Arsenal Wajib Datangkan Pierre-Emerick Aubameyang

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Arsenal Wajib Datangkan Pierre-Emerick Aubameyang

Sudah satu minggu sejak bursa transfer musim dingin dibuka. Beberapa kesebelasan sudah memperkenalkan secara resmi penggawa teranyar mereka. Beberapa lainnya masih melakukan pendekatan untuk merampungkan transfer pemain incaran.

Pemuncak klasemen Liga Inggris saat ini, Arsenal, disebut-sebut baru saja mendaratkan gelandang asal Mesir, Mohamed Elneny, dari FC Basel. Namun, dengan padatnya jadwal hingga akhir musim, di mana mereka tidak hanya akan berlaga di kompetisi domestik tetapi juga Liga Champions, Arsenal bisa jadi membutuhkan lebih dari satu pemain baru.

Posisi penyerang bisa jadi adalah sektor di mana The Gunners – julukan Arsenal, akan menambah amunisi. Di posisi ini Arsenal sudah memiliki Danny Welbeck dan Olivier Giroud. Ketika keadaan sangat mendesak Arsene Wenger bisa saja memaksakan Theo Walcott, Alexis Sanchez, atau Joel Campbell untuk bermain di posisi penyerang tengah.

Olivier Giroud memang menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal di Liga Inggris dengan sepuluh gol. Bahkan dengan catatannya ini penyerang asal Prancis tersebut berada di urutan enam daftar pencetak gol terbanyak liga. Namun, Giroud tak selamanya akan tampil maksimal dan mencetak gol. Welbeck masih berkutat dengan cedera menjadi tambahan alasan mengapa Arsenal perlu mendatangkan penyerang baru.

Media-media di Inggris sana sudah ramai memberitakan bahwa setidaknya ada tiga nama calon penyerang baru Arsenal; dimulai dari Javier ‘Chicharito’ Hernandez yang tampil gemilang bersama Bayer 04 Leverkusen pasca dilepas Manchester United. Kemudian ada nama penyerang Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang. Dan (yang katanya) penyerang idaman Wenger yang masih saja tertahan di Real Madrid, Karim Benzema.

Namun, di antara tiga nama yang muncul, jika memang Arsenal serius mendapatkan penyerang baru, Arsenal mesti melakukan segala daya dan upaya untuk mendaratkan penyerang asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang. Berikut ulasannya.

Unggul Secara Statistik

Matrik Perbandingan Giroud, Benzema, Aubameyang dan Chicharito
Matrik Perbandingan Giroud, Benzema, Aubameyang dan Chicharito

Matrik di atas menunjukan perbandingan antara Giroud dan tiga penyerang lain yang diisukan akan mendarat di Emirates Stadium. Sepanjang musim ini, Giroud sudah bermain dalam 20 pertandingan dengan rincian 14 kali tampil di line-up utama dan enam kali masuk sebagai pemain pengganti. Sudah 10 gol dan dua assist berhasil dicetak oleh mantan penyerang Montpellier ini.

Dari segi produktivitas di liga masing-masing, Aubameyang memiliki raihan gol yang lebih banyak dibandingkan pesaing-pesaing lain. Penyerang asal Gabon tersebut sudah mencetak 18 gol dari 17 pertandingan Bundesliga. Dan apabila dirata-rata, Aubameyang berhasil mencetak 1,06 dalam setip pertandingan. Perolehan tersebut diikuti oleh Karim Benzema dengan 12 gol, lalu Chicharito yang perolehanya satu gol lebih sedikit dibanding Benzema.

Akurasi tembakan mantan penyerang Saint-Etienne ini memang kalah dari Benzema, dan hanya unggul sedikit dari Chicharito. Namun dengan fungsi penyerang modern yang juga ikut terlibat dalam permainan, Aubameyang kembali mengungguli pesaingnya. Sejauh ini Aubameyang sudah terlibat dalam pembuatan peluang gol sebanyak 18 kali. Jumlah yang lebih banyak dibandingkan Benzema (16 kali) dan Chicharito (delapan kali), bahkan lebih banyak dibandingkan Giroud yang baru terlibat sebanyak 13 kali.

Kenyataanya dari 83 operan kunci yang dibuat oleh Mesut Oezil, hanya 16 diantaranya yang akhirnya menjadi assist. Selisih besar ini menandakan bahwa operan Oezil belum dikonversi dengan baik. Dengan catatan yang dimiliki oleh Aubameyang, dirinya akan mampu memaksimalkan kemampuan spesial Oezil dalam memberikan assist.

Dengan kecepatan 3,7 detik dalam setiap 30 meter dan distance covered sepanjang 74,6 km menandakan bahwa Aubameyang adalah tipe penyerang yang banyak berlari, tentunya ini akan sesuai dengan keinginan Ozil yang mengidamkan gaya main seorang penyerang yang banyak berlari.

Terkait Eligibilitas Pemain di Kompetisi Eropa

Bagi yang sering bermain game Football Manager tentunya mengetahui tentang permasalahan registrasi pemain di kompetisi Eropa. Dalam sebuah kasus, kita tidak bisa mendaftarkan seorang pemain karena yang bersangkutan sudah bermain di kesebelasan lain di kompetisi Eropa tersebut di musim yang sama. Dan apabila tidak bisa ditampilkan akan muncul tanda ‘Ine’ yang berarti 'ineligible' atau menandakan pemain tersebut tidak bisa bertanding di suatu kompetisi.

Arsenal saat ini berlaga di babak 16 besar Liga Champions, tentunya membutuhkan pemain yang bisa membuat mereka melaju lebih jauh lagi. Dengan kondisi Chicharito yang sempat membela Leverkusen dan Benzema bermain untuk Real Madrid pada babak penyisihan grup, maka apabila jadi ditransfer keduanya tidak diperbolehkan untuk berlaga bersama Arsenal di Liga Champions. Regulasi kompetisi yang tidak memperbolehkan seorang pemain untuk bertanding di dua kesebelasan yang berbeda dalam satu musim yang sama.

Lain hal dengan Aubameyang yang berkompetisi di Europa League bersama Dortmund. Karena regulasi menyatakan bahwa pemain baru yang boleh bermain berasal dari kompetisi berbeda, maka apabila Aubameyang hijrah Arsenal bisa langsung memasang Aubameyang di babak 16 besar nanti.

Arsenal menemui lawan yang sulit yaitu sang juara bertahan Barcelona. Tapi bukan tidak mungkin kemudian Arsenal akan mementahkan seluruh prediksi dan akan melaju terus ke babak selanjutnya. Hadirnya Aubameyang bisa memperbesar kemungkinan tersebut.

Perayaan Gol Yang Luar Biasa

Ini bukan hal teknis seperti yang sudah disebutkan dalam dua poin sebelumnya.  Namun kebiasaan unik Aubameyang ketika melakukan perayaan gol bisa jadi fenomena lain yang muncul di Arsenal atau Liga Inggris secara umum.

Mulai dari topeng Spiderman hingga Batman, Aubameyang membuat trademark tersendiri seketika berhasil membobol gawang lawan. Bukan cuma tentang sensasi baru, tapi ini bisa secara ekonomis akan menguntungkan kesebelasan asal London Utara tersebut.

Dengan selebrasi unik seperti yang sering ditunjukannya, Aubameyang jelas menjadi bintang utama dalam periklanan yang diusung oleh kesebelasan, suatu stimulus yang bisa memancing para investor untuk menyuntikkan (lebih banyak) dana bagi Arsenal. Kemudian bisa jadi nantinya store resmi kesebelasan akan menjual topeng-topeng yang biasanya Aubameyang kenakan dalam setiap perayaannya.

***

Mulai dari statistik hingga segi bisnis, mendatangkan Aubameyang jelas menjadi transfer yang menguntungkan bagi Arsenal. Karena tentunya tambahan amunisi bisa membuat Arsenal terus menjaga peluang untuk meraih gelar juara musim ini. Apalagi yang didatangkan adalah pemain sekelas Aubameyang yang sejauh ini merupakan pencetak gol terbanyak Bundesliga.

Namun permasalahannya adalah, apakah Dortmund akan melepaskan penyerang terbaiknya begitu saja? Bila memang nantinya mereka mengizinkan Aubameyang pergi, tentunya kubu Dortmund harus bergerak cepat untuk menemukan sosok pengganti penyerang asal Gabon tersebut. Karena apabila transfer tersebut benar jadi kenyataan, Dortmund hanya menyisakan nama Andrian Ramos di lini serang yang masih bermasalah dengan ketajamannya.

Sumber: BBC, Squawka

Foto: eurosports

Komentar