Momen-momen Terbaik Sepanjang Bundesliga musim 2015/2016

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Momen-momen Terbaik Sepanjang Bundesliga musim 2015/2016

Bundesliga musim 2015/2016 sudah berakhir. Kompetisi sepakbola Jerman tersebut sudah menyelesaikan jadwal pertandingan mereka, dan FC Bayern keluar sebagai juara. Dari total 306 laga yang dipertandingkan dalam 34 pekan di 18 stadion berbeda, banyak kejadian yang terjadi.

Sejak memulai kick-off pada 14 Agustus tahun 2015 lalu, banyak momen-momen yang akan selalu di ingat dari gelaran Bundesliga kali ini. Berikut kami pilihkan lima momen terbaik yang terjadi di Bundesliga musim edisi kali ini.

Ralph Hasenhüttl Tak Sanggup Saksikan Timnya Eksekusi Penalti

FC Ingolstadt mencatatkan hasil bagus sebagai tim promosi di Bundesliga musim ini. Mereka bertengger di posisi 11 klasemen akhir. Sosok penting di balik kesuksesan Ingolstadt adalah pelatih mereka Ralph Hasenhuttl. Pelatih berusia 48 tahun tersebut bahkan masuk nominasi pelatih terbaik Bundesliga musim ini.

Ada kejadian menarik dari Hasenhuttl musim ini. Pada pekan keempat melawan Werder Bremen, Hasenhuttl melakukan sesuatu yang bisa dibilang tidak biasa. Ia bersembunyi di balik bench ketika timnya mendapatkan penalti di menit akhir. Hasenhuttl tidak sanggup untuk melihat timnya melakukan eksekusi penalti.

Raphael Hassenhuttl bersembunyi di balik bench ketika tim nya akan melakukan penalti

Momen tersebut memang menegangkan. karena apabila penalti tersebut menjadi gol, Ingolstadt akan meraih kemenangan. Dan itu akan menjadi rekor, karena mereka akan menjadi tim promosi pertama yang meraih tiga kemenangan di empat laga awal Bundesliga. Hasilnya Hartmann berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, dan Hasenhuttl keluar dari ‘persembunyiannya’ dan ikut merayakan gol kemenangan tersebut.

Come back dramatis Leverkusen

Sebenarnya Bundesliga edisi kali ini tidak berjalan terlalu baik bagi Leverkusen pada pekan-pekan awal. Dari lima pertandingan perdana, mereka kalah tiga kali, termasuk kekalahan memalukan dari tim promosi Darmstadt di kandang sendiri.

Namun di akhir musim skuat asuhan Roger Schmidt menyelesaikan kompetisi di posisi yang cukup baik. Leverkusen berada di peringkat ketiga di bawah FC Bayern dan Dortmund. Di antara pertandingan-pertandingan yang dijalani Leverkusen musim ini, tentu yang terbaik adalah laga melawan Stuttgart.

Perayaan gol Chicharito ketika cetak gol kPerayaan gol Chicharito ketika cetak gol penyama kedudukan ke gawang Stuttgart

Tertinggal 2-0 terlebih dahulu, sempat menyamakan kedudukan melalui Karim Bellarabi. Leverkusen kembali tertinggal setelah Lukas Rupp menyarangkan bola ke gawang Bernd Leno. Leverkusen kemudian secara dramatis berhasil membalikkan keadaan setelah mampu menyamakan kedudukan hanya dalam tempo dua menit melalui gol dari Sebastian Boesnich dan Javier Hernadez. Admir Mehmedi kemudian memastikan kemenangan Leverkusen tepat satu menit menjelang waktu normal pertandingan berakhir. 4-3 untuk Leverkusen.

Perayaan Emosional Andre Breitenreiter

Selain Ralph Hasenhuttl, ada nama pelatih lain yang juga menarik perhatian di Bundesliga edisi kali ini. Ia adalah pelatih Schalke 04, Andre Breitenreiter. Meskipun santer dikabarkan ia akan diganti, sebenarnya Breitenreiter juga melakukan sesuatu yang bisa di bilang baik di Gelsenkirchen. Ia mengantarkan Klaas-Jan Huntelaar dan kawan-kawan ke peringkat ke lima klasemen akhir Bundesliga.

Salah satu yang menjadi highlight Breitenreiter musim ini adalah ketika ia melakukan perayaan gol yang emosional ketika skuat asuhannya berhadapan dengan Hertha Berlin. Saking girangnya Breitenreiter merayakan gol Max Meyer di menit akhir tersebut, ia sampai berlari masuk ke lapangan dan memeluk para pemainnya.

Baca juga :

Andre Breitenreiter dan Masa Depannya di Schalke 04

Saga Transfer Mats Hummels

Cerita tentang ‘kepulangan’ Mats Hummels ke Bavaria sebenarnya sudah berhembus kencang sejak musim lalu ketika Dortmund secara mengejutkan bermain buruk di awal musim. Meskipun diakui keputusan tersebut merupakan sebuah keputusan yang sangat berat, menjelang musim berakhir FC Bayern mengumumkan bahwa kapten Dortmund tersebut akan bergabung dengan skuat mereka untuk musim depan.

Banner dari penggemar Dortmund untuk Mats Hummels

Situasi ini kemudian menjadi sangat panas. Tentu hal ini disebabkan oleh rivalitas antara Dortmund dan FC Bayern. Menjelang kompetisi berakhir keadaan juga semakin pelik, sampai-sampai penggemar Dortmund memasang banner untuk Hummels yang bertuliskan ‘Semakin cepat kapten meninggalkan kapal akan lebih baik’ dalam bahasa Jerman. Hal tersebut seakan menyiratkan bahwa keberadaan Hummels sudah tidak diinginkan lagi oleh publik Dortmund. Bahkan menjelang kompetisi berakhir para penonton selalu menyoraki bek Jerman tersebut tiap kali ia menyentuh atau memegang bola.

Baca juga :

Pindah ke Bayern Merupakan Keputusan Terberat Bagi Hummels

Lima Gol Robert Lewandowski

Sebuah penanda musim yang hebat bagi Robert Lewandowski. Bukan saja berhasil mengantarkan FC Bayern menjadi kampiun Bundesliga, ia juga keluar sebagai pencetak gol terbanyak kompetisi. Dari 25 gol yang dicetaknya sepanjang musim ini tentu yang paling spesial adalah yang ia sarangkan ke gawang VFL Wolfsburg.

Dalam pertandingan tersebut ia berhasil mencetak lima gol! Sesuatu yang memang luar biasa. Lima gol dari Lewandowski tersebut juga mencatatkan banyak rekor hebat. Ekspresi dari Pep Guardiola ketika Lewandowski mencetak gol kelimanya jelas menggambarkan bahwa apa yang dilakukan oleh penyerang asal Polandia tersebut adalah sesuatu yang menakjubkan.

Baca juga :

Guiness World Record Pertama Bagi Lewandowski

***

Banyak hal luar biasa yang terjadi di Bundesliga musim ini selain yang sudah disebutkan di atas. Mulai dari Claudio Pizzaro yang masih tetap tajam, rekor gol Javier Hernandez, hingga dilepasnya Lord Bendtner oleh Wolfsburg. Yang mana momen Bundesliga mana yang jadi favoritmu?

foto : 101greatgoals,bundesliga.com,ESPN FC

Komentar