Geliat Kedatangan Pemain Kelas Dunia ke Liga Super Tiongkok

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Geliat Kedatangan Pemain Kelas Dunia ke Liga Super Tiongkok

Sejak bertransformasi menjadi Chinese Super League (CSL) pada 2003, divisi tertinggi dalam sepakbola Tiongkok tersebut terus mengalami perkembangan. Mereka kemudian membuat sebuah terobosan dengan mendatangkan banyak pemain bintang kelas dunia sejak 2011.

Regulasi pemain asing CSL sendiri adalah 4+1, dengan  komposisinya adalah empat pemain asing dari negara non-Asia ditambah satu pemain asing yang berasal dari Asia. Namun yang dapat diturunkan dalam sebuah pertandingan hanyalah tiga pemain asing non-asia dan satu yang berasal dari Asia.

Tren mendatangkan pemain kelas dunia tersebut terus berlanjut dari musim ke musim. Untuk edisi tahun 2016 ini, dua bintang ternama sudah menjejakkan kakinya di bekas wilayah kekuasaan Genghis Khan tersebut. Ramires bergabung bersama Jiangsu Suning, sementara Gervinho mendarat di Hebei Fortune.

Bagaimana  dengan tim-tim CSL yang lain? Menarik melihat komposisi pemain asing di tubuh klub-klub peserta kompetisi tertinggi sepakbola Tiongkok berikut ulasannya.

Beijing Guoan

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Keempat

Klub yang kini ditangani oleh Alberto Zacherroni, melepas seluruh pemain asing mereka kecuali penyerang Brasil, Kleber.  Dilepasnya para pemain asing tersebut sebagai bagian dari kebijakan baru pelatih asal Italia yang dibebankan target untuk membawa Guoan menjadi kampiun CSL edisi kali ini.

Sebagai ganti pemain-pemain yang pergi, Zacherroni mendatangkan mantan pemain Leverkusen, Renato Augusto, kemudian Ralf yang didaratkan dari Corinthians, serta bek kesebelasan negara Uzbekistan, Egor Krimets.

Changchun Yatai.

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat ke-10

Untuk gelaran CSL musim ini, Changchun Yatai memutuskan untuk kembali memakai jasa Marcelo Moreno (Bolivia), Moussa Maazou (Niger) dan slot pemain Asia diberikan kepada Anzur Izmailov yang berasal dari Uzebkistan. Dengan tambahan pemain asing baru asal Kroasia, Darko Matic.

Chongqing Lifan

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Kedelapan

Melepas dua bek asing mereka yaitu Issam El Adoua dan Adam Leijer yang keduanya berposisi sebagai bek tengah, hingga kini Lifan masih mencari sosok pengganti, karena pemain asing yang baru didatangkan yaitu Jung Woo-Young berposisi sebagai gelandang tengah.

Guangzhou Evergrande

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Pertama

Kembali ditangani oleh Luiz Felipe Scolari setelah sempat ditangani Fabio Cannavaro hingga pertengahan tahun lalu, Evergrande hanya mempertahankan tiga dari lima pemain asing mereka. Selain duo Brasil, Ricardo Goulart dan Paulinho, kesebelasan berjuluk “Southern China Tiger” ini juga mempertahankan bek tim nasional Korea Selatan, Kim Young-Gwon.

Dengan kedatangan Alan yang menggantikan Robinho, satu slot pemain asing klub yang diperkuat oleh mantan kiper Persebaya, Zeng Cheng, ini masih belum terisi. Kemungkinan besar kuota tersebut akan diisi oleh pemain yang berasal dari negara yang sama dengan Scolari yaitu Brasil.

Guangzhou R&F

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ke-14

Hampir terdegradasi, Guangzhou R&F melepas hampir semua pemain asing mereka dan hanya mepertahankan Renatinho dan Aaron Samuel. Mereka mengontrak Gustav Svensson dan Jang Hyun-Soo yang berposisi sebagai pemain belakang.

Hangzhou Greentown

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ke-11

Baru saja mengontrak pelatih baru yaitu mantan kapten tim nasional Korea Selatan, Hong Myung-Bo, Greentown belum terlalu banyak mengubah komposisi pemain asing mereka dibandingkan musim lalu. Praktis pemain baru yang mereka datangkan hanya bek kanan asal Korea Selatan, Oh Beom-Seok.

Hebei China Fortune

Peringkat CSL musim lalu : Belum Bermain (Baru Promosi)

Menjadi tajuk utama di media-media sepakbola seluruh dunia karena Hebei yang berstatus sebagai tim promosi dari Jia-A League, langsung memboyong Gervinho sebagai pemain baru mereka. Selain Gervinho, klub yang baru berdiri pada tahun 2010 ini juga mengontrak mantan gelandang Queens Park Rangers, Stephane Mbia sebagai penggawa baru mereka.

Henan Jiaye

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Kelima

Masih mempertahankan komposisi tim yang sama. Henan mempertahankan Jia Xiuquan sebagai pelatih. Henan juga sama sekali tidak mengubah komposisi pemain asing mereka.

Jiangsu Suning

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Kesembilan

Meskipun tertahan di peringkat kesembilan di klasemen akhir CSL musim lalu, Jiangsu tetap berhak berlaga di Liga Champions Asia karena pada musim sebelumnya mereka berhasil menjadi juara di Piala FA Tiongkok.

Karena akan berlaga di kompetisi Asia, kesebelasan yang yang dilatih oleh legenda sepakbola Rumania, Dan Petrescu, ini kemudian mendaratkan Ramires. Gagal mendapatkan Guarin, Jiangsu masih mencari satu pemain asing lagi.

Liaoning Whowin

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ke-12

Terjerembab di peringkat ke-12 CSL musim lalu, Liaoning mengganti seluruh legiun asing mereka. Dengan mendatangkan tiga legiun asing asal Afrika, Assani Lukimya, Ibrahima Toure, dan James Chamanga. Dengan tambahan dua pemain asal Australia yaitu James Troisi dan Michael Thwaite.

Shandong Luneng

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ketiga

Kesebelasan legendaris sepakbola Tiongkok ini juga tidak mengubah komposisi legiun asing mereka. Shandong Luneng yang kini ditangani Mano Menezes bahkan memiliki keuntungan karena gelandang Jucilei terdaftar bukan sebagai pemain Brasil. Karena mantan pemain Corinthians ini ternyata memiliki paspor Palestina yang membuat ia masuk kategori pemain asing Asia.

Shanghai Shenhua

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Keenam

Gregorio Manzano dipastikan hanya melepas gelandang Mohammed Sissoko,  sementara Giovanni Moreno dan Avram Papadapoulous, tetap dipertahankan, juga dua ujung tombak asing mereka, Demba Ba dan Tim Cahill. Di lini tengah, Shanghai berhasil mendatangkan gelandang timnas Kolombia, Freddy Guarin, dari Internazionale Milan.

Shanghai SIPG

Peringkat CSL musim lalu  : Peringkat Kedua

Rival sekota Shanghai Shenhua ini dipastikan akan tetap diperkuat Dario Conca dan Asamoah Gyan. Pelatih SIPG yaitu Sven-Goran Eriksson dalam sebuah kesempatan pernah bekelakar kalau ia akan membawa Wayne Rooney untuk bermain di SIPG.

Shijiazhuang Ever Bright

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ketujuh

Setelah ditinggal Eidur Gudjohnsen yang memutuskan untuk pulang ke negaranya, hingga kini belum menemukan penyerang pengganti yang sepadan. Sementara itu Ruben Micael dan Mario Rondon tetap dipertahankan.

Tianjin Teda

Peringkat CSL musim lalu : Peringkat Ke-13

Hanya memepertahankan Wagner dan Hernan Barcos, Tianjin saat ini masih mengisi sisa dua slot untuk kuota pemain asing mereka. Sementara itu bek nasional Australia, Alex Jovanovic, mengisi slot pemain asing Asia mereka.

Yanbian Fude

Peringkat CSL musim lalu : Belum Bermain (Baru Promosi)

Tim promosi selain Hebei, Yanbian, yang juga ditangani oleh legenda sepakbola Korea Selatan yaitu Park Tae-He, sudah mendatangkan dua pemain bintang negeri gingseng tersebut yaitu Yoon Bit-Garam dan Kim Seung-Dae.

***


Apabila dilihat dari masing-masing klub, trennya hampir serupa dengan yang terjadi di sepakbola Indonesia. Rata-rata legiun asing yang dikontrak adalah para pemain yang berposisi sebagai bek tengah, gelandang serang dan penyerang tengah.

Menurut pembaca apakah akan ada pemain kelas dunia lain yang akan mendarat di CSL? Siapakah sosok tersebut?

Sumber : csl.sina, dailymail, bbc

Foto : dailymail

 

Komentar