Cerita Tidak Terduga, José Mourinho (Akan) Menangani Manchester United

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Cerita Tidak Terduga, José Mourinho (Akan) Menangani Manchester United

Nasib Louis van Gaal sebagai nahkoda Manchester United sedang berada di ujung tanduk. Skuat asuhan pelatih asal Belanda tersebut  tidak berhasil menang dalam enam  pertandingan terakhir mereka. Ditambah dua kekalahan beruntun dalam dua laga Liga Primer Inggris termutakhir mereka melawan tim semenjana yang baru promosi musim ini, AFC Bournemouth dan Norwich City.

Meskipun para petinggi Setan Merah – julukan Manchester United belum menunjukan tanda-tanda akan memberhentikan Van Gaal, hasil dari beberapa pertandingan terakhir yang tidak memuaskan, terpental dari posisi empat besar, dan tentunya tidak berhasil melaju ke fase berikutnya di Liga Champions, membuat Van Gaal berada di posisi sulit.

Ditambah kabar mengenai para pemain senior yang tidak bahagia berada di bawah kendali mantan pelatih FC Bayern Munchen tersebut, membuat isu pemecatan semakin hangat. Sejumlah nama langsung dikaitkan sebagai manajer teranyar Manchester United, mulai dari Max Allegri hingga Carlo Ancelotti yang ternyata baru saja menyepakati untuk menangani FC Bayern musim depan.

Pep Guardiola yang habis kontraknya akhir musim ini memang menjadi favorit. Namun ada nama lain yang bisa jadi mengejutkan untuk menangani Manchester United, ia adalah mantan pelatih Chelsea yang baru saja dipecat, Jose Mourinho.

Nama pelatih asal Portugal ini bahkan sempat dinyanyikan oleh para pendukung Manchester United, kala tim kesayangan mereka berhadapan dengan Norwich City akhir pekan lalu. Dan beberapa media besar di Inggris bahkan memfavoritkan Mourinho ketimbang Pep sebagai suksesor Van Gaal.

Lupakan fakta bahwa keluarga Mourinho sudah betah di Inggris, dan bahkan anak-anak sang pelatih menjalani pendidikan di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Keinginan utama yang mendasari mengapa Mourinho ingin melatih Manchester United disebabkan oleh kedekatannya dengan manajer legendaris klub tersebut, Sir Alex Ferguson.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Mourinho sangat mengagumi Sir Alex sejak pertama kali berjumpa saat United menghadapi FC Porto semusim sebelum Mourinho menangani Chelsea. Dan dalam setiap kesempatan, Mourinho secara terang-terangan memuji kualitas Ferguson, seperti ketika ditanya apa yang membuat pelatih asal Skotlandia tersebut begitu spesial di mata The Special One.

“Semuanya, keahlian melatihnya, dan bagaimana dia menempatkan keahlian melatihnya untuk Manchester United dan sepakbola secara umum. Dia selalu bergairah ketika melakukan segala sesuatu. Dan dalam momen yang lebih pribadi, dia adalah teman yang baik, selera humor fantastis, saya sangat... sangat menyukai dia” ujar Mourinho dalam wawancara ekslusifnya kepada BT Sports.

Ditambah dalam wawancaranya sesaat setelah mengantarkan Chelsea menjadi kampiun Liga Inggris tujuh bulan lalu, Mourinho menyebutkan bahwa dirinya tidak mungkin bisa menyamai prestasi Sir Alex untuk memenangi 13 gelar juara Liga Inggris.

Namun, apabila memang benar pada akhirnya keluarga Glazer dan direksi yang dipimpin Ed Woodward akan menjatuhkan pilihan kepada Mourinho. Maka hal ini akan menjadi sebuah kejutan yang tidak terduga, seperti alur yang berubah dalam sebuah cerita.

Awal musim lalu tidak ada satu pihak pun yang memperkirakan akan ada kejadian seperti ini. Chelsea, klub yang dilatih Mourinho memulai musim sebagai juara bertahan, sementara United mengawali musim baru dengan amunisi-amunisi berbakat yang didatangkan pada bursa transfer.

Keadaan mengenaskan yang dialami oleh United dan Chelsea saat ini, sama mengejutkannya dengan peforma luar biasa Leicester City dan membuat mereka memuncaki klasemen. Setengah tahun lalu tidak ada satupun pihak yang memprediksi bahwa Liga Inggris akan mengalami turbulensi sebesar ini.

Maka berita mengenai merapatnya Mourinho ke tim yang bermarkas di Old Trafford ini menjadi semacam twist yang melingkupi keberjalanan Liga Inggris musim ini. Mourinho jelas bukan favorit para pendukung Manchester United yang mendambakan permainan atraktif.

Mourinho yang sering mengusung permaianan pragmatis dan reaktif tentunya tidak masuk ke dalam daftar pelatih yang diinginkan oleh pendukung "Setan Merah". Kebanyakan dari mereka lebih mengingkan Guardiola sebagai pelatih baru, karena merasa rindu akan ‘permainan menyerang’ pada zaman Sir Alex.

Tetapi dengan peforma tim yang merosot, terlempar dari Liga Champions dan tidak ada tanda-tanda perubahan yang akan dibuat oleh Van Gaal.  Maka Jose Mourinho, yang arogansinya tidak begitu disukai oleh pendukung United adalah juru selamat yang paling sesuai untuk keadaan tim saat ini.

Sudah berpengalaman di Liga Inggris dan membawa tim ke tangga juara, mengantarkan dua klub berbeda menjadi juara Eropa.  Mourinho memiliki portofolio yang sangat hebat untuk menjadi manajer baru Manchester United.

Kedekatannya pribadi dan pengidolaan Mourinho kepada Sir Alex tentunya menjadi nilai tambah. Bisa saja ketika ditangani oleh Mourinho, akan ditemukan sensasi serupa ketika Manchester United ditangani oleh Sir Alex. Dan Bersemangatnya Mourinho ketika menginstruksikan anak asuhnya juga menjadi poin tersendiri. Dimana hal tersebut dirasa hilang di masa kepemimpinan Van Gaal.

Maka Jose Mourinho bisa jadi sosok yang memang ditunggu untuk menangani Manchester United.

Komentar