, tapi aku begitu senang ketika Lizzie (istri Joe Day) mengizinkanku untuk memainkan pertandingan dan menyerahkan para suster untuk merawatnya", cerita Day.

"Aku tidak tahu mereka akan lahir ketika aku berlari keluar lapangan. Sampai aku masuk ke mobil dan menelepon Lizzie, aku tidak tahu apa yang terjadi dengannya karena kami tidak saling kontak sejak sebelum pertandingan. Namun Lizzie mengatakan kepadaku bahwa ada dua gadis kecil yang begitu sempurna menungguku di rumah sakit", ungkap Day menceritakan proses kelahiran anak kembarnya, dikutip dari situs resmi Newport Country.

"Malam itu begitu luar biasa. Aku mengalahkan Middlesbrough 2-0 dan memastikan diri akan menghadapi Man City lalu mendapat dua anak kembar. Aku sangat beruntung dan bangga dengan Lizzie."

Anak kembar dari Joe Day dan Lizzie diberi nama Sophia Grace Day dan Emelia Lillie Day.

Komentar