Daftar Pemain "Korban" Josep Guardiola

Cerita

by Abrar Firdiansyah 46698

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Daftar Pemain "Korban" Josep Guardiola

Josep Guardiola dikenal sebagai pria yang memegang teguh prinsipnya. Ia dikenal enggan menang dengan cara bermain buruk. Eks pelatih Barcelona ini bahkan dikenal sebagai salah satu pelatih memiliki prinsip tak tergoyahkan dalam bersepakbola.

Salah satu bukti kuatnya prinsip yang ia pegang adalah soal pemain. Meski beberapa kali ia kerap melakukan rotasi, ia juga dikenal sebagai sosok yang keras soal pemain yang mengharuskan diri paham akan taktik yang ia gunakan.

Beberapa pemain harus menanggung nasibnya akibat kebijakan Guardiola ini. Tidak hanya status-nya diturunkan, beberapa dari mereka harus menerima nasib untuk angkat kaki dari kesebelasan yang diasuh oleh Guardiola.

Nama Yaya Toure menjadi nama terakhir yang harus menerima nasib buruk tersebut. Hal ini diakibatkan peran Toure di musim lalu yang bertabrakan dengan konsep yang akan digunakan oleh Guardiola. Saudara kandung Kolo Toure ini pun harus rela disingkirkan dari tim utama dan yang paling tragis, tidak didaftarkan ke skuat City untuk Liga Champions.

Berikut daftar nama pemain yang pernah “dibuang” akibat kebijakan Guardiola yang diurutkan berdasarkan waktu Guardiola melatih.

Barcelona

Dilengserkannya Frank Rijkaard membuat Josep Guardiola dilantik menjadi pelatih. Baru beberapa hari melatih, Guardiola sudah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa ada beberapa nama yang tak akan masuk skemanya di musim 2008/09.

Perlahan, nama-nama tersebut mulai diketahui. Beberapa pilar Barcelona di pertengahan 2000-an, seperti Ronaldinho, Deco, Samuel Eto’o, Gianluca Zambrotta, Edmilson, dan Giovani do Santos, tidak masuk ke dalam rencananya.

Dalam wawancaranya dengan New York Times, Guardiola berkata, “Saya dan jajaran pelatih sudah menganalisa penampilan mereka di musim lalu. Hasilnya, kami akan menyiapkan tim di musim ini tanpa mereka.”

“Jika mereka mampu membuat 60 gol di musim ini (musim 2008/09), saya akan bantu mereka. Namun, jika mereka tidak mampu menyajikan yang terbaik, mereka tidak akan bersama dengan kita.

Nama-nama di atas pun pada akhirnya hengkang dari Camp Nou. Ronaldinho dan Gianluca Zambrotta ke AC Milan, Deco ke Chelsea, Edmilson ke Villarreal, Giovani dos Santos ke Tottenham Hotspur, dan Samuel Eto’o ke Inter usai ditukar dengan Zlatan Ibrahimovic.

Dua musim di Barcelona, dua nama lain masuk ke dalam nama yang tak diinginkan oleh Guardiola. Kali ini giliran Yaya Toure dan Zlatan Ibrahimovic.

Yaya kurang disukai oleh Guardiola karena gaya bermainnya tidak cocok dengan skema yang dipakai. Akibatnya ia kehilangan tempat usai Guardiola memberikan tempat Yaya kepada Sergio Busquets.

Sementara Ibrahimovic dilepas karena keduanya memiliki pandangan yang berbeda soal sepakbola. Saat sudah pindah ke City [ralat: United], Ibrahimovic berkata bahwa ia tidak berbicara dengan Guardiola selama enam bulan terakhir.

Halaman Berikutnya, Bayern Munchen dan Skuat Lengkap Buangan Pep Guardiola

Komentar