10 Pemain Bintang yang Gagal Didapatkan Wenger

Cerita

by Abrar Firdiansyah 31828

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

10 Pemain Bintang yang Gagal Didapatkan Wenger

Bukan Arsenal namanya jika tidak memberikan harapan setinggi langit. Pada bursa transfer, tak sedikit nama-nama pemain bintang top dunia dikaitkan akan merumput ke kesebelasan asal Londong tersebut. Namun biasanya hal tersebut hanya isu semata. Karena setiap musimnya, Arsenal memang lebih sering membuat gemas para pendukungnya. Tak terkecuali dari bursa transfer.

Di masa lalu, Arsenal punya kans merekrut banyak pemain top, bahkan sebelum mereka menjadi pemain yang dikenal dunia. Namun karena Arsenal ditakdirkan untuk harus berjuang lebih keras untuk meraih gelar juara dengan pemain hebat, para pemain tersebut urung ke Arsenal.

Siapa saja mereka? Berikut daftar pemainnya:

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo yang kini merumput di Real Madrid ini diketahui hampir bergabung dengan The Gunners pada 2003 lalu. Menurut expert sepakbola Spanyol, Guillem Balague, Ronaldo yang saat itu masih bermain di Sporting Lisbon diundang ke London untuk membicarakan mengenai kemungkinan pindah.

Kepindahan Ronaldo ke Arsenal urung terlaksana usai The Gunners disebut hanya memiliki sisa sedikit uang pasca pembangunan stadion baru di tahun yang sama. Balague menambahkan, tujuh bulan setelah kegagalan transfer tersebut itulah CR7 didatangkan Manchester United.

Lionel Messi

Mega bintang sepakbola lain, Lionel Messi, nyatanya juga pernah hampir bergabung dengan Arsenal. Guillem Balague berkata pada musim 2002/03, pencari bakat Arsenal di Spanyol, Francis Cigagao, sudah memiliki hubungan yang begitu dekat dengan agen Lionel Messi ketika masih junior, Horacio Gaggioli.

Tapi sayang, pembicaraan tidak berlanjut karena Messi dan keluarganya disebut menolak apa yang sudah ditawarkan oleh Cigagao dan Arsenal. “Messi dan keluarganya sendiri merasa sudah begitu nyaman berada di Barcelona,” ucap Wenger seperti dikutip The Telegraph.

Gerrard Pique

Rumor transfer Pique berada dalam waktu yang hampir sama dengan Messi serta kompatriotnya, Cesc Fabregas. Kala itu tim pemandu bakat Arsenal memang menyaksikan tim U-16 Barcelona pada 2002, di mana ketiganya turut serta (Pique duduk di bangku cadangan).

Pique dan Fabregas (serta Messi) hendak direkrut Arsenal secara bersamaan. Namun karena usia keduanya saat itu masih 15 tahun, keduanya harus menunggu satu tahun untuk bisa direkrut terkait regulasi UEFA. Fabregas rela menunggu, dan bergabung ke Arsenal pada September 2003, sementara Pique berubah pikiran. Tapi ternyata, Pique tetap hijrah ke Inggris pada 2004. Hanya saja bukan ke London, melainkan ke Manchester, Manchester United.

Dimitri Payet

Salah satu pemain yang diketahui pernah hampir memperkuat Arsenal adalah bintang West Ham United saat ini, Dimitri Payet. Proses tersebut diketahui sebelum pemain yang berlaga di Piala Eropa 2016 ini terbang ke West Ham musim lalu.

Arsenal sudah cukup lama memantau mantan gelandang Marseille ini sebelum hijrah ke Inggris. Namun Wenger enggan meneruskan ke pembicaraan resmi. Seperti dikutip dari Daily Star, Wenger berkata, “Saya begitu sering memikirkannya (Payet). Namun sayang, kesepakatan tersebut tidak terjadi karena ia tidak menunjukkan permainan yang konsisten (saat itu).”

Yaya Toure

Nasib Yaya Toure yang kini dipinggirkan oleh Josep Guardiola tampaknya bisa berubah jika dulu ia sabar menunggu Arsenal. Wenger berkata di situs resmi Arsenal, pada 2011, “Saya mengenal dia dengan begitu baik, bahkan sejak ia masih berusia 15 tahun. Dia tiba di sini sebagai seorang pemain muda. Dan hal tersebut merupakan sebuah masalah karena kami tidak bisa merekrut pemain yang tidak bermain di level internasional. Selain itu, ia juga tidak sabar menunggu dan malah pergi ke Metalurg Donetsk, untuk segera mendapatkan kesempatan bermain.”

Gareth Bale

Akademi Southampton 2005/06 memiliki dua pemain muda yang tampak siap untuk diorbitkan, Theo Walcott dan Gareth Bale. Namun saat itu Arsene Wnger hanya memilih untuk mendaratkan Walcott seorang dan melewatkan kesempatan mendapatkan Bale.

Saat ditanya mengapa hanya membeli Walcott, Wenger berkata, “Karena saat itu saya sudah memiliki bek kiri lain". Bek kiri yang dimaksud Wenger saat itu adalah Gael Clichy.

N’Golo Kante

N’Golo Kante menjadi salah satu nama yang tampaknya disesali oleh Arsene Wenger. Sama seperti para pemain berbakat lain, Wenger sudah mencium potensi Kante sebelum namanya dikenal.

Dalam salah satu wawancara, Wenger berkata, “Saya sudah lama menaruh perhatian terhadap Kante. Tidak mengagetkan melihat dia karena salah satu teman dekat saya pernah memberikan saran mengenai Kante. Namun sayang, saat kami akan mendatangkannya, ia sudah pergi ke Inggris.”

Zlatan Ibrahimovic

Pemain tenar lain yang pernah mendapatkan kesempatan untuk bergabung Arsenal adalah Zlatan Ibrahimovic. Tapi dalam perjalanannya, Ibra gagal bergabung ke Arsenal karena Wenger memintanya menjalani trial terlebih dahulu.

Hal ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum karena Ibrahimovic pernah mengatakannya kepada publik. “Saya tidak percaya apa yang ia [Wenger] tawarkan. Saya pun tidak mengambilnya karena Zlatan tidak akan mengikuti audisi.”

Didier Drogba

Didier Drogba menjadi salah satu penyesalan terbesar Wenger. Dalam suatu wawancara disebutkan bahwa salah satu pencari bakat Arsenal diterbangkan oleh Wenger ke Prancis untuk datang ke Le Mans, untuk menyaksikan permainan Drogba.

“Kami menyaksikan Drogba bermain di Le Mans. Tapi, pada akhirnya kami tidak jadi mendatangkannya karena kami merasa ia belum siap. Dan yang jelas hal itu merupakan sebuah kesalahan,” ujar Wenger seperti dikutip oleh The Scottish Sun.

Angel di Maria

Penyesalan lain Arsene Wenger yang berhasil kami lacak adalah Angel Di Maria. Pemain yang kini memperkuat Paris Saint-Germain ini diketahui telah dilacak Arsenal sejak ia masih berusia 17 tahun.

“Kami mulai melacak Di Maria sejak ia masih berusia 17 tahun, ketika ia masih berada di Rosario. Namun pada akhirnya kami gagal mendapatkannya karena ia pindah ke Portugal. Alasannya tentu saja karena urusan ijin kerja. Begitu lah seterusnya,” tandas Wenger.

***

Selain 10 nama di atas, sebenarnya masih banyak pemain lain yang kabarnya pernah nyaris bergabung dengan Arsenal. Dailystar bahkan mencatatkan ada 17 nama lain selain nama di atas. Beberapa di antaranya adalah Riyad Mahrez, Roberto Carlos, Claude Makelele, Vincent Kompany, Juan Mata dan Samuel Eto`o.

Komentar