Jerome Sinclair dan Kisah Para Debutan Termuda Kesebelasan Liga Primer

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Jerome Sinclair dan Kisah Para Debutan Termuda Kesebelasan Liga Primer

Jerome Sinclair disebut-sebut sebagai talenta teranyar yang dimiliki oleh Liverpool. Berposisi sebagai penyerang sayap, Sinclair menujukkan performa luar biasa bersama tim akademi “The Reds”--julukan Liverpool. Staff pelatih Liverpool bahkan sampai menyebutkan bahwa ada kesamaan gaya permainan antara Sinclair dengan mantan penggawa The Reds yang kini membela Manchester City, Raheem Sterling.

Debut Sinclair di tim senior Liverpool terjadi saat ia masih berusia 16 tahun enam hari pada 2012. Hal tersebut membuat Sinclair menjadi debutan termuda dalam sejarah klub. Kini di bawah asuhan pelatih baru, Jurgen Klopp, karier Sinclair seakan mandeg. Bahkan yang teranyar, keduanya berseteru terkait permasalahan kontrak baru yang diterima Sinclair.

Bisa jadi bagaimana nasib selanjutnya para debutan-debutan termuda untuk tim top Liga Primer Inggris akan menjadi sebuah pengalaman berharga bagi Sinclair, berikut kisahnya.

Jack Wilshere –  Arsenal

Usia ketika melakukan debut Liga Primer Inggris : 16 tahun 256 hari.

Atas saran Steve Bould yang kala itu merupakan pelatih tim cadangan Arsenal, manajer Arsene Wenger kemudian memutuskan untuk mempromosikan Jack Wilshere yang tampil apik bersama Arsenal U-18 di Champions Youth Cup. Ia juga berperan penting dalam kesuksesan Arsenal muda dalam memenangi Piala FA usia muda.

September 2008, Jack Wilshere kemudian diberikan debut oleh Wenger saat Arsenal berhadapan dengan Blackburn di Liga Primer Inggris. Masuk sebagai pemain pengganti, Wilshere hingga kini tercatat sebagai pemain termuda yang melakukan debut bersama Arsenal.

Bermain lebih matang untuk pemain seusianya, Wilshere bahkan sempat mendapatkan penghargaan pemain muda terbaik liga. Sayangnya cedera yang berkepanjangan membuat Wilshere jarang tampil untuk Arsenal. Hal tersebut jugalah yang menjadi penghambat karier pemain yang akan berusia 24 pada tahun ini.

Jody Morris – Chelsea

Usia ketika melakukan debut Liga Primer Inggris : 17 tahun 43 hari.

Naik ketika tim utama Chelsea terlebih dahulu dibandingkan sahabat baiknya, John Terry. Hingga kini Morris tercatat sebagai debutan termuda yang bermain di Liga Primer Inggris untuk klub asal London tersebut. Morris melakukan debut untuk Chelsea pada tahun 1996.

Setelah 124 laga liga Primer Inggris untuk Chelsea dan sempat menjadi kapten tim ketika Gianluca Vialli menjadi manajer di Stamford Bridge, Morris kemudian hijrah ke Leeds United pada 2003. Yang menjadi alasan Morris hengkang adalah gagal bersaing dengan gelandang Chelsea lain seperti Emmanuel Petit dan Dennis Wise, juga kemunculan gelandang muda berbakat bernama Frank Lampard. Setelah Leeds, Morris berpetualang ke banyak klub dari tiap kasta kompetisi Sepakbola Inggris. Morris kemudian pensiun di Bristol City pada 2013 lalu.

Micah Richards – Manchester City

Usia ketika Melakukan debut Liga Primer Inggris : 17 tahun 119 hari.

Micah Richards sempat disebut-sebut sebagai calon defender terbaik Inggris sejak masih berada di akademi Manchester City. Debutnya pada Oktober 2005 melawan Arsenal, meskipun berakhir dengan kekalahan 1-0 Richards tampil sangat baik dan kokoh di lini pertahanan meskipun usianya kala itu masih 17 tahun.

10 tahun membela City, dan berhasil memberikan gelar Liga Inggris yang bersejarah pada musim 2011/2012. Sempat dipinjamkan ke Fiorentina, akhirnya Richards hijrah ke Aston Villa awal musim lalu dan langsung ditunjuk menjadi kapten tim.

Federico Macheda – Manchester United

Usia ketika Melakukan debut Liga Primer Inggris : 17 tahun 226 hari.

Bagi para pendukung setia Manchester United, pertandingan antara tim kesayang mereka melawan Aston Villa pada tahun 2009. Bisa jadi merupakan salah satu partai yang tidak terlupakan. United membalikan keadaan, sesuatu yang sering terjadi di era kepelatihan Alex Ferguson, setelah tertinggal terlebih dahulu dari Aston Villa.

Gol kemenangan Setan Merah – julukan United, kala itu dicetak oleh pemain muda asal Italia berumur 17 tahun, Federico Macheda. Pemain yang akrab disapa Kiko ini bahkan melakukannya dengan spesial, sebuah tendangan melengkung yang menaklukan penjaga gawang Brad Friedel.

Setelah partai tersebut, Macheda digadang-gadang akan menjadi salah satu penyerang terbaik Liga Primer bahkan untuk level dunia. Namun hingga dilego ke Cardiff pada awal era kepelatihan Van Gaal, Kiko gagal memenuhi ekspektasi yang dibebankan kepadanya selama berseragam “Setan Merah”.

Stephen Carr – Tottenham Hotspur

Usia ketika melakuka debut Liga Inggris : 17 tahun 27 hari.

 Namanya boleh jadi asing untuk beberapa penikmat Liga Inggris masa kini.  Tetapi Carr merupakan sosok yang diidolakan bagi tiga klub sekaligus, yaitu Tottenham Hotspur, Newcastle United, dan Birmingham City.

Setelah melakukan debut untuk Tottenham pada usia 17 tahun dan bermain selama 11 musim, Carr kemudian menjadi salah satu pembelian terakhir Sir Bobby Robson untuk Newcastle United. Sebelum memutuskan pensiun Carr kemudian bergabung dengan Birmingham City, di mana Carr berhasil membawa Birmingham menjuarai Piala Liga Inggris pada tahun 2011 dengan mengalahkan Arsenal 3-0 di partai final.

***


Setelah melakukan debut di usia muda, beberapa pemain memang akhirnya terus merengkuh kesuksesan dalam kariernya. Namun ada beberapa juga yang tenggelam dan tidak berhasil memenuhi harapan besar yang dibebankan. Karena salah satu risiko dari pemain muda berbakat adalah ekspektasi dan publisitas yang bisa jadi berlebihan, apalagi ketika seorang pemain muda bermain untuk klub besar.

Jadi, apakah Jerome Sinclair akan sukses atau tenggelam?

Sumber : Squawka, BBC

Foto : Dikompilasi dari dailymail

Komentar