Sir Bobby Charlton dan Mereka yang Namanya Diabadikan di Tribun Stadion

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Sir Bobby Charlton dan Mereka yang Namanya Diabadikan di Tribun Stadion

Para pelaku sepakbola yang berdedikasi tinggi, umumnya diberikan sebuah penghargaan besar. Biasanya, nama mereka akan terpajang dalam sebuah artefak sepakbola. Nama-nama seperti Santiago Bernabeu, Ramon Sanchez Piczjuan, Vicente Calederon, Giusseppe Meazza, dan Ali Sami Yen, adalah beberapa pelaku sepakbola yang namanya dijadikan nama stadion.

Namun, hal berbeda terjadi di Inggris, karena kebanyakan nama stadion berasal dari nama jalan atau daerah di mana stadion tersebut didirikan. Maka para pelaku sepakbola di Inggris biasanya diberi penghargaan dengan dibuatkan figurnya dalam sebuah patung atau diabadikan namanya pada salah satu tribun di stadion markas klub bersangkutan.

Yang terbaru tentunya adalah pemain legendaris Manchester United, Sir Bobby Charlton, yang namanya akan diabadikan di salah satu tribun di Stadion Old Trafford.  Melalui laman resmi klub, MU menyebutkan bahwa tribun selatan akan diganti namanya menjadi "Sir Bobby Charlton Stand".

Pergantian nama tersebut adalah bentuk apresiasi klub terhadap kontribusi dan loyalitas Charlton yang juga merupakan bagian dari Busby Babes dan salah satu korban yang selamat dari Tragedi Munich. Rencananya tribun yang dipersembahkan untuk Bobby Charlton tersebut akan diresmikan pada 2 April 2016, bertepatan dengan 60 tahun debut Bobby Charlton untuk Manchester United.

Selain Bobby Charlton, sebelumnya sudah ada nama-nama pelaku sepakbola yang kemudian dijadikan nama tribun/stand berikut di antaranya.

Sir Alex Ferguson Stand – Manchester United

Sir Alex Ferguson Stand di partai kandang terakhir Sir Alex sebelum pensiun
Sir Alex Ferguson Stand di partai kandang terakhir Sir Alex sebelum pensiun

Sebelum mengabadikan Sir Bobby Charlton sebagai nama tribun, Manchester United sudah terlebih dahulu mengabadikan figur yang memiliki kontribusi besar buat klub. Pada 5 November 2011 menjadi hari di mana tribun "United Stand" yang berada di utara, diganti menjadi "Sir Alex Ferguson Stand".

Penamaan ini merupakan bagian dari bentuk penghormatan klub kepada Sir Alex Ferguson yang sudah menjadi manajer United selama kurang lebih 25 tahun serta dengan segala prestasi yang pernah ia dedikasikan buat klub. Setahun kemudian dibuatlah patung manajer asal Skotlandia tersebut yang juga bertepatan dengan waktu pensiunnya.

Jack Walker Stand & Ronnie Clayton Stand – Blackburn Rovers

Jack Walker Stand di Edwood Park. Foto: lostboyos.wordpress.com
Jack Walker Stand di Edwood Park. Foto: lostboyos.wordpress.com

Nama Jack Walker tidak bisa dilepaskan dari sejarah kejayaan Blackburn Rovers. Ia adalah pengusaha di bidang pengolahan baja dan besi. Kala itu, Walker merupakan pemilik Blackburn yang sukses mengantarkan kesebelasan tersebut menjadi juara Liga Primer Inggris pada musim kompetisi 1994/1995. Awalnya, Blackburn tengah kolaps sebelum Walker membelinya. Ia pun kemudian memberi dana transfer yang tepat sehingga Blackburn berhasil menjadi juara.

Atas jasanya tersebut salah satu tribun di Ewood Park, kandang Blackburn, diberi nama "Jack Walker Stands", Bersebelahan dengan tribun penghormatan untuk pemain legendaris Blackburn, Ronnie Clayton.

 Matthew Harding Stand - Chelsea

foto: dailymail.co.uk
foto: dailymail.co.uk

Chelsea pun mendedikasikan tribun utara Stadion Stamford Bridge untuk mengenang mantan direktur klub, Matt Harding, yang wafat karena kecelakaan helikopter pada 1996. Tribun ini disebut-sebut menjadi tempat yang paling spesial apabila menonton Chelsea dalam laga kandang, karena bisa merasakan atmosfer stadion secara keseluruhan. Terlebih lagi dari tribun ini memiliki akses cepat menuju museum resmi klub.

Collin Bell Stand  - Manchester City

Collin Bell Stand, Etihad Stadium
Collin Bell Stand, Etihad Stadium

Sebenarnya jauh sebelum United, rival sekota, Manchester City sudah memberi nama salah satu tribun mereka dengan nama figur penting klub. Pada tahun 2004, para petinggi klub meresmikan nama baru untuk tribun barat mereka menjadi ‘Collin Bell Stand’. Sosok yang dijadikan nama tribun tersebut adalah salah satu pemain legendaris City bersamaan dengan Joe Mercer.

Sir Bobby Robson Stand – Newcastle United - Ipswich Town

Sir Bobby Robson Stand di Portman Road. foto: thefootballnetwork.com
Sir Bobby Robson Stand di Portman Road. foto: thefootballnetwork.com

Pada 2009 silam, Ipswich mengubah nama tribun utara di Portman Road, untuk menghormati mantan manajer mereka, Sir Bobby Robson, yang wafat di usia 76 tahun. Mantan pelatih timnas Inggris tersebut memenangi Piala FA dan Piala UEFA dalam masa jabatannya selama 13 tahun di Ipswich.

Selain itu, "Sir Bobby Robson Stand" pun menjadi nama "tidak resmi" buat tribun timur Stadion St. James Park. Di Newcastle, Robson melatih sejak 1999-2004. Sama seperti Ipswich, petinggi klub awalnya membuat wacana untuk mengganti nama tribun timur. Namun, hal itu urung terjadi.

***


Apabila pembaca bertanya-tanya apakah Arsenal dan Liverpool memiliki tribun yang didedikasikan kepada sosok penting dalam klub mereka? Jawabannya, tidak. Selain patung para pemain, Arsenal hanya memberikan nama jembatan menuju Stadion Emirates dengan nama legenda mereka, Kevin Friar dan Danny Fiszman. Sementara itu Liverpool memberi nama gerbang stadion mereka dengan nama mantan manajer mereka, Bill Shankly dan Bob Paisley.

Yang pasti cara-cara tersebut adalah upaya sebuah klub untuk merawat ingatan seluruh elemen klub mengenai sejarah yang sudah ditorehkan. Bukan saja kepada para pendukung yang menyaksikan.

Komentar