Tinjauan Paruh Musim Bundesliga 2016/2017

Cerita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tinjauan Paruh Musim Bundesliga 2016/2017

Best XI Bundesliga Paruh Musim Pertama 2016/2017

Untuk jajaran pemain terbaik, selain pemain-pemain dari Bayern München tentunya, ada juga pemain-pemain lain yang sudah memberikan kontribusi maksimal untuk timnya. Di posisi penjaga gawang, ada nama Manuel Neuer yang masih menjadi penjaga gawang terbaik. Mencatatkan delapan kali clean sheet serta 2,1 save per pertandingan membuat gawang Bayern hanya kebobolan sembilan saja dari 16 pertandingan.

Meski total save yang Neuer catatkan lebih sedikit daripada Oilver Baumann (3,6 save per pertandingan) serta Rune Jarstein (3 save per pertandingan), total kebobolan Bayern yang sedikit ini tak lepas dari peran seorang bek bernama Mats Hummels, serta gelandang tengah bernama Thiago Alcantara.

Banyaknya total intersep yang mereka berdua lakukan baik itu di tengah maupun di lini pertahanan (jika ditotal keduanya mencatatkan 6,7 intersep per pertandingan) membuat jarang ada bola yang sampai ke gawang Bayern. Kedua pemain ini juga yang masuk jajaran starting XI Bundesliga per pertengahan musim pertama.

Selain nama Hummels, ada nama Niklas Süle yang menjadi pendamping dari Hummels. Bek kelahiran Frankfurt ini memiliki kemampuan untuk menjadi ball-playing defender dengan catatan umpan akurat sebesar 90%. Ia juga adalah sosok kunci di balik timnas Jerman U-23 yang meraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Untuk posisi fullback kiri dan kanan, ada dua nama yang terpilih, yaitu Marcel Halstenberg (RB Leipzig) serta Benjamin Henrichs (Bayer Leverkusen). Kedua pemain ini menjadi pemain kunci di timnya masing-masing, serta memiliki kemampuan overlap sekaligus bertahan yang tak kalah baiknya.

Halstenberg adalah fullback yang mencatatkan chances created terbanyak untuk timnya, yaitu sebanyak 17 kali dari 70% rataan umpan sukses yang ia lakukan. Ia juga banyak mencatatkan intersep untuk timnya, yaitu 43 kali.

Sementara itu Henrichs, meski sebenarnya berposisi sebagai gelandang kanan, ia kerap ditempatkan menjadi fullback kanan. Ia bahkan mencatatkan aksi bertahan yang cukup banyak, yaitu 43 kali intersep dan 29 kali menyapu bola. Ia juga menjadi pemain yang mencatatkan chances created yang cukup banyak untuk timnya, yaitu sembilan kali dari total 79% umpan sukses yang ia lakukan.

Untuk lini tengah, melengkapi nama Thiago Alcantara yang menjadi poros, ada nama Emil Forsberg dan Ousmane Dembele. Forsberg menjadi pemain penting di Leipzig dengan catatan 30 chances created nya, sementara Dembele pun menjadi pemain andalan Dortmund untuk mendobrak pertahanan lawan lewat kemampuan dribelnya.

Sedangkan di lini depan, tiga tridente pencetak gol terbanyak Bundesliga saat ini, yaitu Robert Lewandowski, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Anthony Modeste adalah nama yang terpilih. Meski memang ketiganya bertipikal target man, tapi khusus untuk Modeste dan Aubameyang, mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan ruang bagi pemain lain. Inilah yang akan sangat berbahaya jika dipadukan dengan kemampuan Lewy sebagai finisher dan tahu bagaimana caranya memanfaatkan ruang kosong.

Jika dipetakan, beginilah kira-kira susunan XI Bundesliga paruh musim pertama 2016/2017. Tim ini akan ditangani oleh nama muda nan penuh sensasi, Julian Nagelsmann.

Sumber: Transfermarkt, Squawka, Whoscored

Infografis dan Gambar Fitur: Mayda Ersa Pratama

Komentar