Kisah Pilu di Balik Menghilangnya David Silva dari Skuat Man City

Cerita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Kisah Pilu di Balik Menghilangnya David Silva dari Skuat Man City

Manchester City melakoni tiga dari empat pertandingan terakhirnya di penghujung tahun 2017 tanpa David Silva. Pada 16 Desember, City melakoni pertandingan menghadapi Tottenham Hotspur di Etihad Stadium, dalam laga yang berkesudahan dengan skor 4-1 untuk kemenangan Man City, tak terlihat David Silva berada dalam daftar susunan pemain yang diturunkan manajer Josep “Pep” Guardiola.

Namun saat menghadapi Bournemouth pada 23 Desember di Etihad Stadium, Silva kembali mengisi barisan tengah Man City. Dalam laga yang berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Man City, Silva diturunkan selama 90 menit. Setelah itu, dalam dua laga terakhir Man City menghadapi Newcastle United (1-0) dan Crystal Palace (0-0), Silva kembali menghilang dari daftar susunan pemain The Citizens.

Hilangnya Silva menjadi misteri, sebelumnya tidak ada isu transfer yang menyeret nama pemain asal Spanyol itu. Selain itu tidak ada pula informasi yang mengabarkan Silva mengalami cedera. Situs Fantasy Premier League sempat menulis jika Silva absen karena "personal reasons", yang membuat banyak manajer FPL bertanya-tanya karena memang banyak juga yang memasang Silva di tim fantasi mereka.

Di tengah kesimpangsiuran informasi terkait menghilangnya Silva, Pep akhirnya angkat bicara dan mengonfirmasi bahwa Silva meminta izin pulang ke Spanyol karena ada urusan keluarga yang sangat penting.

Pep, tidak memberikan pernyataan detil urusan keluarga yang harus diselesaikan Silva di Spanyol. Namun setidaknya dengan konfirmasi yang diberikan Pep memastikan bahwa Silva dalam kondisi baik-baik saja dan paling penting ia tidak masuk dalam daftar jual Man City di bursa transfer musim dingin yang dibuka pada 1 Januari 2018.

Mengawali pertandingan Liga Primer di tahun 2018 menghadapi Watford, Selasa (2/1), di Etihad Stadium, Silva kembali ditampilkan Pep. Dalam laga tersebut Silva tampil sebagai starter dan bermain selama 90 menit. Tidak ada gol atau asis yang ditorehkan Silva. Namun melalui perannya yang vital di lini tengah City, Silva berkontribusi besar membawa The Citizens meraih kemenangan atas Watford dengan skor 3-1.

"Kami sangat gembira David Silva kembali bersama kami. Kami tak tahu berapa lama dia akan bersama kami, tapi Anda melihat lagi hari ini bahwa dia adalah pemain penting untuk kami," terang Pep, dilansir dari halaman resmi klub.

Beberapa hari setelah pertandingan menghadapi Watford, melalui akun Instagram-nya, Silva mengungkapkan alasan sebenarnya ia absen dalam beberapa laga bersama Man City di penghujung tahun 2017. Silva mengungkapkan bahwa putranya, Mateo, lahir secara prematur dan harus membutuhkan penanganan medis secara intensif.

"Aku ingin berterima kasih kepada seluruh cinta kalian dan doa yang aku terima dalam beberapa pekan belakangan ini. Terima kasih khususnya kepada rekan-rekan setimku, manajer, dan seluruh pihak di klub atas pengertian dalam situasiku. Aku juga ingin mengabarkan kelahiran putraku, Mateo, yang lahir sangat prematur dan sedang berjuang hari demi hari dengan bantuan tim medis," tulis Silva pada Rabu (3/1) malam WIB.

COMUNICADO OFICIAL

A post shared by David Silva (@david21lva) on

Keluarga prioritas utama

Laga melawan Watford menandai kembalinya David Silva ke skuat utama Man City. Namun itu bukan jaminan bagi pemain berusia 31 tahun itu bisa rutin bermain bersama Man City dalam beberapa laga ke depan. Mengingat kondisi Mateo yang sedang dalam perawatan intensif, besar kemungkinan bahwa Silva masih harus bolak-balik pulang ke Spanyol, memantau kondisi perkembangan kesehatan anaknya itu.

Pep mengungkapkan bahwa Silva tidak perlu sungkan meminta izin pulang ke Spanyol untuk memantau kondisi perkembangan anaknya. Ia melanjutkan bahwa keluarga adalah hal utama yang harus diprioritaskan. Andai kata Man City harus kehilangan poin karena Silva tidak bermain, ia tidak akan merasa keberatan dengan hal tersebut, karena Silva tengah berjuang untuk masalah yang lebih penting dari pekerjaannya.

"David bebas untuk tinggal atau pergi kapan saja dia perlu. Itu bergantung pada kondisi keluarganya. Keluarga adalah hal paling penting dalam hidup. Aku tak akan pernah memaksanya. Jika kami kehilangan poin karena dia tak bersama kami, biarlah begitu. Keluarga adalah segalanya dan harus menjadi prioritas utama," katanya.

Bisa dibilang saat ini Silva tengah menghadapi cobaan yang sangat berat setelah Mateo, putranya lahir prematur dan harus mendapat perawatan intensif untuk bertahan hidup. Meski tengah berada dalam masa sulit, Silva tetap menunjukkan penampilan impresif bersama Man City di laga menghadapi Watford.

Gary Neville yang dikenal pelit pujian pun mengapresiasi profesionalisme yang ditunjukkan Silva. "Aku tidak bisa mendapatkan nama pemain dari klub rival yang memiliki pribadi sebagus David Silva," ujar Neville seperti dilansir Manchester Evening News.

Neville melanjutkan bahwa Silva merupakan sosok teladan yang harus ditiru oleh semua pesepakbola. Mantan Kapten Manchester United itu menambahkan, meski berada dalam kondisi pelik, Silva masih bisa menunjukkan permainan impresif ketika di lapangan.

"Dia adalah pemain yang pantas menjadi contoh. David Silva bisa beradaptasi dengan baik di tempat baru, tidak pernah mengeluh dan selalu menunjukkan penampilan yang brilian," tukas Neville.

Sebelumnya ada juga cerita yang mengedepankan keluarga daripada sepakbola, seperti yang ditunjukkan oleh Ryan Colclough. Setelah mencetak gol kedua, penyerang Wigan Athletic ini langsung berlari ke rumah sakit sesaat setelah ditarik keluar digantikan oleh pemain Wigan lainnya. Ia buru-buru karena mengetahui putranya baru saja lahir. Ternyata ada yang lebih penting daripada mencetak gol ketiga.

Foto: Twitter

Komentar