Momen-Momen Sepakbola yang Patut Ditunggu di Tahun 2016

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Momen-Momen Sepakbola yang Patut Ditunggu di Tahun 2016

Dalam siklus pergantian tahun akan selalu terjadi sesuatu yang berbeda. Banyak cerita dan momen yang tidak dapat dilupakan pada 2015 lalu. Menatap tahun 2016 ini, tentunya akan ada cerita-cerita dan kejadian baru yang muncul dan tidak diduga-duga sebelumnya.

Berikut momen- momen yang menurut kami patut dinantikan sepanjang tahun 2016 ini.

Gala FIFA 2016 (11 Januari 2016)

Malam penganugerahan penghargaan terbaik dari yang terbaik dalam dunia sepakbola sepanjang tahun 2015 lalu, tinggal menghitung hari. Mulai dari kategori tim terbaik dunia, pelatih terbaik dunia, gol terbaik sepanjang tahun 2015 dan tidak ketinggalan penghargaan pemain terbaik dunia yang lebih dikenal sebagai Ballon D'Or.

Baca juga Nominasi-nominasi Gala FIFA tahun ini :

Puskas Award 

Pelatih Terbaik Dunia 

Ballon D'Or


Sebanyak 55 pemain sudah masuk kedalam shortlist tim terbaik dunia. Sementara Pep Guardiola, Jorge Sampaoli dan Luis Enrique merupakan finalis dalam kategori pelatih terbaik dunia tahun 2015 lalu. Puskas Awards sudah memunculkan tiga nominasi yaitu gol Alessandro Florenzi ke gawang Barcelona, kemudian aksi Leo Messi di final Copa Del Rey tahun lalu, dan satu perwakilan dari Amerika Selatan yaitu gol Wendell Lira di kompetisi Campeonato Goiano.

Gala yang akan digelar di kongrehauss, Zurich, Swiss ini akan diakhiri dengan penghargaan paling prestis dalam dunia sepakbola yaitu Ballon D'Or. Cristiano Ronaldo yang sudah memenangkan penghargaan sebanyak tiga kali akan bersaing dengan Messi yang sudah meraih empat gelar, dan jangan lupakan nominator lain yaitu bintang Brasil, Neymar yang memiliki waktu yang hebat sepanjang tahun 2015 lalu.

Final Piala Jenderal Sudirman (24 Januari 2016)

Mitra Kukar, Semen Padang, Arema Cronus dan Pusamania Borneo FC (PBFC) berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan melaju ke babak semifinal Piala Jenderal Sudirman (PJS). Keempat tim tersebut akan bertanding dalam dua leg untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke partai puncak.

Leg pertama semifinal akan digelar pada tanggal 9 dan 10 Januari, dimana dua tim asal Kalimantan Timur, Mitra Kukar dan PBFC akan terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah. Seminggu kemudian giliran Arema Cronus dan Semen Padang yang akan menjamu kedua tim tersebut.

Dengan format pertandingan yang berbeda dengan fase sebelumnya, tidak akan dilangsungkan babak adu penalti ketika laga berakhir imbang. Penentuan kelolosan tim akan dihitung berdasarkan sistem aggregat. Sangat dinantikan kesebelasan mana yang berhasil mengakhiri kompetisi sebagai juara.

Final Europa League dan Liga Champions (18 dan 28 Mei 2016)

Sebanyak 16 tim akan bertanding di fase knock-out Liga Champions bulan maret nanti, setelah tim-tim tersebut berhasil melaju dari babak penyisihan grup. Dari peserta yang tersisa tentunya sudah mulai muncul bayangan tim-tim mana saja yang memiliki kemungkinan untuk maju ke partai puncak.

Barcelona jelas berambisi untuk mempertahankan gelar ini. Apalagi siklus juara bertahan selalu sulit untuk memenangkan gelar di edisi selanjutnya. Faktor itu mewanti-wanti Barcelona jika menuju partai puncak bukanlah tugas mudah. Bahkan bisa jadi pada final yang akan digelar di Stadion San Siro, Milan tersebut justru adalah tim yang tidak diprediksikan sebelumnya, seperti yang terjadi pada final tahun 2004 yang mempertemukan FC Porto dan AS Monaco.

Sementara Europa League tidak kalah menarik. Dengan lungsuran peserta dari tim-tim yang menempati peringkat tiga di klasemen akhir babak grup Liga Champions, kelanjutan turnamen kasta kedua Eropa tersebut patut untuk dinantikan. Tim-tim besar seperti Borussia Dortmund, Liverpool, Manchester United dan Napoli dan 28 tim lain akan berebut tiket menuju partai puncak yang rencananya akan digelar di St.Jakob-Park,Swiss tersebut.

Copa America Centenario 2016 (Kick Off 3 Juni 2016)

Kompetisi yang mempertemukan tim-tim nasional terbaik di benua Amerika ini sedang memasuki edisi khusus. pasalnya pada gelaran kali ini bertepatan dengan perayaan 100 tahun sejak turnamen pertama kali dipertandingkan pada tahun 1916. Karena itulah edisi kali ini memiliki tambahan kata Centenario (100 tahun) dalam nama resmi turnamen.

copa_america_centenario_usa_logo_750x485_0
Logo Copa America Tahun Ini

Copa America kali ini akan diadakan di Amerika Serikat, dan menjadi yang pertama diadakan di luar Amerika Latin. Mulai dari Los Angeles, Seatlle, hingga Chicago beserta tujuh kota lain sudah bersiap untuk menjadi tuan rumah kompetisi kali ini.

Turnamen kali ini diikuti oleh 16 tim, dengan rincian 10 tim dari zona Amerika (CONMEBOL) dan enam tim menjadi perwakilan dari CONCACAF  atau federasi sepakbola regional Amerika Utara dan Karibia. Harus diakui pamor Copa America memang tidak sebesar Euro. Meskipun demikian kompetisi ini jug tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena bintang-bintang sepakbola seperti Neymar, Chicharito dan Leo Messi akan berlaga dalam turnamen kali ini.

Euro 2016 (Kick Off 10 Juni 2016)

Hingga saat ini bisa dibilang Piala Eropa atau yang biasa disebut sebagai Euro ini adalah kompetisi regional terbaik yang ada di muka bumi. Hal ini disebabkan oleh banyak bintang-bintang sepakbola berlaga di turnamen dua tahunan ini, tanpa melupakan kenyataan bahwa memang poros sepakbola masih berkiblat ke benua biru tersebut.

Turnamen yang akan digelar di Prancis tersebut dipastikan akan memberikan kejutan-kejutan tersendiri. Sistem kompetisi baru yang melibatkan peserta berjumlah lebih banyak dengan 24 negara, akan membuat Euro edisi ke-15 ini akan berjalan lebih menarik dan kompetitif.

Euro 2016 tidak akan kehilangan kualitasnya walau beberapa negara dengan kekuatan tradisional gagal lolos, seperti Belanda dan Serbia. Pasalnya, kehadiran tim-tim kejutan seperti Belgia, Kroasia dan Turki akan membuat kejuaraan dipastikan akan berlangsung menegangkan.

***

Ada banyak momen-momen lain yang juga patut mendapatkan perhatian sepanjang tahun 2016 nanti. Mulai dari proses perpindahan pemain yang terjadi dalam bursa transfer baik awal tahun ini ataupun di pertengahan tahun nanti. Kemudian kepastian mengenai penguasa liga-liga top Eropa juga sangat dinantikan. Masa depan terkait kepastian sepakbola Indonesia juga tidak mungkin luput dari daftar hal yang ditunggu sepanjang tahun 2016 ini.

Lantas, momen sepakbola apa yang paling anda tunggu di tahun 2016 ini?

Komentar