Massimo Maccarone, Andalan Empoli di Masa Kini, Masa Lalu, dan Masa yang Akan Datang

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Massimo Maccarone, Andalan Empoli di Masa Kini, Masa Lalu, dan Masa yang Akan Datang

Pemain Tertua di Skuat Termuda

Di Serie A musim 2015/2016, Maccarone telah berusia 36 tahun. Meski para pemain senior lainnya satu per satu dilepas manajemen Empoli, Maccarone tetap dipertahankan. Perlu diketahui, Empoli saat ini merupakan skuat dengan rataan umur termuda di Serie A dengan 25,5 tahun.

Ia memang dikelilingi para pemain muda seperti Ricardo Saponara, Leandro Paredes, Piotr Zelinski, Assane Diouse, Marchel Buchel, Rafaelle Maiello, dan Mario Rui. Maccarone menjadi satu-satunya pemain dengan usia di atas 30 tahun. Pemain tertua Empoli kedua adalah Marco Zambelli yang terpaut enam tahun dengan Maccarone.

Kehadiran Maccarone dalam skuat Empoli saat ini tentu saja lebih dari sekadar gol-gol yang diharapkan skuat Empoli padanya. Ia dipertahankan agar skuat muda Empoli ini memiliki pemimpin teladan, yang tahu caranya bagaimana bermain untuk Empoli.

"Saya selalu memimpin makan malam pada hari Kamis di mana kami makan bersama satu meja. Kami semua berbincang dan meminum segelas wine. Manuel Pucciarelli, Marko Livaja and Levan Mchedlidze bermain lebih baik dari saya. Setelah kami menang 3-0 atas Chievo, kami merayakan kesembuhan Levan yang sempat cedera selama empat bulan," tutur pemain kelahiran kota Galliate ini yang menunjukkan bahwa tak ada persaingan yang negatif di antara sesama penyerang.

Maccarone menjadi panutan di Empoli. Berkat kepemimpinannya, Empoli kini berada di jalur yang benar untuk bisa kembali tampil di kompetisi Eropa seperti pada musim 2006/2007. Kala itu Empoli pun dihuni oleh pemain-pemain muda (pinjaman) seperti Ignazio Abate, Lino Marzoratti, Sebastian Giovinco dan Claudio Marchisio. Dengan dihuni skuat muda potensial pada musim ini, dan juga kepemimpinan Maccarone, peluang Empoli ke Europa League terus terjaga.

Jikapun pada akhirnya Empoli gagal ke Europa League pada akhir musim nanti, hal tersebut tak menjadi masalah bagi Maccarone. Karena baginya, yang paling penting adalah terus menjaga Empoli agar tak terdegradasi dari Serie A. Hal itu akan terus ia lakukan hingga ia berusia 40 tahun.

"Saya akan bermain hingga usia 40 tahun, mungkin lebih dari itu. Hal yang paling penting yang ingin saya lakukan adalah saya ingin terus bermain bersama Empoli dengan tujuan menjaga mereka agar tetap di Serie A. Itu tujuan kami," ujar Maccarone.

Maccarone jelas menjadi kunci Empoli dalam mengarungi musim ini. Ia menjadi andalan sekaligus panutan bagi skuat Azzurri ini. Bahkan tampaknya bukan hanya untuk saat ini, tapi juga di masa lalu, bahkan mungkin pula di masa yang akan hingga ia tak lagi dibutuhkan Empoli.

Foto: gazzettaworld.gazzetta.it

Komentar