Empat Cara Melihat Kekalahan Arsenal

Cerita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Empat Cara Melihat Kekalahan Arsenal

Usaha Arsenal untuk mempertahankan gelar juara Piala FA terhenti di pertandingan pertama. The Gunners kalah di babak ketiga (setraa 64 besar) untuk pertama kalinya sejak 1995/96. Berikut adalah empat cara melihat kekalahan Arsenal 2-4 dari Nottingham Forest pada putaran ketiga Piala FA 2017/18.

Manajer interim

Gary Brazil hanya manajer interim. Menjamu Arsenal adalah tugas keduanya tahun ini. Menjamu Arsenal adalah tugas keduanya sejak menjadi pengganti sementara untuk Mark Warburton yang didepak pada hari terakhir 2017.

Brazil memulai kariernya di dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih di Notts County. Ia kemudian diangkat menjadi manajer di klub yang sama, diturunkan ke jabatan semula, dan kembali diangkat menjadi manajer.

Selepas Notts County, Brazil bekerja di Doncaster Rovers sebagai youth coordinator, lalu di Fulham sebagai pelatih kepala tim U18.

Per 15 Mei 2012, Brazil bekerja untuk Nottingham Forest dengan jabatan head of youth department. Pada 25 hingga 30 Juni 2014, Brazil menangani sembilan pertandingan sebagai manajer interim. Ia mempersembahkan 0,89 poin per pertandingan.

Brazil kembali menjadi manajer interim pada 15 Januari 2017. Tugas tersebut diembannya hingga 13 Maret tahun yang sama. Brazil menangani Nottingham dalam sebelas pertandingan, dengan rataan poin 1,18 per laga.

Lulusan Nottingham

Jordan Smith, Joe Worrall, Ben Osborn, Matty Cash, Barrie McKay, Ben Brereton, dan Tyler Walker punya dua kesamaan. Pertama, mereka semua ambil bagian dalam kemenangan atas Arsenal. Kedua, mereka semua lulusan tim muda Nottingham.

Kapan masing-masing dari mereka dipromosikan ke tim utama dan seberapa penting peran mereka di tim utama, walau demikian, berbeda.

Smith dipromosikan ke tim utama pada awal musim 2016/17. Statusnya sekarang adalah penjaga gawang utama. Usianya baru 23 tahun. Worrall, yang dipromosikan satu musim lebih dulu dan tiga tahun lebih muda dari Smith, adalah bek tengah utama. Ben Osborn (23 tahun), malah dipromosikan lebih awal: 1 Januari 2014. Satu dari dua posisi gelandang di tim utama adalah miliknya.

Cash (20 tahun) berbeda. Musim ini ia baru tampil dalam empat pertandingan di Championship. Melawan Arsenal, pergerakannya di sisi kiri pertahanan lawan membuat Nottingham mendapat penalti pertama mereka di pertandingan tersebut. Cash ditarik keluar pada menit ke-87, digantikan McKay (23 tahun, bukan lulusan Nottingham, penyerang sayap utama musim ini).

Maju sebagai eksekutor untuk penalti yang didapat dari Cash adalah Breteton, penyerang berusia 18 tahun. Berhadapan dengan penjaga gawang utama tim nasional Kolombia, Breteton tak gentar. Kalah pengalaman tak jadi soal.

Breteton hanya tampil dalam 17 pertandingan Championship musim ini, dan hanya dua kali tampil penuh. Saingannya adalah Walker, sesama penyerang muda (21 tahun). Semalam, Walker masuk pada menit ke-56 sebagai pengganti Zach Clough, penyerang sayap kiri.

Lini belakang senior

Kontrak Eric Lichaj akan berakhir pada 30 Juni 2018 nanti. Belum ada kesepakatan baru mengenai perpanjangan kontrak. Semalam, Lichaj mencetak dua dari empat gol kemenangan Nottingham -- dua pertama, dan dengannya menempatkan Nottingham di posisi memimpin.

Sementara itu kontrak Michael Mancienne, kapten Nottingham dalam dua pertandingan terakhir, baru akan selesai di akhir musim depan. Pun demikian dengan Armand Traoré, eks pemain Arsenal sekaligus pemenang penalti kedua dalam pertandingan semalam.

Usia Lichaj, Mancienne, dan Traoré masing-masing 29, 30, dan 29 tahun. Matthew Mills, yang masuk menggantikan Kieran Dowell pada menit ketiga injury time babak kedua, malah lebih senior. Usianya 31 tahun. Kontraknya selesai di akhir musim ini.

“Saya rasa pemain-pemain senior kami, Eric, Mance, Armand, dan Vaughan hari ini memimpin dengan memberi contoh dan para pemain muda mengikuti,” ujar Gary Brazil sebagaimana dikutip dari situs resmi Nottingham. “Mereka memberi kami dasar permainan dan dari sana kami membangunnya sehingga kami dapat menampilkan permainan yang sangat kuat melawan tim yang sangat bagus.”

Pemanfaatan sumber daya, dari mana pun asalnya

Susunan pemain Nottingham Forest pada pertandingan pertama Gary Brazil (Leeds United 0-0 Nottingham, 01/01) nyaris sama dengan susunan pemainnya semalam. Yang membedakan hanya David Vaughan dan Zach Clough, yang masing-masing menggantikan posisi Liam Bridcutt dan Barrie McKay.

Kieran Dowell, sementara itu, tetap menempati satu posisi di belakang penyerang. Dowell, pemain pinjaman dari Everton, adalah gelandang serang utama Nottingham musim ini. Di Championship, pemain berusia 20 tahun tersebut sudah tampil dalam 26 pertandingan. Ia mencetak delapan gol dan empat asis. Semalam, Dowell mencetak satu asis untuk gol pertama Nottingham dan satu gol untuk gol terakhir.

Komentar