Kesebelasan-Kesebelasan Liga Top Eropa yang Belum Pernah Terdegradasi

Cerita

by redaksi 63386

Kesebelasan-Kesebelasan Liga Top Eropa yang Belum Pernah Terdegradasi



Liga Belanda

Liga Belanda melahirkan 4 kesebelasan yang belum pernah terdegradasi , yakni Ajax Amsterdam, Feyenoord Rotterdam, PSV Eindhoven, serta FC Utrecht. Keempat klub tersebut tidak pernah terdegradasi mulai dari dibentuknya kompetisi profesional di Belanda, Eredivisie, sejak 1956.

Utrecht sebenarnya baru didirikan pada 1970 hasil merger dari klub yang menjadi anggota pertama dan juara Eredivisie musim 1957/28, VV DOS dengan USV Elijnwijkdan Velox.

Liga Portugal

Liga yang kini dikenal dengan nama Primeira Liga Portugal ini memiliki tiga nama besar yang kerap menjadi kampiun, yakni FC Porto, SL Benfica, dan Sporting CP atau dikenal Sporting Lisbon. Ketiga klub ini jugalah yang tidak pernah terdegradasi dari Primera Liga ke Segunda Liga.

Liga Skotlandia

Liga Skotlandia menghasilkan dua nama yang belum pernah terdegradasi dari kompetisi teratas di negara tersebut, yaitu Celtic dan Aberdeen. Celtic yang mulai mengikuti Liga Skotlandia sejak 1890 (kala itu bernama Scottish League) belum pernah turun ke divisi dua.

Begitu juga dengan Aberdeen yang bermain di level teratas sepakbola profesional Skotlandia sejak 1905 yang kala itu bernama Scotish First Division.

Sementara Rangers yang memegang gelar juara terbanyak Liga Skotlandia ‘terpaksa’ terdegradasi ke level kompetisi keempat Skotlandia pada musim 2011/12 lantaran bermasalah dengan finansial klub.

Liga Inggris

Bila dihitung dari awal kompetisi tertinggi Inggris pada 1888, maka semua klub pernah terdegradasi ke divisi di bawahnya. Namun bila dihitung sejak dibentuknya Liga Primer (English Premier League) pada tahun 1992, maka ada tujuh nama klub yang belum pernah terdegradasi. Nama tersebut adalah Arsenal, Chelsea, Everton, Liverpool, Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Aston Villa. Namun pada musim ini (2015/2016), Aston Villa secara resmi keluar dari `keanggotaan` ini.

Arsenal menjadi klub terlama yang mengikuti liga teratas di Inggris hingga saat ini, yakni 96 tahun, sejak promosinya pada musim 1919. Sebelumnya mereka pernah terdegradasi pada musim 1912/13.

Sumber: guardian, rsssf, wikipedia, situs klub terkait

[tr]

Komentar