Terima Kasih Rene Higuita Atas Tendangan Kalajengkingnya!

Cerita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Terima Kasih Rene Higuita Atas Tendangan Kalajengkingnya!

Tendangan kalajengking sedang menjadi demam tersendiri di Liga Primer 2016/2017. Tercatat ada dua pemain yang melakukannya, yaitu Henrikh Mkhitaryan dan Olivier Giroud. Setelah melakukan tendangan kalajengking tersebut, ucapan terima kasih pun tampaknya harus mereka sematkan kepada seorang Rene Higuita.

Kedua pemain tersebut (Micki dan Giroud) melakukan tendangan kalajengking dalam dua momen yang berbeda. Micki mencetak gol dengan tendangan kalajengking ketika melawan Sunderland. Sedangkan Olivier Giroud melakukan tendangan kalajengking ketika Arsenal menghadapi Crystal Palace. Jeda enam hari memisahkan tendangan kalajengking Micki dan Giroud ini.

Perdebatan pun menyeruak. Dari dua tendangan kalajengking tersebut, banyak orang membandingkan tendangan kalajengking siapa yang lebih bagus. Ada yang bilang bahwa tendangan Giroud lebih bagus karena tidak berada dalam posisi offside, ada yang bilang tendangan Micki lebih bagus, malah ada yang tidak peduli sama sekali akan hal tersebut. Micki dan Giroud pun tidak mau ambil pusing, bahkan Giroud mengatakan bahwa apa yang ia lakukan ini murni keberuntungan semata.

"Alexis memberikan bola kepada saya. Lalu, saya hanya mencoba mengangkat kaki belakang saya, dan bola pun berbelok ke gawang. Itu benar-benar murni keberuntungan," ucap Giroud seperti dilansir Daily Mail.

Sebenarnya, tendangan kalajengking ini adalah sesuatu yang sudah terjadi lama. Mari sejenak kembali ke masa 90an, saat tendangan ini pertama kali dikenalkan.

Tentang Tendangan Kalajengking dan Siapa yang Pertama Kali Melakukannya

Tendangan kalajengking adalah salah satu aksi akrobatik yang kerap dilakukan oleh pemain sepakbola, seperti halnya tendangan salto (overhead kick), tendangan gunting (bicycle kick), ataupun back heel. Tendangan kalajengking ini ditandai dengan gerakan badan yang menyerupai kalajengking, yaitu ketika kita membungkukkan badan, meletakkan kedua tangan di atas tanah, dan mengangkat kaki agar menyerupai ekor kalajengking. Bola ditendang dengan kaki yang sudah diangkat tadi.

Higuita sedang melakukan tendangan kalajengking. Sumber: @sportingindex

Tendangan ini pertama kali dilakukan oleh penjaga gawang timnas Kolombia, Rene Higuita (gambar di atas), dalam laga persahabatan antara Inggris melawan Kolombia pada 1995 silam di Wembley. Higuita yang sudah dikenal dengan segala permainan akrobatik dan aksi sweeper-keeper nya ketika itu menjadi bagian skuat timnas Kolombia yang bermain di Wembley. Berniat menghalau bola hasil umpan silang Jamie Redknapp, Higuita melakukan malah meloncat dan melakukan tendangan kalajengking.

Sontak apa yang ia lakukan ini pun langsung mengundang perhatian banyak orang, malah komentator pertandingan pun langsung mengucap, "Apakah Anda pernah melihat sesuatu seperti ini sebelumnya?", menandakan bahwa sebelumnya tidak ada penjaga gawang yang melakukan penyelamatan semacam itu. Perhatian media pun banyak tertuju padanya berkat apa yang ia lakukan ini. Tendangan kalajengking pun lahir pada 6 September 1995.

Siapa Lagi yang Sering Melakukan Tendangan Kalajengking?

Setelah 1995, tendangan kalajengking ini pun mulai ditiru oleh pemain lain. Ada beberapa pemain yang cukup sering melakukan tendangan ini, salah satunya adalah penyerang yang sekarang membela Manchester United, Zlatan Ibrahimovic. Pemain asal Swedia ini sering melakukan aksi tendangan kalajengking, baik itu ketika masih membela PSG, AC Milan, Juventus, Ajax, maupun Inter Milan. Ini tak lepas dari kondisi fisik dan kemampuan kaki yang memang membantunya untuk melakukan hal tersebut.

Selain Ibra, ada pemain-pemain lain yang juga kerap melakukan tendangan kalajengking. Dmytro Ulyanov, Stephan El Shaarawy, Keylor Navas, bahkan anak dari Robin van Persie, Shaqueel mampu melakukan tendangan kalajengking ini. Terkhusus untuk El Shaarawy, ia mengaku bahwa Ibrahimovic adalah inspirasinya dalam melakukan tendangan kalajengking ini.

"Saat saya masih berseragam AC Milan bersama Zlatan Ibrahimovic, banyak hal yang saya pelajari darinya, salah satunya adalah tentang tendangan kalajengking ini. Terima kasih, Ibra," ujar El Shaarawy suatu waktu.

Dari Wembley, tendangan kalajengking ini pun menyebar ke seantero dunia.

***

Andreas Campomar, seorang sejarawan sepakbola, mengatakan bahwa tendangan kalajengking ini adalah sebuah berkah dari sepakbola. Ia menyebut bahwa gerakan ini mampu memberikan hiburan tersendiri kepada penonton selain kemenangan dan kekalahan yang memang menjadi tujuan akhir dari sebuah pertandingan sepakbola. Campomar juga menyebut bahwa tendangan ini adalah tanda bahwa keindahan belum sepenuhnya luput dari sepakbola.

Oleh karena itu, beruntunglah bagi mereka yang masih mampu menyaksikan keindahan tendangan kalajengking Mkhitaryan dan Giroud, serta tendangan kalajengking dari para pemain lain. Jangan lupa, berterima kasihlah kepada Rene Higuita, karena sudah menemukan dan mengenalkan tendangan kalajengking ini kepada dunia.

Sumber lain: Daily Mail, Daily Mirror

foto: @anajjny

Komentar